Jelang Musim Hujan, Periksa Kondisi Mobil untuk Hindari Kecelakaan

Musim penghujan sebentar lagi akan tiba. Sebelum menghadapi musim hujan, sudahkah Anda memeriksa kondisi mesin mobil?

Jika belum, sebaiknya segera agendakan untuk membawa kendaraan mobil Anda ke tempat servis. Sebab, ketika musim penghujan tiba akan ada perubahan gaya berkendara akibat kondisi lingkungan yang berbeda. Misalnya, kondisi jalanan yang licin sehingga meningkatkan kewaspadaan pengendara. 

Alasan lain adalah memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima supaya ketika melewati daerah rawan banjir, mobil Anda tidak mengalami masalah. Tentu, akan sangat berbahaya melewati banjir jika kondisi mobil belum siap. Risiko terbesarnya, potensi kecelakaannya bisa saja terjadi. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, komponen apa sajakah yang harus diperiksa jelang musim penghujan tiba? Simak terus ulasan berikut.

Cek Wiper Bekerja dengan Normal

Ketika musim panas, komponen seperti wiper ini pasti jarang sekali digunakan. Tak heran jika kondisinya lama-kelamaan cenderung getas sehingga harus senantiasa diperbaiki. Sebagai salah satu perangkat safety, fungsi wiper harus dikembalikan normal. 

Sebab, ketika sudah getas, daya hapusnya akan berkurang sehingga mau tidak mau harus diganti karet wipernya. Tak hanya wiper, sebenarnya kaca bagian depan juga harus dibersihkan jelang musim penghujan tiba. 

Tahukah Anda, kaca yang jarang dibersihkan akan timbul flek bahkan jamur? Jika demikian, percuma saja wiper diganti tanpa diikuti dengan kaca depan yang dibersihkan. Alasannya, wiper akan sulit menghalau tumpahan air hujan karena flek atau jamur yang menempel. 

Oleh karena itu, perhatikan penggunaan zat kimia penghilang jamur yang Anda pilih. Salah-salah, hilangnya jamur akan terganti oleh kondisi kaca berpelangi sehingga mengganggu pandangan Anda. Lebih jelasnya, bisa konsultasikan hal ini pada bagian autodetailing.

Cek Lampu Kendaraan dalam Kondisi Menyala

Selain wiper, ada komponen penting lain yang harus diperhatikan jelang musim penghujan tiba yaitu bagian lampu kendaraan. Tidak hanya lampu sein, namun juga seluruh bagian lampu. Menurut Didi Ahadi, salah satu Technical Support di PT Toyota Astra Motor mengungkapkan jika semua lampu kendaraan ini memiliki fungsi yang sama yaitu mempertahankan visabilitas mobil saat hujan deras. Sementara itu, lampu ini juga penting sebagai pemberi isyarat  terhadap pengemudi lainnya ketika hujan deras. 

Tentu, setiap pengendara tahu betul bagaimana kondisi jalanan ketika hujan deras yaitu pandangan yang menjadi kabur. Maka, upayakan semua lampu termasuk lampu rem dalam keadaan menyala sehingga tidak membahayakan pengendara yang lain.

Cek Kondisi Ban dan Komponen Pengereman dalam Kondisi Prima

Komponen lain yang harus dicek jelang musim hujan tiba adalah bagian ban dan komponen pengereman lainnya. Pasalnya, kedua komponen ini tidak kalah penting dari kedua komponen yang telah kita bahas sebelumnya. Kondisi ban yang sudah hilang alur bannya atau mendekati Tread Wear Indicator (TWI) adalah sebuah pertanda jika ban mengalami keausan. 

Artinya, ketika hujan tiba, akan sulit memecah genangan air. Jika hal tersebut terjadi, besar kemungkinan akan mengakibatkan hilangnya traksi permukaan ban pada jalan yang menggenang.  Untuk menghindari hal tersebut, segera ganti ban tersebut dengan yang baru.

Tak hanya komponen ban, piranti pengereman juga harus diperhatikan. Apabila kampas atau sepatu rem sudah menipis, dalam musim apapun harus segera diganti. Sebab, rem ini sangat berperan penting dalam berbagai kondisi di jalanan. Hanya saja, ketika musim hujan tiba fungsi rem jauh lebih dibutuhkan. 

Saat permukaan jalan basah, maka jarak pengereman yang dibutuhkan akan lebih panjang daripada kondisi jalan yang normal. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi kampas rem karena berkaitan dengan safety. Untuk menjaga performa ban, boleh juga lakukan balancing atau spooring.

Cek Polis Asuransi Mobil Anda

Selain mengecek komponen mobil, jangan lupa untuk cek polis asuransi mobil Anda jelang musim hujan. Mengapa? Ketahuilah, banjir tidak masuk dalam perlindungan standar asuransi mobil, namun masuk dalam klausul tambahan Act of God atau perluasan perlindungan asuransi. 

Jadi, pastikan asuransi mobil Anda sudah terlindungi dari banjir. Lebih jelasnya, silakan pelajari syarat dan ketentuan klaim asuransi mobil saat mengalami musibah banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge