Kaget Gempa di Klaten

12 September, 23:38 wib. Saya belum terlelap tidur. Masih mendengarkan lagu-lagu di iPod. Tiba-tiba rumah bergetar hebat. Gempa! Saya langsung bangun dan membuka pintu. Seluruh anggota keluarga ikut keluar rumah. Kentongan mulai dipukul dari sudut-sudut desa.

Dikasih kesempatan juga saya akhirnya merasakan gempa yang mengguncang daerah Bantul, Klaten, hingga terasa di Sleman dan Purworejo, padahal dulu sewaktu 26 Mei 2006 gempa meratakan rumah dengan tanah, saya ada di Jakarta.

Rumah yang saya tiduri malam ini adalah rumah baru yang dibangun pasca runtuh saat gempa 2006. Syukurlah, dengan adanya gempa tadi sebesar 5 SR, kondisi rumah baik-baik saja. Saat terjadi gempa, semua anggota keluarga sudah paham cara menyelamatkan diri. Keluar dari rumah, menghindari bangunan, pohon dan tiang atau benda yang bisa rubuh terkena goncangan. Ketika sudah yakin nggak ada gempa susulan dalam waktu dekat, baru semuanya masuk kembali ke rumah.

5 SR nggak terlalu kenceng sepertinya, karena saudara-saudara hampir rata-rata berkomentar: “Ah, biasa aja tadi.”

Doh, padahal saya udah deg-degan banget karena rumah sampai goyang-goyang. Mudah-mudahan sih nggak ada gempa susulan lagi, soalnya saya ngantuk dan butuh tidur. :p

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

40 thoughts on “Kaget Gempa di Klaten”

  1. Wah, mbak Nunik ngalamin gempa ringan ya ternyata. Tapi 5 SR itu tergolong cukup tinggi menurut saya. Namun berdasarkan kasus-kasus gempa yang sudah terjadi, kerusakan berarti memang rata-rata pada ukuran 8-9 SR.

  2. 5 SR ja udah bisa bikin goyang Klaten…. apalagi 200SR gmana ya?
    Jadi kebayang kalo Goyang ngebor sama goyang karawang di itung pake skala Richter juga… hiihihihihihi…. gmana ya?

  3. Pertama kali saya mendapat SMS dari seorang teman yang mengatakan ada Gempa di Yogya, wah langsung saya telp keadaannya, syukur tidak terjadi apa-apa

  4. orang rumah malah ynga ngerasain gempa cuma saya,,,
    bapak ibuk mungkin pada kecapaian dan tidurnya terlalau nyenyak samapi ngga sadar kalau ada gempa… 😀

  5. OYa…..aku juga kaget tempo hari disamping rumah aku juga ada gempa lokal>>>> sampe bergetar jantungku karena deg-degan…tau napa?…anak-anak tetangga asyik mengoyang pohon jambu yang lagi berbuah banyak,yang bikin aku kaget bukan karena buah jambutya…tapi pohon jambunya uda lapuk dan hampir roboh dan arah robohnya tepat diatas rumahku….apa gak jantungan aku dengar suara KREk…krek…..bum..!!!! aku lari tunggang langgang…hampir aja
    Sapa Gue selesai posting Traffik blogger cuma dari sesama blogger

  6. Alhamdulliah gempanya gak segede waktu itu, jangan sampai terjadi gempa lagi ya mba.. Kita hidup pasti penginnya aman – aman saja kan mba. Mungkin bencana yang sering terjadi belakangan ini merupakan teguran dari yang Maha Kuasa agar kita harus lebih bertakwa lagi.

  7. gw jg pernah mengalami gempa di jogja..tapi udah lama sekali..dan rasanya bikin panik dan agak2 trauma jg…untungnya gak terjadi apa-apa….

    di klaten ada juga ya nu…tp untungnya gak kena gimana2 kaan??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge