Menghasilkan Uang Dari Blog Ternyata Tidak Semudah Yang Saya Bayangkan

Guest BloggerPerkenalkan nama saya Lutfi Setiyono asal saya dari Wonosobo, Jawa Tengah, mungkin banyak juga yang tidak tahu daerah tempat saya tinggal, teman-teman bisa lihat di browser ditemani mbah google.

Saya mau berbagi cerita tentang aktifitas blog saya yang baru saja beberapa bulan ini.

Berawal dari keinginan saya belajar ngeblog untuk menghasilkan uang, seperti cerita teman teman blogger yang sudah sukses sekarang, mulailah saya browsing-browsing di internet untuk mencari tahu seperti apa proses ngeblog yang menghasilkan uang berjuta juta dollar tersebut.

Setelah beberapa kali membuka dan membaca beberapa blog yang membahas tentang “menghasilkan uang dari blog” ternyata tidak semudah yang saya bayangkan, butuh proses dan kerja keras untuk mendapatkan itu semua.

Selama proses browsing saya, saya tersangkut pada sebuah blog yang membahas internet marketing yaitu panduanim dot com milik Mas Darmawan, di situ saya banyak sekali mendapatkan ilmu tentang dunia online, saya sangat terinspirasi dengan blog ini.

Di dalam panduanim dot com saya sangat tertarik dengan cara belajar copy writing yang dikupas tuntas di blog itu, saya membaca artikel itu sampai berhari-hari karena saya ingin sekali menguasai skill copy writing itu.

Setelah saya banyak membaca dari blog itu saya terpikir untuk bisa punya blog sendiri, awalnya saya mencoba membuat blog dari blogspot.com milik Google tapi saya rasa kurang cocok dengan handphone Android yang saya punya, karena memang saya belum punya laptop, hehe…

Masih dengan handphone Android kesayangan saya, tanpa pikir panjang lagi saya langsung membeli domain dan webhosting dari internet, setelah proses selesai dan diberikan akun cpanel dari penyedia jasa webhosting tadi saya langsung mencoba membuka akun cpanel dan mencoba menginstall CMS wordpress untuk menunjang aktifitas blogging saya.

Ternyata susah juga menggunakan wordpress dari android, untuk pengeditan artikel juga agak lemot ditambah lagi sinyal tempat saya yang kurang mendukung untuk aktifitas blogging saya.

Tapi karena memang saya belum bisa untuk membeli laptop terpaksa saya tetap menggunakan Android untuk ngeblog, di dalam blog saya ini saya mencoba menawarkan sebuah jasa copywriting, tapi alhasil memang belum laku dan belum banyak pengunjung di blog saya karena masih kurangnya ilmu saya dalam dunia blog dan copywriting ini.

Yang pertama saya inginkan adalah untuk bisa membuat blog saya berada di halaman depan hasil pencarian dari Google, tapi lagi-lagi tidak semudah yang dipikirkan juga, harus punya backlink yang berkualitas.

Saya pun cari info lagi lewat internet bagaimana caranya mendapatkan backlink yang berkualitas, di situ dituliskan ada sebuah cara untuk mendapatkan backlink yaitu dengan cara menulis sebagai Guest Blog, saya pun mencari lagi blog yang memberikan guest blog ini hingga akhirnya saya ketemu dengan blog isnuansa.com dan saya mencoba membuat artikel pengalaman saya ini siapa tahu dapat backlink yang berkualitas dari isnuansa.com (sambil usaha, hehehe…).

Itu saja sedikit pengalaman saya tentang ngeblog saya yang masih sangat baru baru ini dan hanya memang hanya saya lakukan dari handphone Android kesayangan saya ini, sesekali mengunjungi warnet terdekat untuk ngeblog.

Artikel ini ditulis oleh Lutfi Setiyono, yang menulis di Nyongcopywriter.

53 thoughts on “Menghasilkan Uang Dari Blog Ternyata Tidak Semudah Yang Saya Bayangkan

  1. menghasilkan uang dari blog ternyata susah juga saya alami. emz, kalo bukan karena tuntutan hidup, rasanya enggan jadi seorang blogger.

    1. ha ha ha?…
      sama gan saya dulu juga berfikir bahwa keliatannya mudah mencai uang di internet tu?..
      akan tetapi setelah terjun sendiri dan sekarang ngalami gimana rasanya mengelola sebuah blog dan gimana rasanya promosi jadi tau bahwa jika kita tulus dalam berkarya pasti nanti suatu saat pengunjung akan datang. dan pembaca yang pintar akan tau mana yang musti ia baca dan mana yang musti ia abaikan

    2. di awal sy terjun di dunia blogging di era 2008-2013 cari duit 3jt – 5jt /bln cukup mudah tapi ketika 2015 – sekarang itu sangat sulit dilakukan.
      Jadi saat ini Blogger NEWBIE harus merubah ORIENTASI nge-blog sebagai HOBBY dan bukan cari DUIT..!
      Persaingan dan teknologi informasi ( algoritma google ) memperketat segala macam aturan termasuk adsense mereka… jadi lebih baik merubah mainset blogging dari DUIT ke HOBBY…. walau nanti toh mengarah ke EARNING juga

  2. Wah.. Emang bener sih kalo yang dikejar uang rasanya bakal lama banget.. Semua butuh proses.. Entah akhirnya kapan..

  3. semuanya butuh proses dan waktu yang enggak sedikit..intinya saat kessabaran dan kekonsistenan kita belum di uji maka kita belum layak disebut blogger sejati..

  4. keren banget artikelnya…

    menghasilkan uang dari blog memang rada-rada sulit gitu. oleh karena itu, gue mau berusaha konsisten dengan rajin ngupdate blog.. hehehe.. semakin banyak post, maka peluang mendapat visitor juga lebih besar…. heheheheh…

  5. yap emang betul ;D saya kira penghasilan dari blog itu mudah 😀 klo tiap begadang pasti selalu ngebayangin dapet gaji yang gede dari blog 😀
    percuma kalo no action 😀
    intinya ada usaha pasti ada hasil 😀

  6. Salam Mas Bro

    Hahaha, perjalanan panjang ya.

    Ketika pertama kali akhirnya memutuskan membeli domain. Juga ga pikir panjang.
    Langsung beli aja dan ikuti proses.
    Meski memang ga sepenuhnya bener.

    Mauliate
    Terimakasih

  7. Saya sudah ngeblog bertahun-tahun lalu, dan sampai sekarangpun belum pernah gajian dari GA. Tapi saya pernah dapet uang dari ngeblog karena ikut lomba blog competition. Sebenarnya, untuk mendapatkan uang dari Blog itu tidak melulu soal adsense. Kalau yang dikejar hanya adsense ya susah, bakal memakan waktu lama dan menguras tenaga serta pikiran. Cobalah thinking outside of the box. Melalui blog kita juga memasarkan produk2 tertentu ataupun menjual skill kita, mungkin hasilnya malah lebih stabil dibandingkan Google Adsense.
    Tatang Tox selesai posting Book Review: Best of Singapura

  8. Hal yang kak Lutfi ceritakan di atas juga saya alami sewaktu awak ngeblog dahulu kak, awalnya saya juga menginginkan untuk sukses di dunia blogging dengan metode monetizing AdSense, hanya saja apa yang kita baca memang terlihat mudah akan tetapi actionlah yang terbesar.
    Hingga 2 tahun lebih sejak saya ngeblog sampe sekarang belum bisa menghasilkan dari AdSense, tapi, alhamdulillah bisa mendapatkan penghasilan dari peluang usaha lain, seperti jasa penulis artikel dan jual blog yang telah saya build berbulan – bulan.
    Selama kita berusaha, pasti rezeki akan datang walau terkadang tak seperti yang kita rencanakan 😀

    Salam kenal bang (y)

  9. Sama saja dunia nyata atau pun dunia online, sama sama sulit kalau urusan mencari uang. Cuma bedanya, dunia online jangkauannya lebih besar, bahkan jika kita menjual barang maka target pasar kita lebih jauh. Di dunia online kita dituntut untuk lebih jeli melihat peluang dan terus berinovasi.

  10. Iya, ternyata tidak semudah itu yah menadapatkan rejeki di internet, internet memang sangat luas sih, tetapi mungkin mesti ada unique selling point-nya dan mudah dikenal banyak orang..

    Kalau bisa jangan hanya online, offlinenya juga jalan, Contohnya seperti mas Raditya Dika, dia kan memang lucu blognya, selain itu dia juga aktif untuk membuat buku dan sangat aktif di kegiatan kegiatan serupa, seperti stand up comedi dll, tentunya masyarakat menjadi mengenal beliau. Tidak berhenti sampai situ, beliau juga membuat film dibioskop yang diangkat dari kisah dibukunya. Jadi siapa coba yang tidak mengenal beliau? Tidak hanya menulis blog, tetapi beliau juga jago dalam memarketingkan diri beliau sebagai comedian yang baik di Indonesia.

  11. tidak ada yang sulit, saya juga jika ingin mendapatkan uang pasti melalui pengunjung blog seperti menjual ebook, menjual template atau menerima jasa menulis artikel serta jasa membuat blog

  12. emang gak mudah mas, butuh kerja keras
    ibarat berkebun, beberapa tahun kedepan baru tau hasil panennya.
    jadi blog itu usaha jangka panjang. bagi yang gak sabar dan tekun pasti nyerah.

  13. Bisnis offline dengan online memang sangat berbeda. tidak semua orang paham akan dunia online, hanya kalangan tertentu saja, namun jika pandai dalam promosi maka bisnis online bissa menjanjikan. Contohnya saya sendiri membuat website unmetered.co.id yang menyediakan untuk keperluan bisnis online dan alhamdulillah ada saja rezekinya. Semoga sukses all…

  14. Sebenarnya sama aja cari uang offline atau online/via blogging. Apapun bentuknya blogging yang mau kita lakukan, baik berbayar atau gratis tetap aja ujung ujungnya adalah ketekunan dan fokus. Saya sih masih baru. Memang tidak mudah, tapi juga tidak sulit. Yang pasti jangan ngarep Google adsense aja, masih banyak sumber lainnya. Jual ebook, nulis, jual blog juga bisa,mungkin join affiliate atau yang lain juga bisa. Just thinking outof the box. Cheers, semangat ngeblog ya.
    sarah selesai posting Cara mencuci muka dengan air kelapa untuk kecantikan

  15. Seandainya kita memang memimpikan untuk sukses dengan blog yg kita bangun… maka jadikanlah itu spirit&motivasi,,, dikala disergap lelah dan putus asa.. yakinlah..bahwa diujung sana.. sang nasib sukses tengah menunggu kedatangan kita.. dengan gilang gemilang…amiinn

  16. di awal sy terjun di dunia blogging di era 2008-2013 cari duit 3jt – 5jt /bln cukup mudah tapi ketika 2015 – sekarang itu sangat sulit dilakukan.
    Jadi saat ini Blogger NEWBIE harus merubah ORIENTASI nge-blog sebagai HOBBY dan bukan cari DUIT..!
    Persaingan dan teknologi informasi ( algoritma google ) memperketat segala macam aturan termasuk adsense mereka… jadi lebih baik merubah mainset blogging dari DUIT ke HOBBY…. walau nanti toh mengarah ke EARNING juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge