Memancing Lebih Banyak Komentar Di Blog

Tidak dapat dipungkiri bahwa komentar di suatu blog biasanya berbanding lurus dengan traffic blog tersebut, sebab tanpa traffic maka mustahil akan ada komentar. Jadi, Anda sebagai pemilik blog mungkin saja berbangga karena traffic blog anda yang “lumayan”. Tapi, walaupun demikian, traffic blog yang tinggi tidak selamanya membuat blog tersebut kebanjiran komentar.

Traffic blog yang disertai dengan meningkatnya komentar sedikit banyak akan memberikan banyak nilai tambah bagi blog anda, entah itu komentar negatif atau positif. Sebaliknya, bila traffic blog anda cukup tinggi namun komentar di setiap kontennya sangat minim, menandakan blog anda kurang diperhatikan, atau jangan-jangan blog anda hanya seperti “halte-bus” di dunia nyata?

Walaupun kekurangan komentar di blog anda tidak selamanya menandakan bahwa konten dalam blog anda tidak berkualitas, tapi anda harus jujur pada diri sendiri bahwa anda butuh komentar, anda butuh respon, dan butuh perhatian… Iya khan?

Nah, untuk menyiasati masalah diatas, dibawah ini ada 6 tips yang “cukup handal” untuk memancing pengunjung, agar mau lebih berkontribusi dalam memberi komentar di setiap blog post yang anda terbitkan.

1. Undang Pengunjung Anda Untuk Berkomentar.

Mengundang pengunjung untuk berkomentar tentunya tidak dilakukan dengan mengirimkan surat undangan, seperti ketika anda mengundang orang lain ke “pesta kondangan“. Yang saya maksud disini ialah mengundang pengunjung dengan menyisipkan kalimat tersirat pada blog post, yang secara tidak langsung memancing pengunjung untuk merespon artikel anda. Contoh: Anggaplah anda sedang menulis satu blog post dengan tema -1001 cara menghasilkan $1000 dalam semalam-. Nah, pada akhir artikel tersebut anda bisa menyisipkan kalimat undangan seperti:

– “Dengan cara diatas, $1000 akan dengan mudah masuk ke kantong anda, jika tidak silahkan masukkan komplain anda pada kotak komentar dibawah!”
– “Bagaimana dengan anda, sudah berapa $$$ yang anda dapatkan?”
– “Menurut anda, cara apakah yang paling efektif?”
– “Bagaimana? Apakah cara diatas cukup membantu anda?”
– dll, menurut kreasi anda.
Contoh diatas memang kelihatannya sepele. Tapi jika dilakukan dengan tepat, disertai konten yang berkualitas, maka akan signifikan dalam menambah partisipasi komentar di blog anda.

2. Membuat Pernyataan Kontroversi Pada Blog Post

Saya yakin hampir semua orang suka dengan hal-hal yang konteroversial. Jadi, anda bisa memanfaatkan hal ini dengan membuat penyataan kontroversi yang diakhiri dengan tanda tanya, sesuai dengan tema postingan blog anda. Tidak menjadi masalah apakah nantinya respon pengunjung positif atau negatif. Yang jelas, mereka mau berpartisipasi dengan memasukkan pendapat di kotak komentar.

3. Atur Moderasi Komentar Semudah Mungkin.

Anda mungkin sudah sering menemukan blog yang memerlukan log-in agar dapat memposting komentar, memerlukan verifikasi kata sebelum memasukan komentar, atau blog yang memilih-milih komentar sebelum ditampilkan. Nah, walaupun anda adalah blogger yang rajin blogwalking, tentu anda akan “malas” berkomentar pada blog seperti ini. Jadi, sebaiknya anda memperhatikan bagaimana membuat pengunjung nyaman mengomentari blog anda. Jika memang ada komentar yang berisi hal kotor atau yang bernada terlalu negatif, lebih baik dihapus secara manual saja.

4. Jangan Terlalu Sempurna.

Menurut pengamatan saya, kebanyakan pengunjung akan lebih senang mengomentari blog-post yang berisi sedikit kelemahan dan kelalaian penulis, daripada blog-post yang hanya mengedepankan kesempurnaan dan Ke-MahaTahuan anda. Nah, tulisan yang berisi kelemahan seperti ini, dapat anda gunakan untuk memancing pengunjung agar mau mengoreksi dan memperbaiki isi blog-post, dengan memasukkan kritik dan saran melalui komentar.

5. Balas Setiap Komentar Di Blogpost Anda.

Usahakan untuk membalas komentar-komentar yang masuk ke blog anda. Selain akan meninggalkan kesan bahwa anda adalah orang yang rendah hati dan “low-profile“, membalas komentar juga akan memancing komentar-komentar berikutnya. Kalaupun anda punya kesibukan dan tidak sempat membalas komentar tersebut, biarkan pengunjung anda tahu akan hal itu.

6. Jika Blog Anda Berpagerank Tinggi, Rubah Atribut Komentar Menjadi “Dofollow”.

Mungkin ini adalah cara yang paling efektif untuk memancing komentar di blog. Perlu diketahui, bahwa sebagian blogger mendedikasikan waktunya, khusus untuk mencari blog-blog dofollow yang berpagerank tinggi. Sudah bisa ditebak, apalagi kalau bukan untuk mencari backlink. Nah, jika blog anda ketahuan oleh blogger tersebut, apapun isi blog anda, dipastikan akan mendapat komentar yang banyak. Cara ini bisa anda lakukan dengan catatan kuantitas kometar bagi anda lebih penting daripada pagerank blog.

Bagaimana? Apakah tips di atas sudah cukup membantu anda? Intinya bagaimana tulisan yang kita buat mampu menarik pembaca untuk terlibat. Jaga perhatian pembaca, gugah perasaannya, dan buat pembaca tergerak untuk memberi komentar. Mungkin pada awalnya akan sulit untuk menunggu komentar, karena itu dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam melakukan hal ini.

Semoga bermanfaat !!

~~~

Tulisan ini adalah Guest Blogger dari Yawan BP, pemilik blog 53x.biz. Baca tata cara menjadi Guest Blogger jika Anda tertarik menulis di blog ini.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

59 thoughts on “Memancing Lebih Banyak Komentar Di Blog”

  1. Saya tertarik untuk mengomentari yang nomer 4 dan 5.

    4. Jangan terlalu sempurna. Hmm… sempurna??
    keknya kebanyakan tulisan kita jauh dari sempurna. Tapi saya nangkap kok maksud “sempurna” di sini. Tulisan yang “sempurna” biasanya hanya mendapat komentar Wah, bagus sekali. terima kasih, atau nais inpoh.., atau yang lain seperti Hmm… begitu ya..

    5. Membalas setiap komentar
    Dulu saya nyaris tidak pernah membalas komentar tulisan di blog, namun beberapa tulisan belakangan selalu saya usahakan untuk direply. Tapi, ada komentar yang kita gak tau mau balas apa…. (komentar tak berkualitas, hehe…)

  2. saya suka yang no 4 Jangan Terlalu Sempurna, justru karena ntidak sempurna orang terpancing untuk berkomentar dan untuk yang berpage rank tinggi pertanyaannya gimana caranya supaya Page Rank kita tinggi..?

  3. Yang nomor 1,3,5 cukup sering saya gunakan. Bahkan beberapa waktu lalu saya selalu rajin menambahkan sebuah kalimat khusus di setiap akhir tulisan yg bertujuan utk mempermudah dan menggiring pengunjung untuk berkomentar.

    Terima kasih tipsnya mbak.

  4. wah di blogku ada capcaynya klo mo comment, pantesan sekarang sepi2 aje yg comment, tp capcay itu dr blogdetiknya sih.

    btw, thx tipsnya mba πŸ™‚

    1. Hampir sama sih sebenernya, Rief. Kalo dihitung total pageview bulanan (yang bisa puluhan ribu sampai ratusan ribu) dibandingkan jumlah komentar yang hanya ratusan per bulan, jumlahnya memang kecil sekali.

      Ada banyak pembaca yang memang hobinya membaca. Terutama mereka yang bukan blogger. Toh, buat apa mereka komentar, wong blog mereka nggak punya, padahal di form komentar ada kolom isian blog. Mereka berpikir yang bukan blogger nggak bisa komentar, atau masih banyak kemungkinan alasan lain.

      Atau, teman blogger lain yang cuma “ngintip” apa yang kita tulis, tanpa berniat memberi komentar sekalipun sekedar basa basi.

      Ya, kalo saya sih alami saja, nggak usah terlalu dipaksa dan dipancing dengan berbagai macam trik hanya demi komentar. Toh, jumlah komentar juga tak selalu berbading lurus dengan kualitas blog kita. Setuju?

  5. komentar cukup menguntungkan untuk menambah backlink baik dofollow maupun nofollow, toh ada saja yang penasaran klik link komentator. hanya saja untuk berkomentar sebaiknya meninggalkan jejak yang baik tidak sekedar say “hello”
    iklan baris selesai posting sedia xamthone jus kulit manggis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge