Mengatur Anggaran Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Tulisan ini kiriman Guest Blogger, Jurnal Keuangan. Teman-teman juga bisa menulis untuk blog ini sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Membuat suatu anggaran keuangan yang terbaik dan bijaksana merupakan suatu keharusan pada jaman ini. Hal itu untuk mengatur segala pemasukan dan pengeluaran uang agar tercipta stabilitas finansial yang sehat. Tentu semua orang menginginkan bisa melaksanakan segala keputusan anggaran dengan displin, namun pada kenyataannya masih saja sering mengabaikannya. Ada beberapa penyebab yang mendasari seseorang memotong jalur dengan menggunakan uang tidak sesuai dengan perencanaan anggaran yang telah dibuatnya.

Pengeluaran yang lebih tinggi dibandingkan penghasilan otomatis akan menghasilkan hutang dengan nominal yang bervariasi tergantung penggunaan. Sebenarnya hutang bisa menjadi baik jika digunakan pada hal-hal yang dibutuhkan dan juga menguntungkan seperti investasi. Namun sebaiknya timbulnya hutang juga masuk dalam perencanaan anggaran agar semuanya terkontrol sesuai dengan kekuatan ekonomi masing-masing individu.

Motivasi menjadi bagian penting untuk mendorong seseorang untuk membuat anggaran, karena tidak akan tercipta suatu perencanaan yang matang jika tidak mempunyai dorongan untuk mengelola uang atau aset kekayaan dengan baik. Kekayaan yang dimiliki oleh masing-masing individu secara umum didapatkan dari selisih dengan nilai positif terhadap pendapatan dan pengeluaran. Oleh karena itu jika anda menginginkan ada suatu peningkatan aset kekayaan dalam bentuk uang maupun benda harus bisa memanajemen keuangan agar mendapatkan selisih lebih dari sisa uang.

Emosi merupakan salah satu faktor yang sering membuat orang terjerumus dalam penggunaan uang yang tidak terkontrol. Mungkin anda pernah mendengar bahwa sesorang harus pintar dalam mengelola kekayaan, namun bagi saya untuk melakukan itu tidak harus pintar. Yang paling penting adalah disiplin dan bijaksana dalam menggunakan uang agar mendapatkan banyak manfaat lebih dibandingkan kerugian.

Pengaruh lingkungan sekitarnya juga menjadi faktor lain yang bisa membuat seseorang bisa goyah dan lepas kontrol sehingga menggunakan uang yang dimilikinya untuk sesuatu yang tidak diperlukan. Tekanan sosial pada setiap kehidupan orang sangat perlu diantisipasi agar tidak menjadikan anda terseret pada arus yang cenderung menjadikan sebagai manusia konsumtif.

Pengaruh dari orang terdekatpun dalam lingkup keluarga kadang juga membuat banyak masalah yang bersumber pada persoalan keuangan. Nah, jika kebetulan anda sedang mengalami masalah ini maka yang diperlukan adalah kebijakan dan keputusan yang tepat agar masa depan tidak menjadi suram hanya karena mudah terpengaruh.

Tiga hal diatas tersebut yang harus menjadi perhatian dan pemahaman bagi setiap individu dalam usaha mengatur anggaran keuangan untuk kebutuhan hidup. Tidak ada yang bisa menjadikan segala sesuatunya menjadi baik kecuali dari diri individu itu sendiri. Oleh karena itu ingatlah bahwa apa yang telah didapatkan dan dikeluarkan merupakan refleksi dari hidup seseorang tentang kecerdasan dalam mengelola kekayaan untuk kehidupan saat ini dan masa depan.

One thought on “Mengatur Anggaran Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge