Mupeng Punya Toko Online Dan Bekerja Dari Rumah

Sebagai emak-emak baru, kerjaan saya emang lebih banyak ngubek-ngubek toko online daripada buka blog sendiri. Jadi, kalau ada yang kangen sama saya karena nggak pernah ngeblog lagi, ya memang wajar. :mrgreen:

Nah, setelah pekerjaan kebiasaan baru saya lihat-lihat toko online [dan beberapa teman blogger seperti Rahma dan Niee juga akhirnya memiliki toko] saya kok juga jadi mupeng pengen kerja di rumah saja sambil ngeblog ngekep dedek Diana bisa dapat uang. Tapi belum ada keberanian sampai sekarang buat memulainya.. Masih ada ketakutan, nanti kalau asep dapur nggak ngepul gimana?

Buat langkah awal, saya kirimi deh tuh beberapa orang [banyak sih] penjual baju anak di toko online pertanyaan-pertanyaan yang terlintas di kepala. Dari beberapa orang itu, semuanya sibuk dan hanya ada satu orang yang meluangkan waktunya. Terima kasih Mbak Kiki yang sudah mau berbagi dengan saya. Dan saya mau bagi lagi hasil wawancara ini dengan pembaca blog saya, siapa tahu ada juga yang tertarik memiliki toko online seperti saya ini.

Yuks, kita mulai aja wawancaranya. Simak ya:

Sejak kapan memulai bisnis berjualan pakaian anak melalui internet?
Baru mau setahun.

Kenapa memilih menjual produk pakaian anak, bukan yang lain?
Karena biasanya orangtua royal dalam belanja baju buat anak dan juga anak2 cepat sekali tumbuh kembangnya sehingga sering ganti baju ke ukuran yang lebih besar.

Bagaimana pertama kali memulai bisnis ini? Bisa diceritakan step-stepnya?
Awalnya saya ingin bekerja di rumah sambil ngurus anak, terus terpikir untuk berjualan online. Awalnya masih bingung jualan apa, sempat jual sabun herbal, tas wanita tapi karena dulu saya belum ngerti optimasi jadi sepi. Ada tetangga nawarin baju anak dari sebuah vendor, saya lihat bajunya bagus2, ya udah akhirnya terjun jualan baju anak.

Dari mana barang tersebut didapat? Apakah hanya menjual barang yang diproduksi sendiri, atau menjual barang produksi orang lain?
Jual barang produksi orang lain, saya dapat barang dari vendor2 pakaian yang ada di daerah saya.

Apakah Anda juga mempunyai toko offline?
Tidak.

Bagaimana pemasarannya di internet? Apa saja yang dilakukan supaya tokonya laris?
Pasang iklan di forum2, situs2 belanja.

Apakah Anda menerapkan SEO? Atau menggunakan adword?
Pakai SEO, tapi ilmu SEO saya masih terseok-seok.

Apakah pernah juga mengikuti pameran offline?
Belum pernah.

Kalau boleh tahu, berapa omzet dalam satu bulan, dan rata-rata keuntungan yang didapat?
Masih sedikit, tapi alhamdulillah sudah lebih dari gaji saya dulu.

Apakah penghasilan dari membuka toko online sudah bisa memenuhi kebutuhan keluarga? Ataukah masih harus bekerja juga secara offline dan toko online hanyalah sampingan?
Sekarang saya full jualan online. Alhamdulillah.

Apa saja masalah dan kendala yang dihadapi dalam berjualan baju anak secara online?
Masalah pengiriman barang. Pengiriman barang dari kami sudah tepat waktu, tapi dari pihak kurir kadang lambat atau ada masalah teknis seperti barang tertukar. Pelanggan kadang kurang mengerti, meski kami bantu komplain ke kurir tapi seolah-olah tetap kami yang salah.

Sudah puaskah dengan bisnis Anda sekarang ini, ataukah masih ada harapan lain lagi dalam membesarkan bisnis ke depan?
Harapan saya ke depan bisa punya brand baju anak sendiri. Ingin lebih profesional dalam mengelola toko online.

Media apa saja yang Anda gunakan dalam menjalankan bisnis? Apakah blog, toko online, Facebook, Facebook Page, Twitter, Kaskus, atau yang lain? Mana yang paling efektif bagi Anda?
Blog, facebook page, kaskus, tapi yang paling efektif pakai blog.

~~~

Tuuuh, kannn…

Dari penuturan Mbak Kiki, belom ada setahun menjalankan bisnis aja, sudah bisa melampaui penghasilan sebelumnya saat bekerja. Kalau jualan online sudah jalan kan bisa dikerjain sambil ngekepin anak di rumah, nggak perlu macet-macetan dan tua di jalan.

Makin mupeng aja nih saya. Ada teman yang punya pengalaman lain menjalankan toko online? Pengen juga mendengarkan pengalaman dari yang gagal. *sodorin mic*

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

46 thoughts on “Mupeng Punya Toko Online Dan Bekerja Dari Rumah”

  1. Waaahhh.. aku disebut.. asyiiikkk.. 😀

    karena aku baru banget di sini, belum sampe dua bulan juga jadi masih cari cari cara yg baik juga mbak untuk pemasarannya. sekaramg masih full menggunakan FB. tapi ingin membuat blog juga khsusu jualan ini dan sempet juga pasang iklan di FBnya. ternyata pasang iklan di FB itu berpengaruh banget loh sama pengunjung. walaupun kurang berpengaruh sama pembelian seh menurut aku.

    Ya mudah2an aja aku tetep semangat dengan bisnis ini. maklum mbak. masih sampingan. kerja kantoran emang berpengaruh besar dalam ketidakkonsentrasian aku mengelola bisnis ini.

    Kalau sekarang aku masih tunduk sama perusahaan di tanggerang yg menyuply barang aku. jadi aku sistemnya terima beres aja. gak pake modal. hihihi. pengennya kedepan punya vendor khas kalbar gt untuk aku jualin dan seterusnya malahan punya barang sendiri untuk dijual. ya dikit2 lah 🙂

  2. Eh nambah lagi dikit mbak tapi OOT.

    GA aku tinggal 6 hari lagi loh mbak nunik. berharap bangrt mbak, mas gie dan dedek diana dapet ‘hadir’ dan memeriahkan pesta aku 🙂

  3. hani merintis bisnis online sejak 2008, membuat desain kerudung sendiri, habis itu pernakpernik kerudung tapi karena dagangnya melalui fb dan banyak yang mulai buka lapak di sana akhirnya tidak dilanjutkan tapi keinginan buat buka toko online masih ada, lalu tahun lalu mulai mencoba memasarkan makanan khas pontianak, ternyata laku juga sekarang masih berkutat di makanan khas dari sini dipasarkan ke seluruh Indonesia 🙂
    honeylizious selesai posting Wajibkah Punya Lipstik Lebih dari Satu Warna?

  4. Saya setuju dengan nee di atas tuh.. FB ama twitter memang ningkatin pengunjung tapi soal booking deal hanya Tuhan yang tahu. By the way bersyukur aja untuk beberapa chase, masyarakat udah mulai percaya dengan online shop

  5. Dulu saya jualan macam2, mulai pulsa, tas batik, kosmetik dll. Promosi cuma lelaui blog dan milis (di hari jualan). Sampai saat ini yang masih jalan bisnis pulsa, ga jalan sih krn saya ga jualan lagi, tinggal terima bonus2 aja tiap hari. Lagi mikir mau buka toko online buat jualan bibi2 bunga karena ditempatku sini bunga-bunga banyak sekali macamnya :).
    Nella selesai posting Horrreeee

  6. Kalo aku jelas jualan vector. Dulu 2008 masih dikit banget yg jualan jasa vector kayak saya. Kalopun ada, itu luar negeri sana dan hasilnya menurutku kurang sip. Alhamdulillaah dari ketelatenan, lumayan buat bisa beli makan sepuasnya kalo laper dan bisa buat liburan ke mana aja kalo pingin liburan.. hahaha…
    ndop selesai posting Melihat Pameran Sharaku di Galeri Semarang

  7. orang2 dikantor saya pun sekarang ketagihan belanja online mbak..termasuk saya…
    apalagi ketemu toko online yg hasilnya memuaskan,,.,,wah setiap barang baru nggak tahan mau beli heheh dasar cew..
    kalau mbak emg mau buka toko online saya dukung mbak,.,,,mudh2n sukses 😉
    izzawa selesai posting Weekly Photo Challenge: Thankful

  8. Duuuh,aku juga pengen banget mbak,usaha onlenku maju.Selama ini tersendat di urusan promosi. Liat reportase ini,jadi pengen mulai bangkit lagi nih..
    Hayoo mbak,mulai aja…,semangaaat 😀

  9. *eh* malu-malu kucing

    aku termasuk yang gagal jualan online kali yaa ma’am..
    soalnya lebih banyak belanjanya daripada jualannyaa.. hahahaha

    lagian, akhirnya sering tergiur numpuk stok. karena misal vendor nawarin, dari pada reseller itu ambil hanya pas ada yang beli diskon cuma 10% mending nyetok, beli banyakan diskon banyakan.. gituu.. hiks!

    besok saya rapihin jualan lagi dehh.. mulai jualan lagii.. 😀
    ratutebu selesai posting Kopi, Kopi, Kopi!

  10. Sebenarnya bisnis jualan itu sangat mengasikkan, seru apalagi jualan online. Ya walaupun pasti ada suka duka tapi bisnis sendiri itu emang lebih memuaskan.

    Saya sendiri pernah buka toko kecil2an selama 4 bulan, hasilnya memang tidak seberapa tapi kepuasan yang didapat itu luar biasa 😀
    imadewira selesai posting Selamat Jalan Cecep

  11. Kalau saya online offline ada mbak. Saya tadinya offline dulu, lalu coba2 online di http://www.ladakahandicraft.blogspot.com/ . Stlh pede beli domain di http://www.ladakahandicraft.com/ . Skrg offline & online seimbang. Tapi offline tetep jalan karena utk menambah kepercayaan pelanggan online. Pameran jg bbrp kali ikut krn disitulah kita bisa dongkrak omset & nambah portofolio brand kita. Berhubung sy sering pindah ngikut suami, sekarang online-nya lebih sy tekuni lagi, spy dimanapun sy berada tetep bisa jualan 😀

  12. Zaman sekarang memang sudah tidak asing lagi yang namanya toko online terutama fashion. Kalau ibu-ibu bisa mengendalikan toko online tersebut maka keuntungan yang didapat sangatlah besar.

  13. Saluttt… bisnis online di Indonesia pasti maju, karena infrastruktur internetnya bakal makin dipermudah, jadi semua yang berbau online bakal di lirik cepat oleh orang-orang yang setia mencari informasi di Internet.

    Informasi yang disajikan juga makin lama makin bersaing, sebut saja kalau mau cek properti orang sudah bisa cari online.
    Informasi membuat kue semua sudah share resepnya, tapi tetap saja tangan emas yang membuatnya kudu tahu cara dan prosesnya.

    Semoga online business nya sukses ya….

  14. benar mbak seperti yang dikeluhkan saya sebagi penjual keripik buah, kita tepat waktu kurirnya yang kadang-kadang tdk tepat waktu. terima kasih atas dimuatnya wawancara ini saya jadi lebih semangat lagi untuk menjalankan bisnis online saya

  15. Saya pernah punya toko online mbak, tapi waktu itu saya belum berani untuk nyetok barang karena ada kendala di modal. Saya menjalankan jenis dropshiping gitu mbak, saya jadi reseller. Jadi saya tinggal promosiin tu barang, nanti kalo ada pesanan, saya tinggal menghubungi penyedia barangnya dan barang dikirim atas nama saya. Namun karena reseller dari si penyedia barang itu bukan cuma saya, dan barangnya juga terbatas, jadi saya sering mengalami kehabisan barang.

    Sampai beberapa waktu yang lalu, saya mengetahui banyak ibu-ibu sukses menjalankan bisnis lewat internet. Mereka bisa merawat anak, tetap stay di rumah, dan menjalankan bisnis (mendapatkan keuntungan saat ini) plus membangun aset untuk masa mendatang. Setelah beberapa waktu saya mempelajari model bisnisnya, akhirnya saya dan pacar saya memutuskan untuk ikut menjalankannya. Jika mbak tertarik, mbak bisa mampir ke blog saya, dan menghubungi saya. Untuk sekedar menyapa saya boleh, untuk sharing2 soal bisnis internet juga boleh. Terimakasih.

    Salam Sukses!
    Bisnis Online selesai posting Kegagalan Bukan Akhir Dari Segalanya

  16. menurutku faktor terpenting dari bisnis online adalah take action, kenapa demikian?
    banyak dari kita yang punya banyak ide dan diberkahi kelebihan berupa kecerdasan namun belum pernah mendapat profit dari bisnis di internet, penyebabnya adalah tidak segeranya melalkukan aksi dan terlalu bnyak pertimbangan panjang.
    Ayo take action, kalau masmas mbakmbak mau punya toko online seperti ini:
    tokobukutoefl.com
    saya bisa bantu buatin hanya 120ribu

  17. Amazing difficulties entirely, you may earned some sort of company logo brand new viewer. What is it possible you advise concerning your publish that you created a week previously? Almost any confident?

  18. Sukses mbak.
    Alhamdulillah dari penghasilan online saya pun melebihi gaji saya saat ini ,sebagai seorang staf perusahaan swasta.

  19. Hi sis numpang promo ya.
    Mari silakan mampir byk baju2 anak import dgn model yang cakep2 dan pastinya hrg terjangkau. Kami import sendiri lgs dr pabriknnya.
    Facebook: reasonshop

    Monggo mampir ya n jgn lupa diorder.
    Sms/wa 0813 8777 0888

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge