Ingin Membuat Judul Postingan yang Menarik? Coba 2 Cara Sederhana Ini

judul tulisan blog

Katanya membuat judul untuk postingan harus hati-hati. Karena jika salah membuat judul, postingan berkualitas sekalipun sulit untuk bersaing. Hal ini kadang membuat seorang blogger menghabiskan banyak waktu sekedar untuk membuat judul postingan.

Pernyataan tersebut tidak salah. Judul merupakan kalimat pertama yang dibaca oleh pengunjung. Jika judulnya saja tidak menarik, kemungkinan untuk dibaca oleh orang lebih kecil bila dibandingkan dengan judul yang menarik.

Benar, membuat judul yang bagus itu bukan perkara mudah. Tak heran jika beberapa blogger menghabiskan banyak waktu untuk membuat judul postingan. Bahkan beberapa diantaranya, memilih memberi judul postingan ala kadarnya.

Terlepas dari itu semua, ada juga blogger yang tidak ambil pusing dalam membuat judul. Mereka berpikir yang terpenting isi dari postingan itu sendiri, bukan judulnya. Hal tersebut tidak bisa disalahkan, karena setiap blogger tentu memiliki selera yang berbeda satu dengan lain. 

Jika Anda ingin membuat judul yang menarik untuk postingan di blog Anda, Anda blogger yang beruntung. Di postingan tamu ini, saya akan berbagi cara untuk membuat judul yang menarik. Kabar baiknya, Anda juga tidak akan menghabiskan banyak waktu, karena caranya cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan.

Berikut 2 cara mudah untuk membuat judul postingan yang menarik. Sehingga postingan Anda yang masuk hasil penelusuran mesin pencari akan lebih “rawan” diklik oleh pembaca dan membuat blog Anda makin ramai dikunjungi oleh orang.

1. Buat pertanyaan
Cara pertama untuk membuat judul yang menarik adalah dengan membuat pertanyaan singkat. Pertanyaan singkat tersebut bisa menggunakan kata tanya (apa, bagaimana, di mana, siapa, kapan) atau menggunakan pertanyaan tawaran (ingin, mau). Pertanyaan tersebut umumnya berada di awal atau akhir judul, ada beberapa juga yang berada di tengah judul.

Cara membuatnya cukup mudah, sehingga Anda tidak akan membuang banyak waktu untuk sekedar mencari judul yang menarik. Anda bisa mengajukan pertanyaan di awal judul, lalu dilanjutkan dengan penjelasan isi postingan itu sendiri. Atau jika pertanyaan berada di akhir judul, Anda bisa membuat penjelasan isi postingan di awal judul lalu di akhiri dengan pertanyaan.
Bingung? Mau tahu contoh nyatanya? Berikut beberapa contoh judul postingan yang menurut saya menarik menggunakan pertanyaan.

• Apa itu Sukses? 5 Sukses yang Perlu Anda Perjuangkan
• Ingin Menurunkan Berat Badan dalam Waktu Singkat? Coba 2 Tips Sederhana Ini
• Bagaimana Meningkatkan Pengunjung Blog? Anda Bisa Mencoba 2 Cara Berikut
• Cara Aman Menurunkan Berat Badan, Apa Anda Ingin Mencobanya?
• Ciri-Ciri Orang Terkena Penyakit Kanker, Apa Anda Mengalaminya?

2. Gunakan powerful word
Selain menggunakan judul yang berupa pertanyaan. Untuk membuat judul yang menarik Anda dapat menggunakan kata yang memiliki daya tarik untuk dibaca (powerful word). Kata-kata seperti “efektif, sederhana, ampuh, cepat, dan sejenisnya” merupakan beberapa contoh dari kata ini.

Saya sering sekali menggunakan judul jenis ini di Blogalau.com. Salah satu contohnya judul postingan “9 Tips Sederhana Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Anda”. Jika Anda berkunjung ke Blogalau.com, Anda akan melihat judul-judul postingan yang menggunakan powerful word.

Ingin contoh nyata judul yang menggunakan cara ini? Berikut beberapa contohnya.

• Cara Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri
• 5 Trik Kurang Ajar Mengelabui Google Adsense
• 4 Kesalahan Menulis yang Akan Membuat Anda Tampak Bodoh
• 8 Trik Mendidik Anak yang akan Membuat Anda Menjadi Ayah Hebat
• 2 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dalam Waktu 1 Bulan

Anda juga dapat menyatukan dua cara di atas dalam membuatnya. Jika merasa kesulitan, pada tahap awal Anda dapat menggunakan salah satu caranya. Hal ini bertujuan agar Anda tidak merasa bosan dalam membuat judul, karena jika terlalu lama menghabiskan waktu sekedar mencari judul, Anda akan merasa bosan.

Membuat judul yang menarik dengan cepat memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Jika Anda ingin membuat judul yang mampu menarik perhatian pembaca, Anda bisa mencoba menggunakan 2 cara yang saya jelaskan di atas. Mungkin di awal Anda akan merasa kesulitan, namun jika sudah terbiasa Anda bisa melakukannya dengan cepat.

Tentang Penulis:
Muhamad Iksan adalah admin di Blogalau.com. Sebuah blog sederhana yang berbagi tentang tips-tips menarik dan mudah diaplikasikan dalam menjalani kehidupan. Tujuannya untuk membantu orang-orang meraih hidup yang lebih baik, dari sisi personal maupun profesional.

19 thoughts on “Ingin Membuat Judul Postingan yang Menarik? Coba 2 Cara Sederhana Ini

  1. Selama ini saya tidak begitu ambil pusing masalah penulisan judul artikel, yang penting isi artikel itu sendiri. Seperti saran para master SEO kontent adalah raja, tapi ternyata pola pikir saya masih kurang tepat.
    Meskipun kontent kita sudah bagus, tapi kalau judulnya tidak menarik, saya rasa kemungkinan untuk di klik juga sangat minim.
    Sebaliknya jika judulnya bombastis, tapi isi artikelnya dangkal, sama aja bohong, lambat laun artikel kita aka tenggelam dengan sendirinya.

    Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya, setidaknya ada 2 hal yang bisa saya ambil hikmahnya, yang pertama dalam menulis artikel, judul adalah yang pertama kali dilihat pengunjung, jika judulnya menarik, maka kemungkinan ebsar artikel kita akan dibaca. Tapi judul saja tidaklah cukup, kita mesti menunjang judul artikel yang wah dengan isi artikel yang benar-benar ber kualitas.

    Mohon koreksi jika pemahaman saya masih kurang tepat.

  2. memang bener, walaupun web / blog kita tampil di halaman pertama, belum tentu diklik orang. Mungkin salah satunya karena judul kurang menarik. Padahal tujuan kita buat web / blog kan supaya dikunjungi. Bagiku buat artiel dan buat judul sama susahnya. Harus banyak banyak baca untuk mendapatkan ide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge