Keyword Blog Di Google Analytics Sebuah Aset?

Hai… Pagi-pagi saya saya sudah ditanya: Mau pindah aliran ya? Kok nulis soal pribadi? Hehehe, ya enggaklah, saya juga sudah kangen nih nulis yang berhubungan dengan blog. Hanya saja kemarin itu agak susah buat sedikit konsentrasi ketika menulis, jadi ya nulis yang ringan-ringan saja dulu. Hari ini saya kembali mencoba menulis soal keyword yang dimiliki oleh sebuah blog, adakah itu merupakan aset, ataukah bebas saja diketahui oleh umum.

Sebelum ke pembahasan, saya akan sedikit curhat dulu. Dari facebook, semuanya berawal. Saya bergabung dalam sebuah grup yang beranggotakan blogger. Saya add beberapa orang untuk saya tambahkan sebagai kawan. Tiba-tiba, ada salah satu yang barusaja menerima permintaan pertemanan, berkirim surat pada saya, memuji blog ini. Setelah itu, menanyakan berapa harganya jika akan memasang iklan di blog ini.

Tentu langsung timbul rasa bangga dong ya. Pertama, si blogger tersebut dari negara tetangga. Kedua, tanpa usaha, iklan datang sendiri. Wah, hebat nih, pikir saya. Saya lalu jawab bahwa untuk menulis review, standar blog ini dihargai sekian dollar. Kalau banner berapa, dia mengejar. Saya jawab, saya belum pernah menerima iklan banner, silahkan Anda yang pasang harga, kalau cocok, akan saya terima. Sampai di sini komunikasi terputus.

Kemudian blogger tersebut bertanya soal lain: berapa visitor per hari dan berapa page view blog kamu? Saya jawab sekian ratus pengunjung per hari. Page view sekian.

Dikejar lagi: Saya berencana akan pasang banner sekian kali sekian, minta harganya. Trus, tolong ditambahkan alamat email xxx@blabla.com ke dalam Google Analytics, supaya saya bisa melihat statistiknya.

Nah, dari situ, saya merasa ada yang nggak beres. Kalau hanya sekedar untuk melihat berbagai statistik blog seperti Page Rank (valid atau tidak), visitor per hari, page view, angka Alexa dan lain-lainnya, ada banyak alat yang bisa digunakan tanpa harus masuk ke dalam akun Google Analytics seseorang. Ya nggak?

Google Analytics memuat lebih dari sekedar data statistik seperti itu. Ada semua keyword yang diurutkan berdasarkan data terbanyak, yang membawa pengunjung dari search engine menuju blog kita. Dan itu aset blog kita. Dengan susah kita menemukan, owh ternyata kata tersebut yang banyak dicari orang. Masa’ secara sembarangan kita bagi dan ‘Boleh Diintip’ oleh orang lain.

Buat saya, nggak ada masalah mempelajari blog orang lain, toh semua keyword (bahkan semua kata) di blog kan terbuka, bisa di cari diantara tulisan-tulisan yang ada. Pelajari sendiri dong ya, jangan mau enaknya aja dengan ngintip dalemannya Google Analytics saya…

Bagaimana menurut Anda? Apakah akun Google Analytics Anda boleh saya intip? πŸ˜‰

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

38 thoughts on “Keyword Blog Di Google Analytics Sebuah Aset?”

  1. Memang diizinkan mengintip? kenapa dia tidak minta snapshoot daripada harus masuk ke akun kita?
    Tapi saya tidak tahu sih kalau prinsip bisnis, mungkin dia mau tahu, kalau orang berkunjung ke suatu blog, sebenarnya apa yang dia cari di blog itu, dan kira-kira kalau pasang iklan para pengunjung tertarik ga dengan iklan itu.

    Sayang kan, iklan jualan pindang, ditaruh di blog yang membahas teknologi perbintangan dan angkasa luar walau banyak yang berkunjung, beda ceritanya kalau dipasang di blog kuliner πŸ˜†

    But the ethic is strict, do not peek someone else’s privacy!
    .-= Cahya selesai posting Pindai Blog dari Infeksi Virus =-.

  2. Dari awal juga sudah saya tanya, blog yang akan diiklankan tentang apa. Beliau jawab tentang musik. Dari situ saja udah nggak nyambung. Semakin saya yakin untuk menolak memperlihatkan Google Analytics saya padanya…

  3. Mungkin ybs itu menilai rumput tetangga lebih hitam dari rumputnya sendiri πŸ˜† Makanya sidia berusaha ngintip daleman GA orang lain.
    .-= Wempi selesai posting BRI =-.

  4. Saya juga masih belum ngerti lebih jauh ttg Google Analystics ini. Di setting account-nya ada kok pilihan “Share my Google Analytics data…” Sub pilihannya ada 2 : “With other Google products only” dan “Anonymously with Google and others”. Nah, yang kedua ini saya agak ragu untuk mencentangnya.

    Menurut saya pribadi, calon customer wajar kalau hanya menanyakan berapa unique visitor dan pageview-nya. Tapi kalau lebih dari itu, memang akan menimbulkan tanda tanya.
    .-= budiastawa selesai posting Posting Twitter Lewat Address Bar Firefox =-.

  5. kalau diintip halaman dashboardnya saja gpp… tapi kalau masuk ke dalam2nya “maaf, keinginan anda tidak bisa saya kabulkan”
    .-= sauskecap selesai posting Pancake Man =-.

  6. Kalo kita masih ogah memperlihatkan/memberi tau keyword yang paling banyak masuk ke blog kita, berarti kita belum siap bersaing secara terbuka dong..hehehe. Saya juga kadang masih males ngasih tau top keyword dari GA saya. Apalagi blog saya masih baru. Kalo yang di blogspot (kafe28) sih udah beberapa kali saya umumkan, tapi berupa postingan terpopuler dan studi kasus pengalaman menang SEO dan SERP πŸ˜€
    .-= iskandaria selesai posting Mengenal 6 Istilah Baru dalam Dunia Blog dan Website =-.

      1. Buka-bukaannya nggak harus secara gamblang kok. Dengan memberi tau postingan terpopuler setiap bulan saja sudah cukup memberi gambaran mengenai keyword apa saja yang banyak digunakan pencari. Tapi kalaupun dinilai tidak bermanfaat bagi pembaca blog kita, ya tidak perlu diumumin sih.

        Sebenarnya ada juga manfaatnya kalo kita umumin. Kredibilitas blog kita bisa terbangun. kepercayaan pengunjung akan salah satu kelebihan blog kita juga bisa muncul. Misalnya perasaan “ooo, blog A ternyata SEO-nya bagus untuk keyword-keyword seputar anu”. Atau “oo, ternyata pemilik blog B sangat jeli dalam membidik kebutuhan pencari”. Dsb.

        Cuma wacana kok Mbak. Balik lagi bahwa setiap pilihan pasti akan punya 2 konsekuensi (positif dan negatif). Negatifnya mungkin bikin para pesaing akan cenderung memanfaatkan keyword-keyword nyasar tsb.untuk sekadar menjerat pengunjung blognya πŸ™‚

  7. [Out of Topic] Ini ceritanya mbak Nunik sudah sampai ke kampung halaman kembali? Kok sudah merencanakan kopdar lagi πŸ™‚
    .-= budiastawa selesai posting Membuat Custom Report di Google Analystics =-.

  8. biasanya kalo suka ngintip, matanya bisa bintitan lho…hehehehe…kalo dikaitkan sama kasus ini, enak di elo, ga enak di gw…hahaha…
    .-= Nasir selesai posting Apa Sih Parameter Ranking Alexa ? =-.

  9. Mbak Nunik,
    Ada nilai tambahnya untuk admin blog memberikan top keyword ?
    lah punya saya mau tahu wong ndak pernah tak perhatikan. :mrgreen:

  10. wah, sepertinya ini ada udang di balik batu. Ada maksud terselubung nih. Hati2 πŸ˜†

    Bagi saya keyword di google analytics merupakan aset yg sangat berharga. Lah, saya nyari keyword2 itu kan butuh riset terlebih dahulu. cek sana cek sini, pelajari ini dulu, pelajari itu.. dsb….
    .-= si Gen selesai posting EasyAd.us CPM Baru Penghasil Dollar =-.

  11. wuih.. keren banget neh.. tulisannya teknis… setahu saya sih gak bisa ngintip analytics, soale skripnya kan diumpetin google hehehe
    .-= mh selesai posting Blogger Tangerang Siap Tempur =-.

  12. Nggak bisa ya? Syukurlah kalo nggak bisa. Saya juga belom praktek.

    Dia hanya minta nambahin alamat emailnya, biar bisa lihat statistik. Dalam bayangan saya sih, supaya bisa lihat dashboard Google Analytics-nya doang. Tanpa harus berbagi password.

    Teknis? I don’t think so. πŸ˜‰

  13. Salah satu pelanggaran undang-undang daring paling kejam adalah masuk ke akun seseorang baik secara paksa maupun halus. Akun adalah aset; google analytic juga aset. Aku menduga si penawar banner dan iklan dari negeri tetangga itu ingin menjebol blogmu.

  14. Wew…Sy malah blm pernah ngecek tuh, abis blm ada niat optimal dibisnis OL sih
    .-= 2R selesai posting Cara Mudah Memulai Bisnis Anda =-.

  15. Sepanjang tujuannya untuk memenuhi syarat tawaran bisnis yang ditentukan, perlu juga ditanggapi dalam batas yang wajar saja. Terimakasih sharing infonya.
    .-= TuSuda selesai posting Membebaskan Komentar Spam dari Kerangkeng Akismet =-.

  16. kembaLi seteLah lama ga berkunjung..

    saLam dari PurbaLingga…
    .-= Hari Mulya selesai posting Menambah Font Ke WordPress =-.

  17. baru denger ni tentang GA… πŸ˜‰
    so far ngeblog masih cuma untuk tulis tulis doang..

    umm..bisa saja tawaran iklannya tu cuma iming-iming ya, mb..niatnya sebenarnya mau minta pswd aja. wa..gejala penipuan udah merambah ke dunia blog ya.. πŸ™
    .-= Yessi selesai posting dooohhh..gimana nih? =-.

  18. Ya begitulkah yang namanya dunia blogging kadang ada yang mau mengambil kesempatan, untuk yang ditawarin cukup cerdas, kalau tidak bisa kebablasan.

    Salam kenal
    Indra
    .-= Indra selesai posting Peluang Usaha Dengan Modal Kecil Bersama Abe Bisnis =-.

  19. Buat saya c keyword bisa di katakan aset juga, karena salah satu ide postingan saya juga berasal dari keyword yang banyak di cari orng. :mrgreen:
    .-= satrya selesai posting Bagaimana Cara Terbaik Meningkatkan Pageview Blog? =-.

  20. waah…mencurigakan memang ya, GA sama halnya dapur kita…racikan bumbu2 mungkin ada semua disana. selayaknya tak boleh diketahui oleh orang lain. menurut saya..btw tks atas kunjungannya ya. hmm..baru dapat neh blogger cewe yang ngebahas soal blog.
    .-= sahabat blogger selesai posting Ngeblog dengan self hosting ternyata tidak sulit =-.

  21. hm..
    bingung nih mau komen apa.
    sorry ya kang.
    .-= Blog Pribadi | Personal Blog selesai posting Lebih Tua, Lebih Baik? Tanda Tanya Besar! =-.

  22. benar benar..jangan sampai keyword kita entar di klaim mbak.
    kalau ngintip yg lain juga jangan boleh lho, saya keberatan tenan.
    salam rindu
    .-= Plesiran selesai posting Gedung Tua di Belanda =-.

  23. πŸ˜€ mau nipu tapi kurang canggih πŸ˜€ lha wong pengen liat stastik google analist kok pake minta username dan password account anda πŸ˜€ lucu aja bagi saya.

    salam adem ayem

  24. ada yang seperti itu ya?

    dulu di blog saya yang lama ketika masih PR 4 pernah ada yang kirim email katanya mau pasang iklan dan sudah nego harga, sayangnya sebelum deal blog saya turun ke PR 3 jadi dia batal deh πŸ™
    .-= imadewira selesai posting Selamat Datang Cecep =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge