Membuat Blog Tampil Di Facebook

Blog, Facebook

Kemarin, salah satu teman di Facebook bertanya: “Mbak, gimana caranya membuat blog tampil di Facebook?” Saya terus terang sudah lama menyinkronkan blog dengan Facebook, jauh lebih lama sebelum blog saya hilang semua isinya. Sudah agak-agak lupa bagaimana cara membuatnya.

Tapi, sedikit terbantu dengan datangnya buku dari PakDhe Cholik yang berjudul Kolaborasi Dahsyat Blog dan Facebook. Setelah saya baca, ternyata ada salah satu bagian yang menerangkan membuat blog tampil di Facebook. Jadi saya berani nulis ini, padahal kemarin sudah menjawab: Cari aja di Google. Hmmm, bener-bener blogger yang nggak patut dicontoh, ada yang membutuhkan bantuan, jawabannya malah nyuruh cari sendiri. πŸ˜‰

Untuk menampilkan atau mengsinkronkan blog dengan Facebook yang kita miliki, setidaknya ada dua cara utama yang bisa kita terapkan. Mungkin ada cara lain lagi yang belum saya ketahui, jika ada yang tahu, silahkan berbagi di kolom komentar. Dua cara yang saya tahu adalah dengan bergabung di NETWORKEDBLOGS dan MENGIMPOR BLOG DI CATATAN FACEBOOK.

Memang menyenangkan jika kita bisa memanfaatkan facebook untuk menampilkan semua tulisan kita di Blog. Kita bisa mendapatkan lebih banyak pembaca, dan bahkan justru lebih luas karena jumlah teman kita di Facebook biasanya jauh berlipat lebih banyak daripada jumlah blogroll yang kita miliki. (Ada yang punya blogroll sampai 1.000 nama?)

1. Networkedblogs.

Untuk bisa menggunakannya, cari di bagian aplikasi. Atau Anda bisa mengetikkannya di kolom pencarian. Bergabunglah di sana. Hampir semua blogger yang memiliki akun Facebook menggunakan aplikasi ini.

Setelah bergabung, editlah halaman PROFILnya. Add your blog ditekan, isi dengan alamat blog Anda. Untuk menverifikasi kepemilikan, ada dua cara: Ask Friend To Verify You dan Use Widget. Pilih salah satu yang Anda anggap mudah.

Jika sudah terferifikasi, Anda bisa menampilkan Networkedblog ke dalam profil Anda. Seperti di halaman Facebook saya, di sebelah kiri bawah akan muncul widget Networkedblogs dari blog saya.

Jika ingin menampilkan semua tulisan secara otomatis, Anda harus merubah FEED SETTINGS. Klik (centang) di bagian Auto-publish to personal profile.

2. Catatan.

Catatan di Facebook bisa Anda manfaatkan untuk mengimpor feed blog Anda dan menampilkannya secara otomatis di Facebook.

Pilih IMPOR BLOG dan masukkan URL blog Anda. Yap, semudah itu! Dan setiap kali update, secara otomatis tulisan Anda akan muncul di facebook.

Maaf ya, jika penjelasannya memusingkan dan tanpa gambar yang jelas. Saya pikir pengguna Facebook sudah sangat paham bagaimana mengakses aplikasi aplikasi yang ada. Klak klik sendiri buat mencobanya ya. Gudlak!

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

35 thoughts on “Membuat Blog Tampil Di Facebook”

  1. Yeah, good post! Aku juga mensetting automatic update di twitter dan dari twitter ia diteruskan ke Facebook
    .-= David selesai posting Bekasi flood β€” thousand homes inundated =-.

  2. mba mao kalo bisa untuk mengimpor artikel blog ke catatan lebih detil jelasinnya..coz mba cuma tulis klik/centang impor blog,lah itu ada dibagian mana?

    1. Buka aplikasi Catatan. Kalo nggak tahu caranya, ketik aja CATATAN di kolom pencarian.

      Setelah terbuka halaman Catatan, lihat disebelah kanan atas. Ada tombol TULIS CATATAN BARU, dibawahnya ada PENGATURAN CATATAN.

      Klik: UBAH PENGATURAN IMPOR. Masukkan alamat BLOG. Selesai.

      Boleh ditanya lagi kalo belon jelas ya… πŸ˜›

  3. cara mudah menampilkan posting-postingan blog di facebook ialah menggunakan aplikasi facebook bernama mirror blog. cara memasangnya pun mudah sekali. try it, Yoi!!

  4. kalo saya pribadi, daripada mengimpor semua isi blog ke notes di fb, mendingan copas sebagian isi postingan ke notes, dan kasih link semacam “read more” yang ngelink ke blog kita.. supaya blog dapat trafik juga, dan notes di fb juga terisi πŸ˜€
    .-= jimmy selesai posting Kebersihan dan Iman =-.

    1. Sumpah, Ko. Baru kepikiran juga. Memang kalo pengen nambah hits ke blog, ya seperti itu caranya.

      Tapi nggak papalah, mereka baca di Facebook. Adakalanya pembaca baru kan penasaran dengan blog kita. Kalo yang sudah terbiasa datang, bolehlah mereka sesekali baca via Facebook. Kan nggak selamanya mereka juga pengen blogwalking, heheh…
      .-= isnuansa selesai posting Membuat Blog Tampil Di Facebook =-.

  5. Kalau dengan domain pribadi dan mesin blog wordpress, plugin wordbook masih difavoritkan untuk menggabungkan blog dengan facebook πŸ™‚
    .-= Cahya selesai posting Terjemahan Blog Salah Kaprah? =-.

  6. Kalo pengen lebih dari satu blog sebenarnya sangat bisa sekali. WP punya plugin gratis dan bagus banget untuk itu, namanya Wordbooker, (kalo kata mas Cahyo Wordbook, tapi ini lain lagi, lebih super, menurut saya). Kita bisa koneksikan ke Facebook, jadi setiap kita posting, otomatis akan tampil di FB, bahkan kalo ada yang ngasih komentar dibawah linknya, bisa di-fetch dan muncul diblog kita juga. Kalo di Twitter udah dikoneksikan juga, maka munculnya akan 2-4 kali di Twitter dan FB, keren kan?! hehehe
    .-= Abu Faris selesai posting Health Impact For Passive Smokers =-.

  7. saya mo tanya gimana cara merubah header wordpress. sy tida memakai theme wordpress yg ada headernya. tp bisa diakali ga biar theme wordpress yg tidak menyediakan header bisa jadi ada headernya?
    makasih…

  8. Mba, kalau munculnya di halaman fb bukan di dinding fb kita sendiri itu cara membuat nya gmana ya…?

    Sebelumnya makash atas info nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge