Judul Menentukan!

Pernah terpikir bahwa deretan judul postingan Anda di side bar merupakan etalase jualan Anda?

Bagaimana Anda bisa menarik pembaca yang datang ke blog Anda untuk membaca lebih dari satu judul tulisan Anda?

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah blog dan Anda menghabiskan banyak waktu Anda untuk membaca banyak postingannya, meskipun pada awalnya niat Anda hanya membaca satu judul saja?

Atau bahkan pernah tertipu mengklik sebuah iklan yang isinya menawarkan sesuatu kepada Anda hanya karena sebuah kalimat yang menarik perhatian Anda?

Nah, itulah dahsyatnya judul postingan blog.

Saya memiliki pengalaman dengan beberapa judul tulisan yang dikomentari sekaligus oleh seorang bloger yang sama. Itu berarti, mereka tertarik dengan beberapa postingan saya dalam satu kali kunjungan mereka.

Yang menjadi masalah, bagaimana cara menulis judul yang bisa menarik pembaca?

Saya akan mencoba berbagi apa yang telah saya lakukan dalam penentuan judul postingan blog.

1. Gunakan Angka. Saya memiliki beberapa contoh judul yang lumayan banyak dibaca, dan semuanya diawali dengan angka. Contohnya: 4 Realita Internet Marketing, 5 Tips Menghindari Kejenuhan, atau 4 Cara Mendatangkan Komentar.

2. Pakai Keyword. Pakai beberapa kata yang sering dicari oleh orang, menarik bloger yang ingin mendapatkan informasi tentang isi postingan yang sesuai dengan keyword. Yang berhubungan dengan SEO, Alexa, Page Rank dan Trafik Tinggi beberapa diantaranya.

3. Ajukan Janji dan Buktikan. Misalnya judul postingan Anda adalah cara mudah untuk sesuatu. Maka isi postingan Anda haruslah berisi langkah-langkah untuk meraih sesuatu, dan mudah dilakukan. Mereka akan mencari saran-saran Anda di dalam postingan yang lain.

Nggak sulit kan?

24 thoughts on “Judul Menentukan!

  1. Panjenengan kok akeh ide sih mbak?
    Waktu sekolah dulu saya dikasih pelajaran karmil(karangan militer),judul memang harus menarik agar pembaca langsung melirik artikelnya.Tapi karena di karmil sudah ada aturan tertentu ya nggak boleh terlalu bombastis he..he..he
    Entar tak coba lagi deh mbuat judul biar nggak judul-judulan kayak yang selama ini saya pakai
    Maju terus mbak,salam.

  2. Betul, susah dapat pembaca untuk blog kita, harus sabar, pelan-pelan. Artikel-artikel, kalau panjang karena panjang, kalau pendek karena pendek, kalau sedang karena…. tidak tau.
    Salam kenal.

  3. benar juga ya apa yang mbak katakan. fokus pada isi malah terkadang lupa bikin judul yang menarik. padahal isi yang ditulis lebih menarik dari judul.
    ~~~
    Yap. Ada beberapa pembaca yang skip ketika menemukan judul tak menarik, padahal isinya belom tentu jelek.

  4. wah agak bingung saya mba’ (maklum masih newbie). baca sana beda, sini beda. wah mumet. tapi…thax infonya. btw masih aktif ngeblog kah mba ?? mampir ya kapan2 ke blog saya.
    .-= bambang selesai posting Membuat bullets and numbering =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge