Info Kuis Di Twitter Mulai Komersil?

Saya memang belum pernah menang kuis / lomba-lomba blogger dan atau social media yang hadiahnya sehebat @UmenUmen ke Afrika, @DimasNovriandi ke Amerika, @NonaDita dan @NicoWijaya jalan-jalan keliling Indonesia bareng @ACIdetikcom. Pun juga belum pernah dapet iPad, iPhone (meski iPod pernah saya menangkan) ataupun netbook yang betebaran di twitter.

Untuk kuis dengan hadiah ‘biasa-biasa saja’ tetapi sudah cukup menyenangkan buat saya, sudah sering dong. Contohnya iPod itu tadi. Jalan-jalan ke Bali. Tiket nonton di @BlitzMegaplex berkali-kali. Dan tiga hari berturut-turut kemarin saya dapat hadiah produk Billabong dari @HERS_Magz, dapat tabungan dari @BRIsyariah dan tiket nonton teater dari @salihara dan @infopb2010. Keren kan? (Catatan: itu juga baru sebagian ya, lainnya masih banyak lagi) Ketika Anda baca tulisan ini, saya sedang menuju @Salihara.

Nah, yang bikin heboh teman-teman di twitter (terutama yang hobi dengan kuis-kuis dan gratisan) adalah munculnya seseorang yang mengkomersilkan info kuis.

Sebelumnya sudah ada sih akun yang mengkhususkan diri memberikan informasi-informasi seputar kuis yang bertebaran di twitter. Bahkan tak jarang penyelenggara kuis sendiri men-cc-kan info kuis kepadanya, untuk diteruskan kepada followernya. Tujuannya jelas, supaya informasi tersebar, dan banyak yang mengikuti brand penyelenggara kuis.

Balik lagi ke soal komersialisasi informasi kuis itu tadi. Pemilik akun twitter berjanji akan memberikan info tentang kuis, dengan terlebih dahulu menarik bayaran keanggotaan sebesar Rp. 30.000,- per bulan plus komisi 10% jika anggota memenangkan kuis.

Saya sendiri kok nggak setuju ya dengan praktik tersebut. Saya akan membandingkannya dengan ‘broker pekerjaan‘ seperti yang pernah saya ikuti. Broker semacam iklan PPC dan paid review. LinkWorth, misalnya. Mereka mencantumkan pembagian 70:30 dari hasil pekerjaan kita, tanpa harus membayar sistem keanggotaan. Tetapi jelas, mereka mencarikan kita pekerjaan. Kita tinggal duduk manis mengerjakannya. Wajar kalau mereka minta bagian 30%.

Kuis adalah hal lain. Dengan membantu memberikan informasi tentang adanya sebuah kuis, itu (hampir) tak berarti apa-apa buat orang lain. Mereka masih perlu menjawab pertanyaannya sendiri. Mengerjakan tugasnya, yang tak jarang memerlukan usaha besar dalam waktu lama.

Belum lagi faktor dari penyelenggara. Penentuan pemenang kuis itu bermacam-macam. Mulai dari yang paling cepet menjawab benar, diacak, dipilih dengan kriteria tertentu, banyak-banyakan point, jawaban unik sampai dengan faktor kenal dan kedekatan dengan adminnya sangat mempengaruhi dan lain-lainnya. Faktor pemilihan pemenang tersebut juga sangat mempengaruhi. Tak jarang sudah usaha (dan merasa menjawab atau ikut dengan baik dan benar) nyatanya kalah juga.

Lantas, seberapa peran pemberi informasi kuis? Sangat kecil menurut saya. Kita bisa mendapatkannya secara gratis di mana-mana kok. Percayalah, teman-teman penggila kuis itu tidak -terlalu- egois. Mereka dengan senang hati akan berbagi informasi secara gratis. Paling banter ya mereka akan jawab dulu sendiri, baru berbagi. Asal tahu saja siapa orang yang tepat untuk diikuti, kita nggak akan kekurangan informasi soal kuis.

Dan satu lagi, rasanya bangga kalau kita bisa memberi informasi pada teman, terus teman yang memenangkan kuis tersebut. Nggak jarang lho saya yang pertama tahu, saya yang duluan jawab, tapi teman yang menang. Kalau sudah gitu, ya cukup bilang: belum rejeki. Namanya juga kuis. Tak perlu sebegitu seriusnya sampai menarik bayaran. (Apa memburu kuis juga bisa jadi sebuah pekerjaan ya? *eh*) Ikut senang saja dengan kemenangan teman. Menurut saya itu sudah cukup.

Oiya, tambahan: untuk kuis-kuis yang hadiahnya lebih dari satu, saya sering juga kok, dibagi dan diajak oleh teman yang menang. Jadi, tak harus juga selalu menang.

Bagaimana menurut teman-teman? Apakah mau juga bayar keanggotaan untuk mendapatkan informasi kuis?

Kalau mau yang gratisan, follow aja twitter saya, @isnuansa. #eaaa #ujung-ujungnyaiklan

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

6 thoughts on “Info Kuis Di Twitter Mulai Komersil?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge