Membaca Google Analytics Secara Real Time

Cara Membaca Google Analytics Realtime
Klik gambar kalo mau lihat lebih detail.

Belakangan ini saya lagi lumayan sering membuka Google Analytics. Yap, memang buat melihat satu postingan yang saya garis bawahi merah di gambar di atas. Pembaca datang ke tulisan yang saya ikutkan lomba tersebut secara organik (dari mesin pencari). Sayangnya, saya nggak tahu kata kunci apa yang digunakan buat datang ke tulisan ini, karena not provided (tandanya mereka googling sambil sign in di akun gmail mereka).

Saya seneng sama Analytics, karena bisa membaca secara real time. Jadi pas lagi selo, bisa mantengin kinerja blog saya. Setiap kali ada orang datang, kita langsung tahu beberapa saat setelahnya. Yuk, mari saya kasih tunjuk apa saja yang bisa dibaca dari Analytics secara real time ini.

Cara Membaca Google Analytics
Klik gambar kalo mau lihat lebih detail.

ย 1. Waktu Nyata

Buat membukanya, ya pastilah buka Google Analytics masing-masing ya. Pilih Real Time atau Waktu Nyata seperti yang terlihat pada lingkaran nomer 1 gambar di atas. Lalu lintas pembaca blog kita akan terpampang nyata.

2. Jumlah Pengguna Yang Aktif

Dari gambar di atas, di lingkaran yang nomer 2 bisa terlihat, saat saya membuka Google Analytics tersebut, sedang ada 6 orang yang membaca blog saya. Angka tersebut akan naik turun secara real time, naik begitu ada yang datang, dan turun begitu ada yang meninggalkan blog kita. Keren, kan?

3. Laman Aktif Teratas

Lingkaran gambar nomer 3 di atas, bisa terlihat, dari jumlah 6 pembaca yang aktif di blog saya, pada postingan berjudul apakah mereka berada? Tanda / berarti sedang ada di Home. 5 pembaca lainnya berada di 5 judul yang berbeda seperti tertera di bawahnya.

4. Kata Kunci Teratas

Apa keyword yang diketikkan di Google dan membawa mereka datang ke blog? Nah, semua itu bisa dibaca di bagian yang saya beri tanda panah nomer 4. Sayangnya, tidak semua data ditampilkan oleh Analytics. Jika pengunjung blog mengetikkan keyword saat mereka aktif log in di akun Gmail mereka, kata kunci tersebut akan muncul sebagai not provided.

5. Tayangan Laman Per Detik

Tanda panah yang nomer 5 di gambar di atas, menunjukkan waktu lamanya pengunjung berada di blog kita. Bagusnya sih kalau nggak ada yang di bawah 15 detik trus kabur ya. Lebih bagus lagi kalau bertahan di atas 2 menit baru kabur dan atau pindah membuka halaman yang lain lagi.

Gimana? Seru, kan memperhatikan kinerja blog yang kita memiliki memakai Google Analytics secara real time? Tertarik buat ‘membaca‘ kinerja blog kita? Yuk, buka Analytics masing-masing. ๐Ÿ˜‰

38 thoughts on “Membaca Google Analytics Secara Real Time

  1. aku lumayan sering buka mbak,soalnya masih penasaran sama catatan mak isnu yang di KEB itu. Q masih belajar dan penasaran gmn caranya ganti nama blog lama ke blog sekarang..hehehe
    makasih ya mak ilmunya,jadi lebih tahu,kadang bingung juga,ini maksudnya apa itu maksudnya apa padahal dah baca banyak tulisan ttg ini hehehe….

  2. bermanfaat sekali ilmunya mak..pernah nyoba sekali…tetapi dah lama nggak coba lagi sampai lupa caranya. Next, sangat perlu dicoba untuk melihat kinerja blog dan postingan kita memberikan manfaat bagi pembaca…makasih mak Isnu informasinya ๐Ÿ™‚

    1. Waaa, banyak banget manfaatnya, Mas. Kalau sudah tahu blogpost yang rame dikunjungin, itu kan menandakan banyak yang butuh informasi tentang postingan itu, dan posisinya bagus di hasil pencarian Google.

      Kita bisa pelajari, kenapa Google menempatkan artikel kita di halaman utama? Kata kunci apa saja yang dipakai oleh pengguna untuk menuju ke halaman itu, dan seterusnya.

      Kalau kita masih punya bahan atau sudut lain untuk menulis artikel serupa, kenapa tidak kita tulis yang sejenis?

      Pokoknya banyak deh manfaatnya kalau buat saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge