Kakus

Buat sebagian orang, memiliki fasilitas kakus yang lebih baik hanyalah impian.

Jika dari kita akan merasa jijik ketika masuk ke dalam toilet yang kondisinya bau, kotor dan jorok, maka apa yang ada di pikiran Anda ketika mengetahui bahwa masih banyak sekali masyarakat yang di rumahnya tidak memiliki toilet?

Mereka menggunakan fasilitas yang sangat terbuka di atas sebuah empang (kolam ikan warga) untuk melaksanakan aktifitas buang hajat mereka. Namanya jamban. Anda pernah melihat?

PS: postingan selingan karena saya belum bisa konsentrasi ngeblog dengan tema blogging. Pekerjaan offline sangat menyita waktu saya. Tapi saya akan segera ‘kembali’.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

29 thoughts on “Kakus”

  1. Ya,di kampung2 masih dapat kita saksikan keadaan seperti ini.
    Mendingan kalo di kolam ikan,di pinggir pante dibuang begitu saja ke laut sampe ada yg terapung-apung sekitar dermaga.
    Kapan Indonesia sehat sesuai target pemerintah,ya?

  2. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    kalo di kota wc umum lebih… paaaraaaahh :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: tahu sendiri kan :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
    .-= flexter syariah selesai posting Bahaya HP Kita =-.

  3. Kakus (WC di atas sungai) di salah satu kota di Kalbar dulu cukup banyak Mbak. Tapi sekarang udah dilarang untuk dibangun. Pemerintah menganjurkan membuat WC di belakang rumah.

    Saya cuma heran aja, kok bisa ya mereka sambil mandi dan gosok gigi di sungai itu, padahal ada kuning-kuning yang mengapung 😀

    1. Nah, yang jadi masalah saat ini adalah bahwa kebanyakan rumah di pinggir bantaran sungai atau pantai sudah punya jamban sendiri di rumah, tapiiii……., pipa dari kloset langsung ke badan air.., jadi tetep aja pencemaran!!!

      Kenapa saudara2 kita masih bisa mandi, minum & gosok gigi di tepat itu? (Kami menyebutnya sebagai “One Stop Shopping”) Karena berdasarkan interview di Palembang, mereka beranggapan bahwa tinja akan langsung hilang begitu terkena air…., padahal sih…..

  4. cukup memprihatinkan juga sih
    tapi itu semua terjadi karena dua faktor utama
    kurang mampu dan kurang sadar pentingnya kebersihan
    .-= Abu Ghalib selesai posting Mancing =-.

  5. Aku hampir lupa bahwa perbendaharaan vokabulari Bahasa Indonesia memiliki kosakata kakus.

    Ingatku hanya sama kaskus
    .-= David selesai posting Facebook users, be aware of password-stealing =-.

  6. kalo di daerah Kuningan Jabar, yang kayak gitu namanya “kobong” mbak…saya juga pernah pake…asyik rasanya, berasa terbang. makanya ada juga daerah yang bilang “toilet terbang”… pernah nyobain?
    .-= Abu Faris selesai posting Watching Too Much TV May Shorten Life =-.

  7. he..he… 😆 saya kira tadi nggak nyambung Mba, jebulnya…nyambung juga. ada penghubung kayu untuk sampai ke kakus, salah satu tempat curhat nikmat dunia yang satu itu 😆

  8. saya bukan hanya pernah lihat, tapi juga pernah jadi pelaku waktu SD dulu. hehehe
    .-= Dimas Angga selesai posting [Blog Contest] Lomba Blog UII Berhadiah Netbook =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge