Komentar Spam Manual Merajalela

Human-posted spam has been on the rise for some time. Low-paid workers are hired by “SEO” firms to post comments on blogs and forums, advertising their clients’ web sites (typically small local businesses).

The workers generally operate out of internet cafes and universities, particularly in India, South-East Asia, and Turkey. The quality of comments varies, with the best written spam usually coming from SE Asia.

There are now sophisticated marketplaces set up specifically for hiring manual workers to do this kind of spam. (Akismet)

Mulai beberapa hari belakangan ini saya menerima komentar aneh. Isi komentar adalah dikopi paste dari komentar yang sudah pernah masuk, tetapi alamat pemberi komentarnya adalah blog lain.

Saya sudah familiar dengan kata-kata di komentar tersebut karena memang saya sudah pernah baca sebelumnya, tetapi anehnya nama yang dipakai adalah ROBIN, DAVE dan nama-nama lain yang belum pernah saya kenal.

Anehnya, komentar tersebut malah lolos dari jaring akismet. Dan muncul dengan suksesnya di deretan komentar yang sah.

Sampai saat ini belum akan saya delete, karena online dari handphone memang agak-agak ribet, nggak seperti di komputer.

Saya yakin, komentar-komentar aneh tersebut memang pas seperti apa yang telah disebutkan oleh akismet tersebut.

Apa yang melatar belakangi keyakinan saya?

Beberapa waktu yang lalu saya menerima email dalam bahasa Inggris, setelah saya baca, dari salah satu blogger yang pernah menggunakan jasa saya menulis review untuknya.

Karena saya baru tiba di Bali saat menerima email tersebut, saya nggak baca detail. Setelah saya pelajari lagi barusan, ternyata dia meminta saya untuk memposting 50 komentar di forum blognya dan akan dihargai sebesar $5. (Hehe, dia baca tulisan ini nggak ya?)

Mungkin memang seperti itu kali ya kini kerjaannya manual workers membuat komentar spam.

Anda pernah mengalami kejadian serupa?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

49 thoughts on “Komentar Spam Manual Merajalela”

  1. Iya aq juga, tapi ip adress dan emailnya udah aku blacklist jadi enggak bisa komentar lagi dia. Kapok 😉
    .-= rauff risharasakti selesai posting Aku Malu Pakai Windows =-.

  2. Kalo blog saya tiap hari dapet komentar spam dari boots. Cirinya yaitu berisi banyak link. Untungnya semua ketangkep oleh plugin antispam saya (bukan akismet, tetapi invisible captcha). Kalo akismet sengaja saya hapus karena banyak keluhan.

  3. Aneh juga ya mba, saya hampir puluhan kali ada komentar dengan barbahasa inggris entah dari mana datangnya, tapi terfilter oleh akismet.
    Karena alasan itu saya selalu memoderasi komentar di blog saya.
    .-= satrya selesai posting 3 Hal Sederhana Yang Sering Terlupakan di Blog =-.

    1. Ya itulah yang namanya SPAM.

      Tapi kini, nggak hanya komentar dalam bahas Inggris yang biasanya juga ditemani dengan link-link, tetapi komentar berbahasa Indonesia yang mengkopi paste komentar yang ada, juga masuk ke blog saya…

  4. ini nih ini nih…issue yang lagi anget2nya nih. gw dari kemarin kemarin masuk terus mail copas. kadang udah ada balesan dari gw langsung. kepret!!!

    terus tereus membasminya gimana?? kabar2 yah kalo dah nemu wangsit. ntar gw tuker sama pangeran cinta deh. yang mendampingimu mbak =))
    .-= zulhaq selesai posting Perjalanan Sinting =-.

    1. Berarti sama kasus kita Zia.

      Membasminya ya paling kalo sudah tertangkap Akismet, kita hapus.

      Kalo lolos dari jerat akismet, laporkan ke dia bahwa itu adalah SPAM. Biasanya setelah itu mereka akan tertangkap langsung oleh Akismet ketika membuat komentar SPAM yang selanjutnya.

      Saya sih tetep nggak mempergunakan CAPTCHA atau plugin khusus dalam membasmi spam. Juga tidak memoderasi komentar. Biarlah, selama masih dalam batas yang wajar, delete secara manual juga.

  5. Lha semua blog saya banyak Dave, Tian, Brian, Patrick,Smith, Daniel kok mbak. Mereka meng copy paste komentar sahabat yang sudah saya reply. Jadi Lucu yaaaa.Tapi mereka gak bisa menghilangkan comment love. walau mereka mengganti situs komentator asli dgn viagraenakpwol.com, tetapi situs asli masih nempel di bawah.
    Jumlahnya ratusan di 9 blog saya. Dah tak delete dan saya buat postingan di Bhirawa kok. Lumayan untuk nambah postingan kayak artikel ini kan.

    Salam hangat dari Plesiran – media untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Bahkan kami menyediakan tali asih sebuah buku kepada pengirim artikel yang dimuat.
    .-= Plesiran selesai posting Rumah Gadang =-.

    1. Iya PakDhe, sama berarti nasip kita. Siapa ya yang iseng nyepam komentar di blog kita?

      Delete aja PakDhe, laporin ke akismet, lama-lama juga habis sendiri.

      Serangan komentar spam memang lagi membabi buta akhir-akhir ini.

  6. Spammer sekarang memang semakin kreatif, saya sendiri daftar blacklist sudah mencapai puluhan sekarang, lumayan mengurangi spammer yang coba-coba masuk.

    Halangi surel, halangi alamat blog, halangi kata kunci, halangi alamat IP, semua itu lumayan bermanfaat untuk mencegah spam. Jadi paling dalam sebulan jumlah spam yang mesti dimoderasi hanya bijian 😀
    .-= Cahya selesai posting Karna – Pemberi Yang Agung =-.

    1. Saya agak repot kalo kerjaan bertambah dengan memasukkan kata-kata kunci, alamat blog, alamat email dan IP.

      Itu satu kerjaan sendiri, Bli…

      Mending kalo ada langsung tak laporin Akismet aja deh. Biarin Akismet yang bekerja untuk kita.

      1. Mbak Nunik,

        Sayangnya akismet tidak bisa membendung kata kunci yang digunakan spammer, karena kata kuncinya selalu merupakan kata-kata yang “normal”.

        Jadi dengan memelajari kata kunci normal yang disalahgunakan kita bisa menghadang spammer sebelum dia bisa menyusup.

        Jadi spam ditolak bahkan sebelum dikenali oleh mesin antispam itu sendiri. Kalau menunggu mesin antispam mengenalin spam, akan jadi banyak sekali yang masuk ke dalam kolom moderasi atau-pun spam.

        Jika kita tahu 100 spam dengan beberapa kata kunci yang unik, maka memblok kata kunci itu akan menghentikan kedatangan ribuan spam berikutnya yang menggunakan metode serupa.
        .-= Cahya selesai posting Memasang VirtualBox pada OpenSUSE =-.

    1. Komentar SPAM dalam bahasa Indonesia yang terbaru, ya seperti yang saya alami dan Pakdhe Cholik alami, Bli.

      Mereka menduplikasi komentar yang sudah pernah masuk sebelumnya, termasuk di dalamnya CommentLuv.

      Tapi kini agak menurun kuantitasnya.

  7. iya mbak, gus juga udah dari dulu ada nama jhon tapi komentarnya bahasanya ga jual danh menyerang postingan yang lama lama jadi ga heran jika 27 postingan tembnus 4000 komentar

  8. Edan, ada-ada aja cara orang nyari duit. Tidak peduli itu sangat mengganggu dan cenderung merugikan orang lain. Beugh, $5 untuk 50 komentar, murah sekali.

  9. Saya juga pernah mbak dapet komentar spam seperti itu. Anehnya, itu selalu mengarah ke satu postingan 🙂
    Berhubung masih platform blogspot yg ga ada akismet, jadinya ya saya biarin aja deh 🙂

  10. Walah, aku jadi malu sendiri nih… 😳 Ko ngga pernah ada komentar SPAM di blogku yah..? 😕 Padahal ngga pake anti SPAM loh…!

    Apa cuma blog bagus doang yg punya banyak komentar spam yah? Ato memang mesin blogspot bebas spam..? :mrgreen:

    Ayo, ayo sapa yg mo nyepam di blog saya 😆

    1. Berat Nak kalo buka blogmu, jadi para spammer pun tampaknya malas-malasan nyepam di blogspot. [Bukan blogmu doang, tapi hampir semua blogspot]

  11. Wah, saya belum pernah dapat komentar yang model begituan. Tapi nggak berharap dapat, sih. He….He……Kalau komentar Spam rata-rata semua pasti pernah kecipratan.

    Memang itulah enaknya kalau pakai engine WP. Banyak pluginnya yang bisa dipakai untuk memfilter, beda sama blogspot. Atau apa ada yang tahu aplikasi filtering Spam buat blogspot. Saya tunggu sharingnya. Thanks

  12. Semoga tidak pernah dapat komen spam seperti itu..
    kalo dapat pasti gak enak banget ya 😥
    .-= delia selesai posting Melebihi Pohon Kelapa =-.

  13. entah kenapa kalo saya sih suka kalo dapat spam.. itung2 nambah keyword blog kita, hehehe…

    eh, berarti Rp 1000 ya per spam? menarik tuh :mrgreen:
    .-= rime selesai posting Imajinasi Kopi =-.

  14. Saya juga beberapa kali mendapat komentar spam yang lolos akismet. Kebanyakan link yang dateng dari Eropa Timur (khususnya Polandia dan Russia)…

    .-= felicity selesai posting Buat Sang Mantan di Sana =-.

  15. kemarin saya baru dpt komentar aneh dgn nama aneh dan isi komenpun aneh.Menggunakan rangkaian huruf yg tdk bisa dimengerti.
    Tdk ada link ke alamatnya.
    Saya tdk habis pikir,apa kepentingannya terhadap blog kecil saya.
    Ya,saya biarkan saja sbagai kenangan,hehehe

  16. memasuki awal mei ini, rupanya spammer2 tersebut sudah mulai berkurang, mudah-mudahan benar-benar berkurang, sebab, menambah pekerjaan kita juga akhrinya.

  17. saya juga pernah mengalaminya mbak..padahal blog saya sepi,apa untungnya buat mereka ya..yah tak pasang ajah..buat rame-rame hehehehehe..padahal saya juga pake akismet..tapi lama-lama semakin banyak dan menuju 1 postingan..akhirnya aku hapus aja..salam kenal mbak

  18. hehehe…
    kalau di blog saya satu pun belum ada yang komen..
    maklum masih baru… 😛
    .-= Rama selesai posting Bisnis Itu Perlu Modal =-.

  19. weh pantesan kalo dibayar mah atuh
    blog sy juga beberapa kali kena, apalagi kalo konten blog sangat spesifik misalnya tentang asuransi karena kebetulan saya punya 1, dan setelah saya baca baik2 ternyata komentarnya ga nyambung sama sekali dan akhirnya sy coba cari di gugel eh ketemu deh dengan komentar yg isinya sama persis, ya udah hapus aja deh daripada cuma nyampah
    .-= irvan selesai posting Cara Mengetahui Pagerank Palsu =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge