Ingin Mendapatkan Penghasilan Dari Blog? Ubah Mindset Ngeblogmu

Tulisan ini kiriman Guest Blogger, Yoki Andika. Teman-teman juga bisa menulis untuk blog ini sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Beberapa hari yang lalu saya membuka sebuah platform tanya jawab yang cukup terkenal. Di sana saya mendapati pertanyaan yang menurut saya adalah sebuah pertanyaan yang mungkin sudah ada banyak sekali di internet. Pertanyaan itu adalah “Bagaimana cara saya mendapatkan uang dari blog?” atau “Saya sudah menulis blog kok tidak mendapatkan uang?” atau masih banyak lagi pertanyaan sejenisnya.

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut khusus untuk para pembaca setia dari blog Isnuansa ini, jadi baca sampai selesai ya?

Tapi sebelum menjawab pertanyaan ini, saya meyodorkan sebuah fakta yang akan sedikit menampar anda semua mengenai blogging, atau nge-blog. Fakta pertama adalah mendapatkan uang dari blog tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mendapatkan uang dari blog juga membutuhkan ketekunan, komitmen yang kuat, seperti layaknya kita bekerja di kehidupan sehari – hari. Fakta kedua, hampir 70% dari blogger di dunia tidak mempunyai penghasilan sepeserpun dari blognya. Dan fakta ketiga adalah motivasi utama dari seseorang memulai blog adalah “hobi”.

Dari pernyataan diatas dapat kita simpulkan bahwa, proses yang dilakukan blogger untuk mendapatkan uang adalah benar – benar tidak mudah. Nge-blog juga membutuhkan kerja keras, komitmen ,dan kesabaran, seperti halnya dengan bekerja. Terutama di Indonesia ini, seringkali blogger dianggap remeh dan dianggap hanya sebagai skill receh, dan skill ecek – ecek.

Jangan Pernah Meninggalkan Pekerjaan Utama Demi Blog Anda

Kesalahan fatal pertama adalah meninggalkan pekerjaan karena termakan iming – iming beberapa orang mengenai, full-time blogger. Saya harap anda sekalian tidak membuat kesalahan seperti yang saya lakukan.

Ada memang beberapa orang yang meninggalkan pekerjaan mereka, dan akhirnya sukses mendapatkan banyak penghasilan dari blog, tapi itu hanya segelintir orang. Di sini saya tidak mengajari anda menjadi pesimis, melainkan saya ingin mengajak untuk berpikir realistis.

Ketika anda pertama kali memulai blog, anda akan membutuhkan uang untuk layanan hosting atau domain, atau katakanlah anda memulai dengan gratis di platform blogspot, tapi anda tetap harus menghidupi kehidupan sehari – hari, anda butuh makan- minum, dan kebutuhan pokok lainnya. Jadi tolong pertimbangkan dengan matang – matang sebelum anda menyesal.

Intinya jalankan blog sembari tetap bekerja, hal itu bisa dilakukan kok, asal kita berkomitmen melakukannya pasti bisa dan ada jalan.

Jangan Berpikir Bahwa Blog Akan Selalu Mendapatkan Penghasilan

Seperti fakta yang saya sebutkan bahwa kebanyakan orang termotivasi untuk menjalankan sebuah blog, karena “hobi”, dan di peringkat kedua barulah untuk mendapatkan “penghasilan tambahan”, ingat penghasilan tambahan ya? Bukan penghasilan utama.

Blog – blog pribadi akan membutuhkan waktu yang sangat lama sampai mendapatkan pengunjung yang banyak dan stabil, berbeda dengan blog korporat yang mungkin terbantu dengan berbagai strategi marketing mereka. Kita sebagai pemiliki blog pribadi pasti ingin meminimalisir pengeluaran dan menginginkan banyak pengunjung dengan gratis. Hal tersebut mengharuskan proses yang panjang dan tak kenal lelah.

Sebagai contoh kita harus mulai membangun personal brand yang dimulai dari media sosial kita, kemudian tetap posting dan memberikan konten berkualitas sesuai keinginan pengunjung, dan tetap konsisten posting konten baru di blog anda sendiri.

Tetap Konsisten Menyajikan Konten Berkualitas

Hal terakhir yang perlu ditanamkan adalah tetap konsisten menulis dan memposting di blog. Banyak orang terutama di forum – forum blogger, untuk tetap posting artikel setidaknya sekali sehari, atau paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Logikanya adalah dengan banyak konten, website kita akan mudah ditemukan. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa yang terpenting adalah kualitas konten, karena kualitas lebih baik daripada kuantitas. Tidak ada salahnya jika kita menyajikan kualitas disertai dengan kuantitas, jadi perbanyak konten dan artikel berkualitas di website anda sehingga akan menjangkau lebih banyak pengunjung.

Setelah ketiganya anda lakukan dan terapkan barulah anda bisa berpikir bagaimana cara untuk memonetize, sebagai contoh menjadi publisher, atau kerjasama dengan review produk, atau menjual produk anda sendiri, dan masih banyak lagi cara untuk memonetize atau mendapatkan uang dari blog. Karena tanpa adanya mindset ini susah kita akan mendapatkan uang dari blog yang kita kelola. Siap mencoba ketiga mindset ini? Semoga artikel ini membantu ya?

5 thoughts on “Ingin Mendapatkan Penghasilan Dari Blog? Ubah Mindset Ngeblogmu

  1. Lama ga berkunjung ke blog mba Is. Apa kabar mba? Tulisan mba di postingan ini nendang banget. Dulu saya sempat pending ngeblog tapi bukan karena ga dapat penghasilan, namun lebih ke bosan saja. Sebenarnya lebih ke hobi saja. Orang punya blog, saya juga punya blog. 😀 Pernah sih kepikiran cari penghasilan, namun belum sampai untuk meninggalkan pekerjaan utama.
    Sekarang pun blog saya cuman sebatas penyimpan catatan saja. Ndak lebih dari itu. Sifatnya lebih untuk self reminder atau alternatif bosan sosmed..
    Entah kalau nanti seandainya saya dapat ide untuk bisa menghasil materi dari blog.. Why not ? Hehehe..
    Ari selesai posting Simpan Arsip di Telegram

  2. Pada dasarnya memang kalau mau mendapatkan penghasilan dari blog, mindsetnya harus dirubah drastis. Apalagi kalau bertujuan untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan.

    Pola pikirnya harus berubah menjadi pebisnis dan bukan lagi sekedar blogger yang mengelola blog. Jadi, kalau sudah berpikiran seperti itu semua tindakan yang diambil akan tertuju pada uang-uang-uang.

    Kalau masih bermindset sebagai blogger akan sulit mencapai tujuan menghasilkan uang. Kalau cuma sekedar jajan sih masih bisalah, tetapi kalau untuk menggantungkan penghidupan darisana, butuh kerja keras, kerja keras, konsistensi, kreatifitas.

    Semua yang ada akan dipandang sebagai bisnis. Bukan lagi sekedar ngeblog biasa. Blog hanya menjadi medium untuk memproduksi uang.

  3. Saya kok malah kurang setuju ya di poin saran untuk tidak meninggalkan pekerjaan utama. Maksud saya, menjadi narablog full-time bisa jadi akan selalu memberikan hasil.

    Pertanyaannya kemudian adalah seperti bekerja pada umumnya, seberapa keras kita untuk bisa belajar dan mengembangkan diri menjadi seorang narablog penuh waktu. Menjadi narablog penuh waktu seharusnya bisa lebih berkualitas dibandingkan dengan mereka yang menjadikan menulis blog sebagai hobi atau sampingan. Padahal, blog saat ini sudah menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari kultur internet dan ada begitu banyak cara untuk mendapatkan penghasilan sebagai seorang narablog. Persis seperti apa yang disebutkan kak Yoki di atas.

    Nah cara-cara mendapat penghasilan yang kak Yoki sebut di atas jelas akan sangat sulit dilakukan oleh mereka yang hanya menjadi narablog sampingan.

    Keseringan narablog Indonesia mencari jalan instan dengan adsense yang sebenarnya sudah sangat usang. Dan berdarah-darah persaingannya. Padahal saat ini traffic menjadi hal terpenting nomor dua setelah kualitas konten. Tanpa konten yang berkualitas, jangan harap akan ada pemasukan dan peluang kerjasama.

    Wah terlalu banyak ngoceh. Mohon maaf saya pun masih terus belajar. Mohon bimbingannya.
    Salam kenal ya kak. 🙂
    Bagus Ramadhan selesai posting Menulis Secara Konsisten Belajar dari Para Panutan

  4. wah, saya baru buka lagi blog Isnuansa.com ini, dulu saya sering berkunjung kesini dengan blog lama. sekarang pakai blog baru. setelah vakum 5 tahun dari blog. tahun 2018 saya aktif lagi menulis.

    memang betul Mba, mindset saya dulu untuk blog adalah mencari uang. ternyata salah. konten adalah segalanya. sekarang saya kembali belajar dari awal. membangun blog baru lagi, mudah-mudahan bisa sukses kembali seperti blog dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge