Kategori Tulisan Blog, Perlukah?

Saya sering berkelana ke berbagai blog milik teman-teman dari Indonesia, rata-rata tidak memajang Kategori Tulisan sebagai “menu utama”. Mereka lebih memilih untuk menonjolkan Tulisan Terkini, Tulisan yang paling banyak diakses, ataupun Tulisan yang paling banyak mendapatkan komentar.

Tak jarang, terkadang malah tidak ada menu kategori tulisan sama sekali, dan kebanyakan blogger Indonesia lebih memilih untuk memajang blogroll yang panjangnya kayak ular naga, atau daftar komentar terbaru, dan komentator terbanyak di blog tersebut (yang disukai pemburu backlink).

Ada juga yang lebih suka memajang deretan banner tak berguna alih-alih memberikan navigasi yang berguna, daftar kategori tulisan blog, bagi pembaca blognya.

Tapi kalau kita kembali pada pertanyaan saya di judul tulisan ini: kategori blog, perlukah? Pasti rame-rame –dan saya pastikan hampir semuanya– menjawab: PERLU. πŸ˜†

Lantas, seperlu apa? Monggo dijawab!

*Lirik blog sendiri yang terpaksa kehilangan menu “kategori tulisan” akibat nggak punya sidebar*

25 thoughts on “Kategori Tulisan Blog, Perlukah?

  1. Perlu dong mbak..
    Soalnya setiap blogger pasti memiliki ketertarikan tersendiri untuk membaca tulisan dengan kategori tertentu, nah dengan adanya Kategori Tulisan inilah para pembaca lebih mudah mencari artikel yang diinginkan. :-).
    Tumben pertama..hehe..
    Tamba Budiarsana selesai posting Ganti Password

  2. Tergantung tema dari blognya sendiri sih Nik (kalo menurut gue). Misalnya nih, ada blog khusus soal travelling. mungkin kategorinya ya tempat wisata darat, laut, pantai or what so ever.

    Nah kalo kayak gue yang hobi cerita2 ya gue bikin sesuai topik cerita. Ada cerita cinta, cerita sex, cerita religi, cerita wisata.

    Anw, gue gak pasang kategori cerita di side bar, tapi justru gue buatin page khusus πŸ˜€ pake pengantar pulak πŸ˜€ hahahaa
    #inikoq malah promosi blog sendiri πŸ˜€

    Wis, intinya perlu bikin kategori, biar yg baca gak tersesat. Soal gimana? Sesuaikan aja ama tema blognya apa πŸ˜‰
    Ceritaeka selesai posting Mandi Cantik ala Bintang Lux

  3. Perlu dong mbak.
    Soalnya para blogger pasti memiliki ketertarikan tersendiri untuk membaca artikel tertentu, nah dengan Kategori Tulisan inilah sangat membantu pembaca untuk mencari artikel yang diinginkan..:-)
    Tamba Budiarsana selesai posting Ganti Password

  4. Saya memang tidak memajang kategori di atas header, tpi saya memajang nya di sidebar. Itu saya lakukan karena menurut saya, mau di pasang d mana pun itu sama saja…. πŸ˜€

  5. Waduh, saya mau komentar, tapi takut komentar saya kepanjangan. Mudah-mudahan link berikut ini sedikit menguatkan opini mengapa kategori dan tag itu perlu, dan mudah-mudahan bukan dianggap spam :mrgreen:

    Navigasi Kategori dan Tag Dilihat dari Sisi Kebergunaan

  6. Kalo menurut saya sih, tergantung kebutuhannya. dan tergantung theme-nya juga. Kalo theme dan niche-nya tidak menyiapkan tempat buat kategori, ngapain dipaksakan, malah jelek nanti. Kalo yg mandang pengunjung, terkadang, pengunjung juga tidak terlalu mengikuti kategori. Kalo saya sih, mending masang halaman sitemap dibanding masang kolom kategori secara khusus, lebih simple. Tapi ada juga satu blog saya yang menampilkan kategori diatas, seperti layaknya menu, jadi lebih atraktif. Just opinion…monggo yang laen…
    Nasir selesai posting Disposable Soft Lens is More Useful

  7. Perlu seh, buat mempermudah pembaca mencari tulisan yang diinginkan dan itu lumayan membantu.
    T4 saya ada kategorinya, tapi saya bingung juga tiap selesai nulis, tulisan ini mo kasih kategori apa hehehe…

  8. Saya sendiri memang sengaja mencopot menu kategori. Alasan saya, sudah ada menu related post di setiap akhir posting. Itu sudah cukup menurut saya. Nggak tahu lah kalau menurut pengunjung (?). Tapi saya akui, kadang saya suka mengklik link kategori sebelum membuka navigasi apa pun ketika mampir ke sebuah blog. Nah, kalo gitu, menu navigasi kategori juga penting sih, terutama bagi pengunjung yang ingin melihat daftar tulisan pada satu topik tertentu.

  9. blogku ada category di sidebar loh kak.
    Kek ular naga…
    Haha…
    Gak apalah, yg penting navigasi blog oke πŸ˜€

  10. Perlu banget, biar artikelnya rapi dan memudahkan pengunjung mencari topik yang disukai.

    Ada satu lagi yang perlu yaitu tag. Tag terasa bermanfaat bila kita sudah pasang plugins “related article(s)” sehingga ketika suatu artikel dibaca, pengunjung bisa diarahkan ke artikel terkait yang ditulis sebelumnya

  11. yah perlu banget, blogger kadang nulis gak cuma satu topik (lebih cenderung moody). Kategori sangat sangatlah penting untuk blog (gado gado) biar mudahin pembaca nemuin topik yang sesuai dg minatnya.
    Salam blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge