6 Tips untuk Meningkatkan Traffic Website dari Search Engine dalam Waktu Singkat

Meningkatkan traffic dalam website termasuk gampang-gampang sulit. Gampang jika kamu tahu cara untuk meningkatkannya dan sulit bagi kamu yang belum tahu cara untuk meningkatkannya. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara untuk meningkatkan traffic, kamu perlu banyak membaca mengenai cara meningkatkannya.

Nah, artikel ini akan membahas mengenai teknik SEO dalam 60 menit untuk meningkatkan traffic. Apa, hanya butuh 60 menit? Pasti ini blackhat. Tenang, cara ini termasuk whitehat kok. Bagi kamu yang penasaran dengan tekniknya. Yuk, simak satu persatu dan langsung terapkan dalam website kamu agar traffic-nya meroket tajam.

1. Ubah Teks di Website Orang Lain Menjadi Backlink

Banyak orang yang melakukan backlink dengan cara komentar di blog, guest book, sosial bookmark, direktori dan sejenisnya. Namun, backlink dengan cara seperti itu sudah tidak lagi memberikan pengaruh yang besar pada peringkat artikel di mesin pencari. Lalu, backlink yang seperti apa yang sangat berpengaruh pada peringkat di mesin pencari?

Saat ini, cara yang cukup bagus untuk membuat backlink adalah dengan menanam link di website atau blog orang lain yang memiliki reputasi bagus. Pertanyaannya adalah apakah adalah website atau blog yang memperbolehkan link ditanam di artikel orang lain. Tentu saja sangat banyak website atau blog yang mempersilahkan orang lain untuk meletakkan link di artikel website orang lain. Biasanya, mereka menawarkan untuk mengisi artikel di websitenya dengan artikel yang relevan, sebagai timbal- baliknya, kamu dipersilahkan untuk menanam backlink di artikel tersebut.

2. Jumlah Kata

Pada umumnya, orang akan menulis artikel di website/blognya hanya 300-500 kata. Padahal, jumlah itu sangat kurang dan belum bisa mendongkrak artikel untuk bisa masuk ke halaman satu di mesin pencari. Oleh karena itu, perbanyaklah jumlah kata agar artikel kamu lebih mudah masuk dalam halaman satu di mesin pencari.

3. Ubah Judul Konten Agar Mengundang Klik

Judul yang menarik akan meningkatkan keinginan orang untuk mengklik artikel tersebut. Selain itu, semakin banyak artikel yang diklik atau dikunjungi, semakin mudah untuk meningkatkan peringkat artikel di mesin pencari. Jadi, buatlah judul semenarik mungkin, namun tentu harus tetap mewakili isi yang ada di artikel.

4. Tambahkan LSI

Apa itu LSI? LSI adalah Latent Semantic Indexing. Semua mesin pencari saat ini memanfaatkan sistem LSI untuk bisa memahami arti dari suatu kata dalam artikel. Caranya dengan membaca kata-kata yang mengelilinginya.

Selain mesin pencari, kamu juga bisa memanfaatkan sistem LSI ini untuk dua hal, yaitu meningkatkan relevansi artikel terhadap kata kunci. Semakin relevan maka peringkat akan semakin baik. Dan, menambah kemungkinan artikel untuk ter-rangking dalam kata kunci LSI lain.

Cara yang mudah untuk menemukan kata kunci LSI adalah dari mesin pencari itu sendiri. Coba saja perhatikan gambar di atas. Terdapat beberapa kata kunci LSI. Jika sudah mendapatkan kata kunci LSI, edit artikel kamu dan tambahkan kata-kata yang dicetak tebal pada artikel kamu. Letakkan di awal, tengah dan akhir artikel. Buatlah senatural mungkin agar artikelnya tetap enak dibaca.

5. Buat Aset yang Bisa Mengundang Backlink untuk Konten

Nah, teknik yang satu ini sangat dianjurkan bagi kamu untuk meningkatkan traffic. Jika artikel kamu biasa-biasa saja, mungkin pengunjungnya banyak tapi tidak sebanyak jika artikel kamu bisa menjadi aset. Maksudnya bagaimana?

Jadikan artikel kamu sebagai rujukan orang yang benar-benar membutuhkan data sesuai dengan artikel kamu. Misalnya saja, kamu menulis tentang peningkatan dan penurunan rupiah terhadap dollar selama tahun 2015, buatlah artikel yang disertai dengan grafik agar artikel kamu semakin menarik dan grafik tersebut tentu sangat bermanfaat bagi para pembaca. Kemungkinan besar, grafik yang kamu buat tentang peningkatan dan penurunan rupiah terhadap dollar akan menjadi rujukan bagi para pembaca. Itulah yang dinamakan aset artikel.

Nah, dari artikel yang dijadikan rujukan oleh banyak orang, sebagian orang akan meletakkan backlink secara sukarela di website/blognya masing-masing tanpa kita minta.

6. Dapatkan Traffik dan Link Ekstra dari Situs Komunitas

SEO dulu dengan SEO sekarang sudah sangat jauh berbeda. SEO dulu, membuat website, optimasi SEO, mendapatkan pringkat bagus, baru mendapatkan traffic yang banyak. Namun, SEO sekarang membuat website, membuat konten yang bagus, mensosialisasikan ke situs komunitas, mendapatkan traffic, baru posisi di mesin pencari bagus.

Dilihat dari penjabaran tersebut, bisa dikatakan SEO sekarang harus aktif dalam mempromosikan websitenya untuk mendapatkan traffic dan posisi di mesin pencari bagus. Oleh karena itu, jangan diamkan saja artikel yang sudah dibuat, segera promosikan melalui komunitas-komunitas yang relavan dengan artikel kamu.

Penulis: Zamroni Kaharudin, juga merupakan penulis di satujam

42 thoughts on “6 Tips untuk Meningkatkan Traffic Website dari Search Engine dalam Waktu Singkat

  1. Bener tuh, SEO sekarang harus sering-sering dipromosikan artikelnya.
    Terimakasih sist telah disediakan tempat untuk Guest posting 🙂

  2. Semuanya mengalami perubahan, demikian juga kebijakan mbah terkait SEO ini ya. Terimakasih sudah berbagi 🙂

  3. maaf nih mau tanya .. banyak orang di sana yang bilang “ilmu SEO itu berbeda beda ” itu Bagaimana gan
    Terimakasih

  4. saya rata-rata jika ingin menembak keyword memakai LSI “Latent Simantic Indexing”
    karena dengan cara tersebut akan mendapatkan jumlah klik yang lumayan dan juga harus di dukung oleh artikel yang relevan.

    untuk panjang artikel memang diperlukan agar terlihat konten tersebut kaya akan keyword, tapi bukan panjang semaunya melainkan panjang yang teratur

    kalau bisa sebulan sekali dalam postingan tersebut di bumbui oleh ide kreatif membuat artikel yang berisikan dialog

  5. Bener itu mas.
    Saya juga udah membuat konten yang sejenis dengan itu di blog saya.
    Karena cara-cara itu memang mantab jika dilakoni dengan benar, tekun, konsisten, dan sabar. 🙂
    Thanks for share mas! Semangat.

  6. Karena masih pemula ilmu Traffic & SEO memang bikin mumet. Dulu nggak juga paham .. Eh, sekarang udah berubah lagi tekniknya.

    “Ah, mending nggak usah dulu mikirin itu., sekarang fokus nulis aja!”

  7. Kita juga perlu berhati-hati juga.., traffic tinggi jika tidak ditunjang dengan dengan hosting unlimited bisa jadi overload…, pilih hosting unlimited salah satu strategi dalam menunjang traffic tinggi dalam sebuah website. Kami juga menyediakan hosting unlimited.., silahkan datang ke unmetered.co.id jika memang butuh akses unlimited dengan harga termurah,cukup Rp 5000/bulan.., dijamin gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge