Ingin Perjalanan Anda Nyaman? Yuks Coba Naik Kereta Krakatau!

Ada banyak pilihan kereta api yang bisa menemani perjalanan agar lebih tenang. Selain pesawat, kereta api ternyata juga menjadi pilihan transportasi andalan bagi banyak orang. Berbeda dengan bus, kereta api ini dijamin akan terbebas dari adanya kemacetan. Tidak heran apabila banyak orang yang ingin memulai perjalanan jauh mereka dengan menggunakan kereta api.

Di kota besar seperti di Jakarta, Bogor dan lainnya, kereta api sendiri menjadi transportasi favorit mereka dengan alasan kecepatan. Di Indonesia sendiri, ada beberapa pilihan kereta api yang tersedia. Salah satunya adanya keberadaan kereta api Krakatau ini. Untuk anda yang masih asing asing dengan KA ini, maka sebaiknya anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini.

Mengenal lebih dekat Kereta Api Krakatau 

Kereta Api Krakatau ini sendiri merupakan kereta ekspres yang akan melayani perjalanan penumpang dengan menggunakan kelas ekonomi dengan AC plus non PSO. Dimana khusus melayani perjalanan anda dari merak-cirebon, madiun, Kediri serta Blitar. Kereta api yang sudah beroperasi sejak tahun 24 juli 20013 silam ini ternyata sudah mempunyai penggemar tersendiri. 

Pada awal mulanya, kereta api yang satu ini   hanya melayani perjalanan dari rute stasiun Merak ke Stasiun Madiun. Tetapi sejak tahun 2017 lalu tepatnya di Bulan April, kereta api ini sendiri mulai memperpanjang rute perjalanan yang dilaluinya sebanyak dua kali sehari termasuk pulang pergi. 

Jarak yang ditempuh oleh kereta API 

Adapun jarak antar kota yang bisa ditempuh oleh KA Krakatau ini sendiri bisa mencapai 945 km. Dengan jarak yang panjang itulah, maka kereta api yang satu ini akan berhenti di banyak stasiun di Indonesia. Jumlah stasiun dimana KA ini berhenti sudah mencapai 32 stasiun.

Untuk stasiun pemberhentian utama dari KA ini adalah Stasiun Blitar, Tulungagung, Kediri, Nganjuk, Kertosono, Madiun, Stasiun Barat, Paron, Walikukun, Purwosari, Kebumen, Gombong, Purwokerto, Bumiayu, Cirebon, Jatibarang dan masih banyak lagi.

Durasi total perjalanan yang bisa ditempuh oleh kereta api ini adalah mencapai 19 hingga 20 jam. Keberangkatan utama sendiri di mulai di Stasiun Blitar setiap pukul 06.40. Dengan kedatangan di stasiun Merak pukul 2.35 keesokan harinya.

Sedangkan untuk jadwal keberangkatan dari stasiun Merak sendiri di mulai pada pukul 08.30 dan sampai ke Blitar sekitar pukul setengah 3 pagi. Sebagai KA non subsidi maka tarif yang harus Anda keluarkan untuk menumpang kereta api ini adalah berlaku parsial dimana harganya akan tergantung dari stasiun keberangkatan anda.

Fasilitas yang ditawarkan oleh KA Krakatau 

Hal yang tidak kalah menariknya dari kereta api ini adalah fasilitas yang ditawarkan oleh kereta api ini. Adapun beberapa fasilitas yang ditawarkan merupakan fasilitas standar dari kereta api kelas ekonomi PSO. Dimana fasilitas tersebut sudah ditetapkan oleh PT KAI.

Fasilitas yang bisa anda dapatkan diantaranya adalah AC, Toilet, adanya 144 tempat duduk untuk kelas ekonomi. Sedangkan di setiap tempat duduk, anda juga akan menemukan adanya stop kontak, bagasi dan layanan makan dengan menggunakan biaya tambahan.

Selain itu, demi memberikan kenyamanan bagi semua penumpang, KA Krakatau ini pun juga menyediakan 64 tempat duduk yang sudah termasuk 144 tempat duduk untuk para penumpang dengan kebutuhan khusus.

Fakta menarik seputar KA Krakatau 

Belum lengkap rasanya apabila anda sudah menumpang kereta api ini tetapi tidak mengetahui bagaimana info atau fakta menarik seputar kereta api yang satu ini. Untuk itulah, anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini. 

Asal nama 

Nama KA Krakatau ini sendiri tentu sudah bisa anda tebak bukan? Yakni berasal dari sebuah gunung Krakatau yang berlokasi di selat sunda dimana terdiri dari anak Krakatau dan pulau anak Krakatau. 

Sejarah singkat kereta api 

Kereta api ini sendiri juga mempunyai sejarah singkat yang rasanya juga wajib untuk anda ketahui dimana KA Krakatau ini pertama kali beroperasi sejak tahun 2013 lalu dimana untuk menyambut musim lebaran pada tahun tersebut. 

Merupakan kereta yang melewati semua provinsi di Pulau Jawa

KA Krakatau ini sendiri menjadi kereta api satu-satunya yang melewati semua provinsi yang ada di Pulau Jawa. 

Demikian ulasan singkat mengenai KA Krakatau. Untuk anda yang ingin melakukan perjalanan dengan nyaman, Yuk coba naik KA Krakatau. 

One thought on “Ingin Perjalanan Anda Nyaman? Yuks Coba Naik Kereta Krakatau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge