Membuat Tulisan Menarik Bagi Pembaca

Sebagai seorang blogger, Anda sangat beruntung jika menemukan seseorang yang mau membaca tulisan Anda. Mengapa? Ada jutaan pilihan lain dalam tulisan blog. Kenapa mereka memilih tulisan Anda?

Mereka memilih tulisan Anda karena Anda menulisnya dengan baik. Tulisan Anda layak untuk dibaca orang lain. Jika tulisan Anda buruk, awalnya mungkin tetap saja dibaca oleh satu dua orang, tetapi percayalah, lambat laun akan ditinggalkan.

Menulis merupakan seni untuk mempengaruhi orang lain. Agar mereka tertarik untuk membacanya. Agar bersedia meluangkan waktu untuk mengetahui ide dan pendapat yang kita miliki.

Beberapa hal dapat kita lakukan sebagai upaya agar tulisan kita menarik bagi pembaca. Tentu dimulai dengan hal-hal kecil dan terkesan sepele, tetapi merupakan bagian penting dan tak terpisahkan sebagai cara membuat pembaca merasa tertarik dengan tulisan Anda.

Gunakan kalimat pendek.

Saya sering merasa kesulitan jika harus membaca kalimat yang sangat panjang. Memang Anda boleh saja menambahkan beberapa tanda koma sekaligus dalam satu kalimat, tetapi hal itu akan membuat kalimat Anda menjadi sangat panjang.

Kalimat pendek dapat Anda hasilkan dengan hanya memberikan satu point saja setiap kalimat. Jangan merangkaikan banyak point ke dalam satu kalimat yang sambung menyambung. Belum lagi jika Anda jarang melakukan pemenggalan tulisan menjadi beberapa paragraf yang lebih singkat.

Tulisan yang terlalu panjang kalimat dan paragrafnya, membuat orang lain kesulitan membaca. Dan lagi membuat mata lebih cepat lelah. Buat pembaca Anda nyaman membaca tulisan Anda dengan menuliskannya dalam kalimat-kalimat pendek dan paragraf-paragraf pendek.

Bahasa sehari-hari lebih mudah dimengerti.

Saya lebih memilih untuk menggunakan frasa ‘bahasa sehari-hari’ dari pada memakai ejaan yang terlalu kaku. Bahasa sehari-hari bukan berarti harus memakai lo gue seperti yang biasa saya lakukan terhadap seorang teman. Pilihan saya memang menggunakan saya dan Anda agar lebih sopan.

Yang pasti, Anda harus menggunakan bahasa yang akan dimengerti oleh calon pembaca Anda. Beberapa kalimat saya memang masih menggunakan bahasa daerah, dimana sebenarnya seharusnya dihindari, karena tidak semua orang tahu dengan artinya.

Untuk apa orang membaca tulisan Anda, jika mereka tidak mengerti dengan apa yang Anda maksudkan? Hal ini juga berarti sebisa mungkin Anda harus menghindari kata-kata dan istilah yang dimengerti oleh orang yang berkecimpung dalam bidang tertentu saja. Jika terpaksa, jelaskan artinya dibawah postingan semua istilah-istilah khusus di dalam tulisan Anda.

Pembaca yang kebingungan dengan makna tulisan Anda, sangat berpotensi untuk tidak kembali lagi [selamanya] ke blog Anda.

Bagaimana cara Anda menarik hati pembaca blog Anda?

——————————————————–

Tulisan lain yang perlu Anda baca:

23 thoughts on “Membuat Tulisan Menarik Bagi Pembaca

  1. memang tulisan yang lengkap, singkat dan ringkas akan lebih menyenangkan dan tentunya sangat dirindukan 😀
    .-= suryaden´s selesai [nulis] ..Advanced Desktop Visual Effects pada Ubuntu untuk newbie =-.

    Hmm, jadi rindu seseorang… :mrgreen:

  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Kayak tulisan ini, ya?. Di baca sebentar aja langsung tau maksudnya. Terima kasih atas tipsnya menulis. Saya juga pengen membuat tulisan yang memudahkan para “fast reader” tetapi gak terlalu mengecawakan orang2 yang emang membutuhkan / mencari topik tersebut
    .-= alamendah´s selesai [nulis] ..Burung Maleo Si Langka Anti Poligami =-.

    Tulisan Mas juga mudah dipahami kok, karena gambarnya menarik dan dipisahkan dengan heading dan paragraf yang teratur. 😉

  3. bagusnya sih kaLo nuLis kaLimatnya pendek dan mudah dipahami.. jangan kaya Mario Teguh.. 😀
    Lalu perhatikan apa yang terjadi…
    .-= Hari Mulya´s selesai [nulis] ..Reset Password WordPress dengan phpMyAdmin =-.

    Saya nggak ngikutin Mario, padahal acaranya ada di televisi ya tiap Minggu…

  4. Betul banget mbak Is yang cantik… tapi saya masih tetap aja belum benar – benar menemukan BENTUK yang sesungguhnya dari ‘tulisan’ seperti apa yang ingin saya share dengan kawan – kawan disini 🙂
    .-= Rizal´s selesai [nulis] ..Kenapa PRIA begitu bodoh? =-.

    Tenang, Mas. Memang perlu waktu. Saya saja 4 tahun ngeblog, baru merasakan bener-bener nulis selama 4 bulan terakhir ini. Dan beberapa kali ganti ‘konsep’.

  5. tips yg sangat berguna…
    tulisan gw dah memenuhi kriteria yg disebutin diatas belum ya???
    sebenarnnya untuk masalah bahasa yg digunakan harus disesuaikan denga target siapa yg kita inginkan untuk membacanya…
    bukan begitu? 😀
    .-= yosbeda´s selesai [nulis] ..yang gue tulis ini udah bener belum? =-.

    Disesuaikan dengan target, bisa benar. Tetapi penggunaan bahasa yang formal, menjadikan sebuah website tidak lekang oleh waktu. *cieh bahasanya*

    Sebagai contoh: Wikipedia. Mereka menggunakan pendekatan bahasa yang masih relevan dibaca saat ini, 2 tahun lagi, bahkan 20 tahun yang akan datang.

    Berbeda dengan “bahasa gaul” yang tiba-tiba dalam hitungan beberapa saat sudah berganti dan berubah dengan cepat. Tulisan kita hari ini, akan terasa JADUL dibaca beberapa saat lagi. Bukan begitu?

    Tapi, ya nggak masalah jika pemilik blog pada akhirnya berkata: “Who’s care?”

  6. bundo berusaha perbaiki ejaan, penggunaan titik yang terlalu banyak juga. perlu usaha keras dan berulang kali nyontek kesini 😀

    Jangan gitu ah, Bundo. Saya juga masih sering kebanyakan titik, terutama kalo lagi bales komentar.

  7. “Bagaimana cara Anda menarik hati pembaca blog Anda?”

    Kalo pembaca sudah selesai membaca artikel wempi, sebelum keluar wempi kasih uang dulu, minimal Rp. 5000 per orang, kadang kaos. Kayak politikus, supaya ada orang yang datang panas-panas ke lapangan dengerin beliau berkampanye.

    kembali ke tujuan awal wempi ngeblog yaitu buang-buang uang dan buang-buang waktu. 😀

    😆 Mana uangnya? *Nagih setelah tadi membaca artikel Wempi*

  8. kalo saya… nulis sesuai dengan feel yg ada. kadang dengan bahasa formal kadang pake bahasa yg suka suka.. hehe..

    tergantung gimana pikiran n perasaan mengalir semaunya…
    kadang pake kalimat yg panjang… kadang cuman 1 kata.. intinya gimana pesan yg ada nyampe ke pembaca

    kira2 gitu seh

    Lanjutkan 😆

  9. Bukan pekerjaan mudah itu Mbak, perlu belajar dan belajar terutama yang dulu nilai bahasa indonesianya jeblok, hehe…..

    Tapi blog saya dari awal memang saya orientasikan untuk penggunaan bahasa Indonesia sesuai EYD meskipun dalam perjalanannya nggak EYD banget.

    Saya juga nggak EYD banget kan? 😉 Banyaknya emoticon juga nunjukin sedikit kekurang profesionalan…

  10. 1. Saya sepakat dengan ide-ide mbak Nunik, termasuk kerapian tulisan juga, setahu saya yang lebih rapi adalah yang justify mbak (awamologi). Tapi itu juga subjektif.
    2. Untuk penggunaan EYD/bahasa pasaran, saya lebih condong ke bahasa pasaran/harian, karena itu saya yakin lebih menarik pembaca dan tidak kaku. Kalo EYD banget entar dikiranya menyaingi koran/majalah resmi mbak 😆
    3. Tulisan yang panjang itu diperlukan hanya jika kita membuat sebuah tutorial, lebih jelas lebih baik, lebih panjang lebih disukai orang. Kalo hanya tulisan ngalor ngidul kayak tempatku sih mendingan maksimal 3 alenia saya anggap sudah nggak akan ada yang membacanya mbak.
    4. Bagi blogger yang pernah menempuh pendidikan di PT dan telah membuat TA semacam skripsi, saya yakin tentang format/gaya penulisan akan jauh berbeda dengan yang belum pernah mengerjakan TA mbak. Sbg contoh, buku hadiahnya dari pakdhe Cholik yang dikarang Adam Pahlevi, seorang anak SMA penataan bahasanya masih kurang bagus, padahal dia menulis sebuah tutorial, namun terkadang formatnya kayak menulis sebuah cerita.
    5. Kerapian, baik/buruknya kita dalam menulis di blog akan terbiasakan dengan semakin biasanya kita mengapdet blog mbak.
    6. Mohon mangap jika komengnya pendek sekali (kurang panjang) 😆 ^O^karena bidang tulis menulis adalah hobiku sejak SD mbak 😀
    .-= Wandi thok´s selesai [nulis] ..Si Bu Kil Yang Cantik =-.

    😆 *Nanti dicoba justify*

  11. saya malah sedang belajar bagaimana caranya orang yang membaca tulisan saya itu membaca sampai tuntas, tidak setengah jalan trus komen. Terasa ngak nyambung antara komen dan tulisan. Saya belajar di sini boleh yaa … 🙄
    .-= mandor tempe´s selesai [nulis] ..5S =-.

    Kalo soal itu, sedikit banyak sikap kita juga berpengaruh.

    Bagaimana kita mentoleransi OOT, jika mereka OOT [baca sedikit langsung komentar] dibiarkan, maka akan merajalela. Cukup tanggapi komentar OOT seadanya, mungkin akan sedikit meminimalisir komentar OOT yang ada. Itu aja sih, yang saya tahu…

  12. dengan membaca tips dari anda misalnya, seseorang pembaca, apalagi pemula seperti saya akan berusaha menulis dan menyusun redaksi agar lebih baik. tentu bagi yang mau belajar. tulisan saya masuk dalam kategori yang layak untuk ditinggakan–mungkin. tapi saya rasa tidak tepat bila menvonis seseorang yang dulu cara menulisnya jelek, kedepan tidak akan lebih baik. bagi yang mau belajar saya yakin–tulisan akan lebih layak untuk di baca. salam,

    Ya, Mas Badruz, semoga kita semua lebih baik lagi dalam menulis. Saya sendiri masih buanyak kesalahan di sana sani. Termasuk penulisan kata “buanyak” yang disengaja bertambah huruf “u” untuk menekankan. 😆

  13. Satu lagi, info yang banyak di cari pembaca…
    .-= MasWienNews.com´s selesai [nulis] ..Manfaat Blogwalking =-.

    Iya, bener Mas Wien…

  14. Waah, kalau ini sih pernah saya posting juga sebelumnya: Mari Menulis Kalimat Pendek
    .-= David´s selesai [nulis] ..Maxima Pictures Membatalkan Maria ‘Miyabi’ Ozawa ke Indonesia =-.

    Nanti saya ke sana deh… Hampir semua postingan saya sudah pernah ada yang nulis sebelumnya. Mungkin 99%nya. Yang 1% lagi, tema pribadi. 😆

  15. Penjelasan yang detail lagi dari Mbak… Terima kasih Mbak… masih banyak yang perlu dibenahi lagi… terutama bagaimana membuat tulisan agar lebih dimengerti oleh pembaca dan pengunjung…
    .-= Desain Lansekap´s selesai [nulis] ..Pemilihan Pot untuk Tanaman Indoor =-.

  16. Saya kadang masih terpancing menggunakan kalimat panjang. kalimat panjang memang membingungkan kok.Tapi kependeken juga kurag sip, jadi ya sedang2 saja. Dua baris dikasih titik dah mantaf.
    Salam hangat dari Surabaya.

  17. saya setuju 100% ama tulisan ini, hehe, saya juga berusaha menggunakan cara yg sama 🙂
    .-= wira´s selesai [nulis] ..10 Cara Mengatasi Hiatus Pada Blog =-.

    Asyik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge