Membangun Kepercayaan Blogger

We believe we could build a better search. We had a simple idea, that not all pages are created equal. Some are more important. [Sergey Brin, Co Founder Google]

Google memberikan ‘nilai’ terhadap setiap halaman blog yang Anda buat. Yang selama ini kita ketahui dengan nama Page Rank.

Tidak setiap halaman dibuat setara. Beberapa diantaranya lebih penting daripada yang lainnya.

Bagaimana Google bisa mengetahuinya?

Hal yang paling simple adalah: link, link dan link.

Orang akan memberikan respond yang berbeda terhadap halaman yang dianggap penting oleh mereka. Orang akan nyaman berada di halaman yang penting. Orang akan melink kepada halaman yang dianggap penting. Orang akan lebih sering berkunjung lagi ke halaman yang dianggap penting. Makin banyak lagi orang yang memberikan link ke halaman yang penting.

Dan Google menggunakan seluruh informasi tersebut untuk memberikan nilai mereka. Jika orang menganggap halaman tersebut penting, Google akan berpikir hal yang sama.

Bagaimana caranya agar bisa memperoleh perhatian dari orang supaya mereka menganggap halaman blog kita penting sehingga memberikan link pada kita?

Jawabannya, kita harus memperhatikan seluruh aspek dari blog kita. Yang paling utama, kita harus menyediakan tulisan yang sarat dengan informasi yang paling dibutuhkan orang.

To rank well, build a site so fantastic that it makes you an authority in your niche. [Matt Cutts, Head of Google Web Spam Team]

1. Tunjukkan keahlian Anda dalam menulis. Selalu ingat prinsip: Apa yang orang katakan tentang Anda lebih penting daripada apa yang Anda sendiri katakan tentang diri Anda.

2. Menjadi berbeda dengan orang lain. Kita bisa mendapatkan perhatian orang jika berbeda dari ‘kebanyakan’ orang. Dengan menempatkan posisi kita berbeda dengan orang lain, unik , mejadikan kita mudah diingat. Dapat dimulai dari hal-hal yang kecil seperti pemilihan nama yang mudah diingat, gravatar yang berbeda, theme blog dan lain sebagainya.

3. Konsentrasi untuk selalu memberikan nilai tambah pada orang lain. Konsep ‘mendidik’, menulis artikel ‘How To’, gaya menulis informatif, biasanya menarik lebih banyak lagi orang untuk melink kepada Anda.

4. Berteman dengan orang-orang yang berpengaruh dalam ngeblog. Jalinan pertemanan membuat mereka bisa ikut membantu mempromosikan diri Anda. Kita semua suka ‘mencari detail’ dari ‘temannya teman’, bukan?

5. Belajar SEO selalu berguna. Ketidaktahuan tentang hal-hal kecil [seperti misalnya penggunaan DASH dan UNDERSCORE dalam URL berbeda artinya], mungkin akan berpengaruh pada ranking Anda di Google. Saya menyarankan Anda membaca langsung blognya Matt Cutts.

Sudahkah Anda merasa blogger lain menaruh kepercayaan terhadap blog Anda? Apa alasannya?

—————————————————————
Posting Terkait:
1. Struktur URL Bagus Dalam SEO: Seperti apa sih struktur URL yang bagus dalam SEO?
2. Mengenal Objek Wisata di Pandeglang, Banten: Apa saja objek wisata di Pandeglang yang Anda tahu?
3. Komentar Spam: Berapa banyak komentar Spam yang Anda dapatkan, dan bagaimana mengatasinya?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

10 thoughts on “Membangun Kepercayaan Blogger”

  1. Sedikit banyak aku temukan jawabannya disini, kenapa wpku dulu kok PRnya anjlok dr 3 ke 0 dan gak naik2 lg. Salam kenal Mbak……
    .-= masnur´s selesai [nulis] ..Ngabuburit Nyoookkk….. =-.

    Lha, kok bisa ya? Jualan link di review nggak? PakDhe Cholik juga pernah tuh, tiba-tiba amblas PRnya.

  2. Salam Takzim
    Kalau saya boleh berpendapat blog yang didalamnya terdapat informasi menarik, unik dan inovatif, masih kalah cepat dibanding blog yang dirilis untuk kegiatan komunitas dan atau sekolah, karena pecinta-pecinta komunitas dan atau civitas lebih cendrung mengisi informasi didalamnya, disamping itu tulisannya adalah best ide karena muncul dari masing-masing pengurus sehingga mbah google lebih menyukainya.
    Maap ini hanya pendapat bukan untuk lebih tau, karena tak ada salahnya kita berbagi.
    Salam Takzim Batavusqu
    .-= batavusqu´s selesai [nulis] ..Perkawinan Adat Masyarakat Sakai di Provinsi Riau =-.

    Betul Mas, best idea ➡ itulah yang disarankan Google, buatlah tulisan yang bermanfaat. 😛

  3. Sekali ke blognya Mbak Isnu, sekali lagi mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat. Meskipun selama ini saya tidak pernah paham dengan PR maupun alasan-alasan dari mbah Google dalam memberikan PR tetapi sedikit banyak artikel ini menambah pemahaman.
    Walaupun sejujurnya; tetap tidak mudah untuk membaca jalan pikiran mbah Google.
    .-= alamendah´s selesai [nulis] ..Anggrek Hartinah Anggrek Tien Soeharto =-.

    Ini juga hasil jalan-jalan saya ke beberapa blog yang saya pelajari kok.

  4. Betapa banyaknya ilmu yang harus kita sedo di blog ya mbak dan ternyata banyak juga penggali ilmu itu yang menularkannya lewat bog sehingga kita nggak usah payah2 mencarinya.

    Saya tidak tahu apakah orang percaya kepada blogku. namun ada banyak muka2 baru yang saya sendiri tak tahu darimana mereka tahu soal blog saya. Apakah mereka tahu dari temannya yang tahu soal saya.

    Salam hangat dari Surabaya

    Mereka tahu dari komentar yang PakDhe tinggalkan di blog lain berarti… 😳

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge