Jadi Saksi Spektakulernya Opening Ceremony Asian Games 2018

Posisi duduk di opening ceremony Asian Games 2018

Sebagai sobat kismin, pas pertama kali tahu harga tiket Opening Ceremony Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia paling murah seharga tujuh ratus lima puluh ribu rupiah, mata saya langsung melotot, otak berpikir keras. Pengen nonton bertiga, apa daya ngeluarin duit dua juta lebih itu masih mikir juga. Hahaha. Gie Wahyudi yang pengen banget nonton, tapi saya usul gimana kalau ntar nonton cabor, sedangkan acara pembukaannya cukup kita ikuti lewat tipi adjah.

Nasip baik menghampiri, kebagian dong tiket buat dua orang bisa ikutan nonton Opening Ceremony Asian Games 2018 langsung di GBK. Uyeah! Diana sementara dikasih uang aja biar jalan dan jajan-jajan ke mall sama Tantenya. Saya dan Gie meluncur dari jam 12.30 ke Senayan. Begitu gate dibuka jam tiga sore, kami langsung masuk dan beli merchandise dulu, kaos sama luggage tag biar punya kenang-kenangan. Habis itu makan dulu, baru masuk stadion dan nyari tempat duduk yang sejak awal saya sudah tahu bakalan di pinggir banget. Lihat deh posisi anak panah merah di gambar, nah nyempil di situ tuh tempat duduk saya. 

Meskipun nggak bisa ngelihat panggung sepanjang 120 meter dan lebar 30 meter dengan leluasa, nggak mengurangi antusiasme saya sama sekali. Masuk aja udah merinding, ngebayangin nanti Stadion Utama Gelora Bung Karno bakal dipenuhi dengan puluhan ribu penonton.

Jujur, ekspektasi saya sudah diset nggak terlalu tinggi sih sejak awal. Tapi justru karena itu, begitu tahu acaranya spektakuler, saya jadi nagis haru sepanjang acara. Presiden Jokowi yang datang dengan motor gedenya (iya, tenang aja, bayi baru lahir-pun tahu kok itu stuntman, jadi nikmatin aja), bikin seluruh stadion GBK bergema teriakan Jokowi, Jokowi, Jokowi! Pas dia bertanya, “Apa?” teriakan berganti dengan gelak tawa penonton. Yes, bener-bener keren idenya!

Pidato Opening Ceremony Asian Games 2018 dimulai dari sambutan oleh Erick Thohir, ketua panitia INASGOC, dilanjutkan sambutan oleh Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah dari Kuwait, baru terakhir pembukaan secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo. 

Defile para atlet yang berlaga ini yang sedikit agak lama ya, menurut saya. Soalnya memang negara peserta yang ikut banyak, trus atletnya pun juga ada yang foto-foto dulu sambil jalan, hehehe. Dan begitu Via Valen tampil, langsung heboh lagi seluruh stadion. Momen paling nggak bisa dilupakan itu buat saya itu selalu pas menyanyikan lagu Indonesia Raya. Saking bergetarnya, suara itu entah gimana jadi nggak bisa keluar. Tercekat di tenggorokan. Angkat topi sama Tulus yang tetep bisa memimpin bernyanyi menggelegar, padahal diikuti oleh puluhan ribu orang yang bikin merinding abis.

Pertunjukan yang menampilkan berbagai budaya tanah air dengan choreographer Eko Supriyanto & Denny Malik, music director Ronald Steven & Addie MS, artis berkelas seperti Edo Kondologit, Anggun dan Joey Alexander, ya pastilah Opening Ceremony Asian Games 2018 jadi makin spektakuler. Terima kasih ya semua yang bekerjasama demi sukses dan lancarnya acara tersebut. Termasuk 4.000 penari dari berbagai sekolah di Jakarta, para volunteer, petugas kebersihan, petugas keamanan, penjaga booth makanan, pokoknya semuanya hebat banget!

Bukan berarti acaranya sempurna sampai nggak ada kekurangannya juga. Masalah tiket yang sempat kacau, juga antrian panjang sekitar 1 jam sewaktu membayar pembelian merchandise bisa dievaluasi buat penyelenggaraan acara di masa yang akan datang.

Rasa lelah seharian di acara Opening Ceremony Asian Games 2018 terbayar begitu keluar dari stadion dan disambut dengan deretan panitia yang mengucapkan “Terima kasih sudah datang,” itu membuat rasa hangat di dada. Kami yang harusnya berterima kasih atas kerja keras kalian.

Your team rocks!

10 thoughts on “Jadi Saksi Spektakulernya Opening Ceremony Asian Games 2018

  1. duh senangnya mbak nunik bisa nonton langsung, aq yang kepengen nonton tapi punya anak kecil yang nggak bisa ditinggal, pengen diajak yah itu tadi tiketnya mehong,,, hahaha padahal bisa beli pake diskonan

  2. Memang mantap itu opening Asian Games Mbak. Saya kaget sekaligus bangga karena awalnya saya underestimate (paling gitu-gitu doang). Ternyata setara dengan pembukaan olimpiade.

    Yang lebih surprised lagi ada wawancara di TV swasta dengan creative director opening tersebut, yaitu Wishnutama (bosnya Net TV). Pantasan bagus kata saya.

    Anyway, pokoknya top markotop lah orang-orang yang bekerja keras untuk opening tersebut.
    Herman Yudiono selesai posting Cara Memilih Topik yang Tepat untuk Blog Otoritas Pertama Anda

  3. Defile para atlet itu maksudnya apa mbak? Ternyata di panggung Pak Jokowi juga bilang “apa?!” ke penonton ya? Kirain cuma ke anak pramuka yang makan es krim yang saya lihat di video pembukaan Asian Games itu. Enak ya bisa nonton langsung mbak… 😀
    Saya kalau nonton langsung pasti merasa haru juga karena bangga 😀

    1. Defile atlet itu yang atlet berbaris menurut negaranya itu lho, Mbak. Kan lama jalan dari ujung ke ujung semua atletnya, mana banyak yang selfie-selfie juga di tengah jalan, hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge