Kenalan Sama Hode Yuk!

Saya itu bisa dibilang angot-angotan di sosial media. Kadang seneng sama Facebook, kadang bolak-balik buka Instagram, kadang juga cuma mau buka Twitter doang. Nah, minggu-minggu lalu itu pas lagi heboh-hebohnya cerita Adora-Hilman-Alina, saya pas lagi seneng buka Twitter tuh. Ditambah ada memetwit-nya Arya si Pocong Ririn yang sempat saya baca sampai selesai, meskipun bacanya siang hari sih, nggak berani malem, hehehe.

Habis itu ya akhirnya sempat bosen lagi sama Twitter, jadi dibuka kalau lagi pas butuh buat komplen aja, soalnya pengalaman selama ini paling efektif komplen ya lewat Twitter. Monmaap jadinya kalau ngikutin Twitter saya kesannya saya ini pribadi yang ngeluhan gitu kayaknya ya. Padahal ya iya juga sik, hahaha. Oiya, sama ngetwit juga pas ada kerjaan live tweet. Beneran kurang asyique ya isi social media saya.

Dari baca kisah Adora-Hilman-Alina itu saya jadi kenal sama istilah baru, Hode. Kok bisa ya, orang ngaku di dunia maya sebagai sosok dengan jenis kelamin yang berkebalikan dengan di dunia nyata? Ya bisa dan banyak terjadi sih. Tapi palingan kan setahu saya mengganti identitas dengan sosok yang tampan atau cantik buat menipu atau mendapatkan uang saja ujungnya. Ini cerita Adora kok bisa-bisanya jatuh cinta sama Hilman yang ternyata seorang hode. Duh.

Apa nggak mendingan nyari kenalan di website-website yang emang ditujukan buat nyari jodoh ya? Di Indonesia sendiri kan ada banyak tuh, mulai dari Setipe, Ayo Nikah, Meetra, Asmara Kita sampai Indonesian Cupid juga bisa. Kalau di luar negeri ada Romance Compass. Kan bisa dibantu dipilihin mana yang cucok, ya nggak? 

Ya tapi emang sosial media itu salah satu tempat yang terbuka luas buat ketemu jodoh, sih. Termasuk saya aja juga pernah kok naksir orang dari dunia maya walaupun akhirnya bertepuk sebelah tangan dan ending-nya juga dapet suami berkat Twitter.

Kebanyakan yang jadi pacar atau jadi jodoh ya pastinya karena udah langsung ketemuan begitu kenal. Jangan kayak Adora sama Hilman yang selalu ngeles kalau diajak ketemu, padahal jaraknya cuma Bandung Garut doang yaelah. Masa iya pacaran cuma lewat media sosial doang dan bisa percaya? Yang ketemu tiap hari aja bisa jadi nipu, apalagi ini yang cuma say I miss you lewat Whatsapp.

Jadi, hode itu apa? Awalnya sih katanya istilah ini dipakai di dunia game. Pemain game cowok yang pakai identitas cewek saat nge-game. Begitu juga sebaliknya, cewek yang pakai identitas cowok. Lama-lama istilahnya dipakai tidak hanya di game, tapi di dunia maya pada umumnya. Saya juga baru tahu pas baca kisah Adora-Hilman-Alina yang trending di Twitter beberapa saat lalu itu. Itupun saya juga baru tahu soal role play. Halah, ke mana aja ya saya selama ini? Kenalnya cuma blog doang, hahaha.

Kalau di blog sih cenderung lebih aman kayaknya. Jarang nemuin kasus hode. Palingan yang pernah heboh di blog mah ada blogger yang ceritanya halu, ngaku punya suami bule, ada yang ngaku punya penyakit kronis dan hampir meninggal untuk mencari simpati dan perhatian. Ada juga pernah sih yang ketipu dipinjamin duit sampai lumayan banyak dan ternyata hidupnya tidak seperti yang diceritakannya di blog. Ya, intinya sih kita semua perlu berhati-hatilah di dunia maya ini, karena semua orang bisa saja menjelma menjadi seperti sosok yang dia inginkan. Belum tentu kenyataannya seindah dan semanis yang diperlihatkan atau ditampilkannya.

5 thoughts on “Kenalan Sama Hode Yuk!

  1. Aakkk kayaknya lebih kuper saya nih.
    Baru tau ada istilah hode hihihi..

    Setuju banget dengan kalimat terakhir.
    Harus hati-hati berhadapan dengan dunia maya.

    Yang terlihat belum tentu kenyataannya seperti itu (“,)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge