Menulis Online Atau Ofline?

Sejak saya memutuskan untuk menulis tentang blogging, saya tidak lagi menulis secara online. Semua tulisan saya dikerjakan secara ofline.

Dulu, saya lebih sering mengetikkannya langsung sambil online, meskipun kadangkala saya menulis curhatan secara ofline di handphone. Saya buka blog, dan tulisan langsung mengalir lancar menjadi sebuah postingan.

Ya, karena tulisan hanya berupa curhatan, apa yang ada di kepala dengan mudah bisa langsung dituangkan ke dalam bentuk tulisan.

Kini, tidak bisa lagi menulis sambil online. Banyak sekali bahan bacaan yang musti dipelajari sebelum menghasilkan satu tulisan. Sangat melelahkan. Puluhan judul tulisan dan berbagai artikel dalam bahasa Inggris perlu saya baca terlebih dahulu sebagai bahan referensi tulisan.

Kadangkala, sudah sangat lama dan berpuluh halaman dihabiskan, tidak satupun yang bisa ditulis menjadi sebuah postingan. Jika sudah begitu, biasanya saya malah istirahat sama sekali.

Sumber bacaan saya sebagian dalam bentuk soft copy, sebagian lagi sengaja saya print supaya mata tidak lelah menatap layar komputer terus menerus selama satu hari non stop.

Tumpukan hard copy saya buanyak sekali hingga satu box plastik besar, dan bisa saya baca ulang jika sudah tidak memiliki bahan tulisan lagi. Baca online sana sini sudah mentok, tumpukan lama pun saya bongkar ulang.

Menulis secara online sangat mudah dilakukan jika berupa curhatan. Paling lama hanya memerlukan 30 menit untuk tulisan yang agak panjang, dan bahkan hanya 10 sampai 15 menitan jika tulisan pendek.

Konsentrasi dalam jangka waktu pendek seperti itu tidak akan mengganggu waktu online saya. Membaca email masuk, membuka facebook, membaca bloglines dan lain sebagianya bisa dilakukan setelah itu.

Untuk tulisan blogging, saat ini saya memerlukan minimal satu jam untuk menulisnya. Dan jarang sekali satu kali duduk jadi. Satu minggu lagi bahkan bisa baru benar-benar selesai. Memang membuat judulnya mudah, sekali duduk bisa sampai 5 ide tulisan muncul, tapi menyelesaikannya memerlukan proses.

Jika proses menulis dicampuradukkan dengan waktu online, malah nggak bisa konsentrasi sama sekali. Jadi saya online hanya betul-betul untuk mengupload tulisan, blogwalking sebentar dan mencari referensi, selebihnya saya habiskan untuk membaca dan menulis secara ofline.

Bagaimana kebiasaan menulis Anda? Apakah Anda menulis secara online?

—————————————————————
Posting Terkait:
1. Etika Menulis: Anda tentu bebas menulis apa saja. Toh, blog itu milik Anda. Tapi, apa iya?
2. 7 Hal ‘Keterlaluan’ Dalam Menulis Blog: Setiap blogger pasti ingin blognya memiliki trafik tinggi. Tetapi jangan sampai tujuan tersebut membuat Anda masuk daftar blogger ‘keterlaluan’!
3. Mengenal Objek Wisata di Pandeglang, Banten: Apa saja objek wisata di Pandeglang yang Anda tahu?
4. Personal Blog: Seperti apa sih personal blog itu?

15 thoughts on “Menulis Online Atau Ofline?

  1. Saya sependapat dengan mbak Nunik, jika tulisan hanya berupa curhat umumnya akan lancar mengalir, tetapi jika tulisan berupa how to, butuh referansi yang lebih banyak. Sehingga buat saya yang berlangganan dengan sistim kuota, akan rugi. Tulis offline dulu baru diposting. Itupun kadang ngadat juga. Kenapa ? Koneksi internet drop. Duh…. 😈
    .-= Indo Hijau´s selesai [nulis] ..APAKAH INI PERLU DIFIKIRKAN ? =-.

    Hahaha, gue banget tuh 😉

  2. saya kalau waktu nulisnya juga offline mas.

    kecuali nulis komentar blog
    xixixi

    Nama saya mirip laki-laki ya? 😆

  3. wah kalau saya sekarang udah ada internet di rumah ya online terus nulisnya hehehe 🙂
    .-= made gelgel´s selesai [nulis] ..Gila! Masuk sandbox lagi! =-.

    Mantep deh!

  4. Lah … op-len sik Nun. Kita mudik dulu … urusan ngeblog hbs lebaran.
    Tak tunggu di warung kidul … jgn tidur ntar kebablasen … mudhun Ndok-gantungan

    Seko Bendogantungan lewat warung kidul arep nyang Solo po? Mudhun tasiun ae, mlaku rong menit tekan omahku 😉

  5. Assalaamu ‘Alaikum
    Selamat Pagi !!!
    Pagi ini Abifasya menyapa sahabat dengan penuh kerinduan,
    Mari sambut hari senin ini dengan penuh keceriaan dan harapan untuk senantiasa mendapatkan Ridla Allah, awali langkah kita saat hendak barangkat kerja dengan “Bismillah”, semoga Allah menjadikan langkah-langkah kita sebagai amal shaleh.
    Dan jangan pernah berkata : “Aku Benci Hari Senin”
    Salam Ramadlan penuh Berkah. 😆
    .-= abifasya´s selesai [nulis] ..Bercumbu dengan Allah, menjemput Lailatul Qadar =-.

    Amin.

  6. Beberapa hal khususnya yang bersifat spiritual merupakan kajian dan pengalaman pribadi selama bertahun- tahun sebelum menulis di blog, namun untuk yang bersifat curhat atau humor langsung saja..
    Salam hangat dan damai selalu..

    Sayangnya saya nggak bisa ngelucu…

  7. 9,5 dari 10 postingan saya online mbak.Kelamaan kalau harus mindah-mindah.Referensi kadang saya buat copy di file kompi. Selebihnya online semua. Salam hangat dari Surabaya.

    PakDhe kan jagoannya online 😉

  8. Wah, belum seprofesional Mbaq Nunik… 100% saya menulis sambil onlen… :mrgreen:
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..4 Alasan Atasan Meminta Lebih | Era Karyawan Dituntut Serba Bisa =-.

    Lhooo, jadi yang lebih profesional sebenarnya siapa nih, kalo nulis sambil online bisa konsentrasi, berarti malah Mas Cas dong…

  9. Hi hi,, ternyata sedemikian detil dan repotnya ya.. iya sih yg bernafas tutor emang gak sembarang ya.. Ayo tulis yg banyak, aku tinggal ambil isinya ha ha ha ha…

    Yang nulis susah, yang baca gampang ya? Apalagi yang komentar OOT, hahahaha…

  10. Saya lebih suka menulisa secara online langsung …..labih enak az. Soalnya gak biasa offline seh

    Kalo saya bisa onlen terus sepuasnya ya mungkin bakalan nulis sambil onlen juga sih.

  11. Dua-duanya sangat suka, Saya mengucapkan, mohon maaf lahir dan bathin, selamat hari raya idul fitri 1430 Hijriah, 2 minggu saya mudik ke kampung halaman tercinta, ^_^…V terima kasih sobat miss you
    .-= D3pd´s selesai [nulis] ..Delapannya D3pd… =-.

    Semoga selamat sampe tujuan ya Mas mudiknya. Maaf lahir batin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge