Kerja Keras Dalam Ngeblog

No, saya bukan sedang ngomongin salah satu kontes SEO yang sudah dalam tahap final yang diselenggarakan oleh Pertamina. Saya benar-benar akan membahas tentang seberapa keras usaha kita dalam ngeblog untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Bagi blogger profesional yang sudah menghasilkan beberapa digit dalam sebulan [seperti Darren dan Yaro yang mencapai 5 digit per bulan], tentu tidak terjadi dalam waktu sekejab. Jika Anda tanyakan seberapa lama mereka ngeblog saat ini, mungkin jawabannya adalah 10 jam per minggu, tetapi tentu tidak pada saat awal mereka memulai.

Saya membaca salah satu blogger menulis bahwa dia bekerja di kantor 7 jam sehari, dan dilanjutkan dengan 7 jam bekerja [ngeblog] di rumah!

Apa? Pasti mata Anda melotot dan seakan tak percaya dengan kenyataan bahwa dia bekerja sekeras itu untuk bisa mencapai apa yang bisa dinikmatinya sekarang ini.

Okelah, kita tidak harus menirunya. Kita mungkin tidak akan memiliki tenaga yang sama dengannya. Kita juga butuh bersosialisasi dengan lingkungan, butuh jalan-jalan ke Mall, bercengkerama dengan keluarga besar, ngerumpi dengan tetangga sebelah rumah, main games di komputer, menonton televisi [dan sinetron yang berputar-putar ceritanya], dan menikmati segelas kopi di sebuah kedai bersama teman-teman sepulang bekerja.

Lantas, berapa banyak waktu yang bisa kita siapkan untuk blogging? Beberapa dari kita mampu menyediakan waktu lebih dari 15 jam seminggu untuk menonton televisi. Ada juga dari kita yang tidak merasa rugi menghabiskan 10 jam per minggu dengan games. Berapa banyak waktu yang cocok dihabiskan untuk ngeblog?

Jika Anda bercita-cita menjadi blogger profesional suatu saat, tentu usaha keras Anda benar-benar diperlukan. Sebagai contoh adalah seorang petinju yang tanpa lelah dan bosan memukul dengan gerakan yang sama setiap kali berlatih. Atau para pemain bulutangkis di Pelatnas kita yang terpaksa harus putus sekolah di tingkat lanjutan pertama [SMP] demi secara penuh mendedikasikan dirinya berlatih tanpa henti memukul shuttlecocks setiap hari selama berjam-jam. Mereka tidak mengeluh meski melihat remaja lainnya lebih memilih berjalan-jalan ke Mall dan bermain PS berjam-jam.

Secara sadar, mereka tahu harus ada yang dikorbankan, baik dalam jangka waktu panjang atau dalam jangka pendek. Kembali ke pertanyaan, berapa banyak waktu yang pas untuk kerja keras ngeblog? Sepenuhnya berpulang kepada kesadaran dan kebutuhan Anda sendiri.

Sebagai contoh, jawabannya adalah 20 jam seminggu. Sedangkan Anda juga harus bekerja kantoran 8 jam sehari. Anda sudah kehabisan waktu. Bagaimana melakukannya? Diperlukan komitmen dan prioritas dalam hidup Anda. Saran saya, kurangi nonton tivi. 😉

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

43 thoughts on “Kerja Keras Dalam Ngeblog”

  1. Satu lagi tambahan dari saya, bahwa yang namanya saran, pasti nggak akan pernah bisa cocok untuk SEMUA ORANG.

    Bagi yang cocok ya silahkan diikuti, bagi yang nggak bisa, ya jangan. Namanya juga saran, bebas untuk tidak diikuti.

    Terimakasih untuk menjadi pembaca yang smart di blog ini.

    [Psssst: Jangankan hanya saran dari seorang Nunik, saran dari seorang Presiden saja BOLEH kok, nggak kita ikutin. Tul, nggak?]

  2. untung saya bukan blogger.. jadinya g perlu susah2 mikirin jumlah digit..

    eh apasih enaknya blogger :mrgreen:
    .-= Tutorial Admob selesai posting Publisher Mobile Ads Admob, Inmobi dan Zestadz =-.
    ~~~
    😛

  3. Bundo engga ke mal krn di Bukittinggi ngga ada Mal.. Bundo di depan lappie nyambi nonton tipi, nyambi nyuci dan goreng ikan, nyambi melayani pasien tapi engga nyambi tidur.
    ~~~
    Multi tasking banget sih Bundo ini, semuanya bisa disambi, hehe…

  4. masalah waktu sebenarnya tidak masalah … kalau dapat lima digit, hehehe :mrgreen: toh kalau hobi mah enggak mikir bakal kesita waktu khan? … sebaiknya sih blogging dimulai dari hobby agar tidak terbebani, samahalnya dengan yang ikut pelatnas 🙂

    tapi itu serius mbak? 5 digits? 😯 *tergoda …. 😮 *
    .-= gadgetboi selesai posting Mencoba (lagi) OpenSolaris 2009.6 di laptop Acer Aspire 5583 =-.
    ~~~
    Ya, 5 digit sih Darren dan Yaro. Kalo blogger Indonesia MUNGKIN [saya nggak tahu pasti] belom ada yang rutin segitu tiap bulannya. 4 digit sih banyak, kali ye… [Cosa Aranda dkk]

  5. dari pada ngegosip ga jelas, nonton sineteron yg ga mutu. mending Blogging. Kerja keras adalah energi kita.. jiaahaa.. kok kayak keyword kontes SEO ya.. hihihi… saat ini waktu luang saya selain kuliah dan organisasi sya isi dgn blogging… dan kerja keras itu terbukti.. baru saja saya post tentang blog saya yg dapat SITELINK dri google…. itu sebuah permulaan utk mnuju problogger 😀
    .-= Pekanbaru Riau selesai posting Sitelink Sungai Kuantan from Google =-.
    ~~~
    Iya, selamat ya atas sitelink-nya…

  6. halo..halo…
    infoaja.com mau kenalan teh…
    blog barunya yos nie..
    silahkan mampir klo ada waktu..
    ~~~
    Ok, mampir dulu ya.. Soal apa Yos, blog barunya?

  7. kalo masih bujangan sih masih bisa meluangkan lebih banyak waktu buat ngeblog.. kalo yang sudah berkeluarga dan punya anak, lebih susah meluangkan waktu lebih karena pulang kerja harus main dulu sama anak, dan betul akhir minggu yang banyak waktu, kita perlu mengajak keluarga jalan2 😀
    .-= jimmy selesai posting Apa Salahnya Jadi Referral? =-.
    ~~~
    Cieee, yang sayang anak… Hehehe…
    Minggu kemaren abis jalan-jalan dari mana aja, Mas?

  8. pulang kerja magrib, temanin anak belajar dulu, waktu ngeblog paling cuma setengah jam, cuma dapat jalan2 ke rumah 5 tetangga, bergantian aja tetangga yg dikunjungi, krn harus bobok biar bisa bangun pagi, subuh udah berangkat lagi,
    hari libur ..benar tuh mas Jimmy. waktunya anak2 jalan, ngunjungi ortu, arisan dll..(kapan mau dapat 5 digit ya…?)
    ~~~
    Dapet 5 digitnya dari suami aja, Mbak. Hahaha…

  9. Bukan karena sama2 Em, tapi saya setuju dengan Bu Em.
    Saya nggak nonton TV dalam artian menthelengi TV. Kalau seklebatan karena melirik memang iya, itupun bukan karena sengaja ngeliat. Kalau diprosentase ya < 4%. ~~~ Malah saya sendiri lumayan sering menthelengi TV, lha wong sudah capek duduk kerja seharian, nek dilanjut ngeblog lagi, geger rasane mo patah. Jadi solusinya ya nggak lain dan nggak bukan, menthelengi TV, yang bisa dilakukan sambil leyeh-leyeh…

  10. Saya yang kerja serabutan (kadang kerja kadang tidak) saja max 2 jam sehari. Itupun sudah akumulasi. setiap pagi OL bisa jadi hanya 30 menit saja, masih enakan tidur.

    kok, nggak ada ‘pergi dengan pacarnya’ Mba ❓ 😆
    ~~~
    Belom ada, Mas. Ntar kalo udah ada jadwal jalan-jalan sama pacar, pasti ditambahin… 😆

  11. Kalo mengurangi nonton tv mungkin lebih pas buat blogger yang topik blognya sama sekali nggak berhubungan dengan dunia hiburan.

    Buat saya, nonton tv malah jadi sumber ide paling besar untuk nulis artikel 😆 Sayangnya, saat ini saya malah jarang banget nonton tv karena situasi yang emang nggak mendukung banget.

    Efeknya, posting tentang dunia entertain jadi berkurang. Saya lebih ngandelin news-news dari portal gosip dan selebritis kayak kapanlagi dan detikhot untuk hunting info terbaru seputar entertain.

    Kalo ide nulis tentang blogging jujur aja masih banyak sih. Cuma sekarang lagi bingung aja dengan 2 blog. Apa harus saya pisah ya temanya?

    Di blog baru fokus ke entertain dan blogspot lebih ke blogging kali ya Mbak 🙄

    Masih rencana mentah sih (jadi curhat nih).
    ~~~
    Seperti yang saya bilang di komentar #1, Mas. Terimakasih telah menjadi blogger yang smart, meski berbeda pilihan dengan apa yang saya sarankan, bukan berarti saya lantas ‘dicap’ salah memberikan saran, kan?

    Hehehe! You’re rock!

  12. lo saya sendiri ngeblog lo lagi ada ide n tentunya mood heheh

    berkunjung
    .-= freesmsc selesai posting Helm sni | spesifikasi helm sni 2 =-.
    ~~~
    Perlu dicoba juga lho, ngeblog kalo lagi nggak ada ide, siapa tahu dengan blogwalking, malah dapat ide. 😛

  13. Kami juga sepakat kalau sebaiknya, atau bahkan seharusnya jika generasi kita mengurangi jatah nonton TV.

    Sekian dulu. Salam kenal dari Sema Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya….
    ~~~
    😀

  14. Kami juga setuju kalau sebaiknya, atau bahkan seharusnya jika generasi kita mengurangi jatah nonton TV. Sebagai prang tua, sebaiknya mengatur pola nonton anak-anaknya secara proporsional dan efektif…

    Sekian dulu. Salam kenal dari Sema Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya….
    ~~~
    Salam kenal balik. 😀

  15. Salam kenal ini merupakan kunjungan perdana saya. Maaf saya belum dapat merespon artikelnya. Tapi mungkin di kunjungan berikutnya. Selamat Malam. …Lelang keperawanan di dunia maya
    ~~~
    OK, deh…

  16. Kadang saya habis nonton tv baru muncu inspirasi buat posting heheheeee tapi gak sinetron lah…” aku berlindung dari godaan sinetron yang ter****
    ~~~
    Bahasa Arabnya jadi gimana tuh kalimat Aku berlindung dari godaan sinetron yang terkutuk? 😆

  17. Kalau saya cocok banget dg kalimat terakhir . Saran saya, kurangi nonton tivi . Semenjak hobi ngeblog jadi agak jarang nonton TV apalagi sinetron yg muter2 heee… paling nonton berita … tapi khusus Liga Spanyol Liga Inggris Champion League F1 MotoGP masih jadi tontonan wajib.

    Jadi tentang berapa jam ngeblog dalam sehari/seminggu kalau saya tergantung sikon, kalau gak ada agenda2 penting dg keluarga, temen, rekan kerja dll dan koneksi pas lancar sehari bisa 5 jam. kalau pas libur bisa sampai shubuh. Namun sebaliknya ketika ada agenda2 penting kadang sering gak online karena ngeblog lebih karena hobi jadi berapapun lamanya kita online gak terasa kalau kita sesungguhnya mungkin telah bekerja keras.
    ~~~
    Berita aja kini juga makin mirip sinetron, Mas. IMHO.
    Soal sampe subuh, saya kadang [kadang lho ya…] hari kerja juga ngeblog sampe pagi, tapi kadang seminggu nggak ngeblog. Jauh dari bisa dibilang kerja keras, hahaha…

  18. Karena tidak pernah punya target khusus, maka saya ngeblog sesukanya saja. Yang penting menurut saya adalah konsisten. Jangan sampai terlalu ngembat sampai tugas dan kewajiban lain diabaikan, jangan pula terlalu lalai sehingga terlalu lama tidak menulis.
    *komentar bloger tidak mutu*
    ~~~
    Konsisten, buat sebagian blogger juga masih dirasa susah lho, Mbak… Jadi, sampai taraf konsisten saja, sudah bagus tuh…

  19. Saya belum kepikiran sampai pada tataran itu, Mbak. Sampai sejauh ini buat saya blog masih sebatas media untuk berbagi dan menjalin persaudaraan. Entah ke depannya nanti bagaimana. Untuk tips ‘Kurangi nonton TV’ sepakat sekali.
    Salam dr Pekalongan.
    .-= M Mursyid PW selesai posting Siapa dan Apa Penentu Keberhasilan Belajar Siswa? =-.
    ~~~
    It’s OK, Mas. Jika cuma hobby, ya nggak perlu dipaksakan untuk menjadi 7 jam sehari. Lakukan sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan. Salam juga!

  20. saya habiskan untuk ngeblog 2 jam tiap hari, sehabis sepulang sekolah, tetapi kadang sampe 5 jam tiap hari, hhe… 😀
    ~~~
    Berarti sudah sekitar 20an jam seminggu tuh, lumayan banyak juga!

  21. Wah..saya ngeblognya kadang gak inget waktu. Kalo ada luang, pasti lebih banyak dipake ngeblog. Apalagi utk liat tv..wuah males banget, acaranya banyak yg ngebosenin…hehe 😀
    ~~~
    Tapi kadang ngeblog sambil nonton tivi juga, nggak? 😉

  22. persis seperti blogger di atas 7 jam per hari…

    kebetulan temen saya buka warnet, habis kerja pasti saya mampir..! Kadang2 Gratis..! Malah seringan gratisnya daripada bayarnya :mrgreen:

    Kaya sekarang ini 😆

    Apa penghasilan saya bisa nyampe 5 digit yah? 🙄
    .-= loekas gentara selesai posting Kado Valentine Romantis Buat Pacar (cewek) 2010 =-.
    ~~~
    Tetep nggak bisa instan, say. Tujuh jam tapi baru dilakoni beberapa bulan ya jangan ngarepin langsung 5 digit. Pelan-pelan dari puluhan dollar dulu. Btw, kenapa nggak bikin blog yang berbayar? Biar makin leluasa kalo mau cari uangnya?

  23. sy sngat stuju skali dg pmikiran dr artikel ini, setiap perilaku yg brkaitan dg pekerjaan sdh sharusnya d lakukn dg kseriusan & kerja keras…trims infonya…well done Bu…
    .-= Andi selesai posting Lazio Rekrut Hitzlsperger dan Biava =-.
    ~~~
    Makasih bang Andi sudah mampir. 😉

  24. 😎 Segala hal harus dicapai dengan kerja keras, apalagi kalau punya target khusus monetasi dalam ngeblog, mesti lebih giat mengatur waktu ngeblognya…
    .-= TuSuda selesai posting 10 ISTILAH LINK DALAM PENGALAMAN NGEBLOG =-.
    ~~~
    Biar ngeblog makin lama ya, Bli… 😉

  25. Kalau pengangguran kayak saya mungkin bisa ngebleng dikamar ngeblog. Kalau bekerja agak sulit.Kalau time management bagus ya nggak usah ngebleg.
    Salam hangat dari Surabaya
    ~~~
    Iya, PakDhe kan sudah purnawira, jadi bebas ngeblognya…

  26. Saya ngeblog sambil nyambi mempersiapkan anak sekolah, jemput sekolah, nyediain makan siang anak-anak, nyuci baju, nimba air..lho kok jadi curhat nih..tapi ini beneran,lho mbak. :mrgreen:
    ~~~
    Halah, tenane Mas??
    Beneran ya?

  27. Saya pernah tanya sama temen, apa gak tertarik untuk ngeblog?? trus temen saya bilang, untuk apa?

    saya bilang aja salah satunya, untuk berbagi ilmu melalui tulisan. trus dia jawab, mana bisa nulis!!

    pertanyaan ini sering saya tanya sama temen2. ternyata untuk ngeblog terkendala dalam menulis.

    sebenarnya bukan masalah besar karena DIMANA ada KEMAUAN disitu ada JALAN.

    emang bener…banyak alasan untuk menunda pekerjaan apakah itu blogging atau APAPUN. Tetapi klo di analisis lagi, kenapa banyak sekali waktu yg tdk produktif yg berlalu sia sia.???

    Kerja keras Dalam Blogging… 🙂

  28. Sy blogger pemula (sejak awal desember ini) dan baru punya dua blog.
    Sy jg bekerja 8 jam di kantor lalu (biasanya) selepas Isya (waktu Medan) atau paling lama pkl 9 langsung melototin laptop utk nge-blog dan tentu saja belajar sana sini sampai pkl 2 pagi. Jadi waktu diantara pulang kantor sampai Isya dihabisin dirumah bersama keluarga terutama buat bermain bersama anak2. Begitu terus selama 1 bulan ini.

    Semoga dengan berusaha sekeras itu niat sy untuk pensiun muda dari PNS dan fulltime jd enterpreneur dan netpreneur tercapai.
    Blogger Addict selesai posting Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge