Lika-Liku Ngeblog, Mulai Dari Sekedar Ingin Eksis, Sampai Membawa Prestasi Dan Kemandirian Diri

Tulisan ini kiriman Guest Blogger (Aji Triono) dari Purbalingga. Teman-teman juga bisa menulis untuk blog ini sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Awal Mulai Mengenal Blog

Tak tahu tepatnya kapan saya mengenal dunia blog. Yang saya ingat saya mulai mengenal blog, sewaktu masih duduk di bangku SMP. Waktu di mana seorang menjadi remaja yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi.

Pada saat itu saya mengenal blog lewat perantara guru sekolah yang memerintahkan para siswa untuk membuka blognya dari Google agar bisa mengerjakan tugas yang telah beliau upload di blog tersebut.

Berawal dari hal tersebut, saya mulai penasaran tentang blog. Bagaimana cara guru tersebut bisa membuat blog yang dapat diakses oleh semua orang? Itulah pertanyaan yang muncul dipikiran saya . Maklumlah waktu itu saya masih belum terlalu mengerti tentang internet (saya baru pertama punya handphone).

Untuk menemukan jawaban tentang pertanyaan itu , saya mencarinya di Google dan akhirnya saya bisa membuat sebuah blog. Setelah blog dibuat, saya bingung akan diisi apa blog ini. Karena pada saat itu, saya suka selfie maka saya putuskan saja untuk mengisi blog dengan informasi dan foto-foto diri.

Hal yang ada di kepala saya saat itu, semoga nanti foto tersebut bisa banyak muncul di Google sehingga saya jadi seperti artis yang fotonya mudah ditemukan di mesin pencarian. Dan dalam hitungan minggu, perlahan foto diri saya muncul di Google.

Betapa bahagia hati saya kala itu, hingga saya ceritakan kepada teman-teman, “Fotoku ada di Google loh, seperti artis kan aku.” Waktupun terus berjalan hingga saya mulai jenuh mengisi blog dengan foto diri. Dan tak lama kemudian karena banyak kesibukan sekolah membuat saya meninggalkan dunia blog saat mulai memasuki masa SMA hingga lulus SMA.

Kembali Ngeblog Dengan Usaha Ternak Akun Google Adsense

Menginjak masa kuliah, tepatnya di semester 3 (tahun 2018) saya mulai teringat blog saya dahulu. Dan saat itu pula aku berkenalan dengan teman facebook yang masih SMP. Dia sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Dari dialah saya diajari usaha ternak akun Google Adsense. Setelah belajar sebulan, saya pun bisa menghasilkan uang dari usaha ternak akun Adsense. 

Dan semakin lama, semakin banyak pula penghasilanku. Ya lumayanlah bisa sedikit meringankan beban orang tua sehingga lebih mandiri.

Berhasil Menjadi Juara Lomba Ide Usaha

Hingga pada bulan November, di kampus saya ada lomba ide usaha. Aku mencoba ikut lomba tersebut dengan ide usaha ternak akun Adsense. Dari lomba tersebut, aku berhasil meraih juara pertama lomba ide usaha. Hal itu tentu membuat hatiku sangat bahagia. Maklumlah baru pertama kali aku bisa menjadi juara lomba selama aku menempuh pendidikan.

Berkat menang lomba ide usaha, usaha ternak akun Adsense saya semakin banyak diketahui teman kampus dan kadang kala dijadikan usaha dana organisasi. Saya senang sekali karena usaha saya bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.

Mulai Mempersiapkan Investasi Blog Untuk Masa Depan

Namun di belakang kesenangan dan kebanggaan tersebut, saya menyadari bahwa usaha ternak Adsense tidaklah selamanya bisa berjalan mulus karena pasti pihak Google akan semakin mempersulit untuk diterima Google Adsense. Oleh karena itu, sambil menjalani usaha ternak Adsense, saya juga membuat blog utama yang mana saya akan serius dalam mengelolanya.

Blog utama saya yaitu Blog Aji Triono yang dibangun pada akhir tahun 2018. Blog tersebut merupakan investasi masa depan saya ketika saya sudah lulus kuliah maupun kerja. Dan dari pengalaman saya ngeblog, alhamdulillah hobi ngeblog ini bisa menjadikan saya berprestasi di kampus dan lebih mandiri karena bisa menghasilkan uang sendiri guna memenuhi kebutuhan hidup di kota besar jauh dari orang tua.

Saya sangat mensyukuri hal tersebut. Hobi ngeblog saya ternyata membuat saya berubah 180 derajat. Alhamdulillah Ya Allah, Engkau anugerahkan nikmat padaku.

3 thoughts on “Lika-Liku Ngeblog, Mulai Dari Sekedar Ingin Eksis, Sampai Membawa Prestasi Dan Kemandirian Diri

  1. Selalu ada inspirasi tiap memba kisah para blogger hingga menapaki tangga sukses. Tidak mudah memang menjadi blogger yang belum dianggap sebagai profesi. Namun, sudah tak terhitung orang-orang yang mampu hidup mandiri dengan menjadi penulis blog. Media sosial memang mulai mencuri perhatian dan mengalihkan fokus sebagian orang, tapi blog tetap menjadi sarana untuk bercerita, membagi pengalaman dan ladang menghasilkan uang. Apalagi kini kita hidup di era digital, blog tetap menjadi sesuatu yang akan terus dibaca orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge