Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

5011368444 4b63d78a30 Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

Awalnya, pada saat mudik kemarin saya akan berwisata ke Kaliurang, tetapi setelah ke arah Tlogo Putri dan Menara Pandang kedua tempat wisata tersebut penuh sesak, sampai-sampai antrian parkir mobilnya nggak bisa ditoleransi, maka saya memutuskan belok ke Musium Gunung Marapi aja.

5011368432 06a21750e2 Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

Sebelum “nyasar” sampai ke sana, saya nggak pernah membayangkan Indonesia memiliki sebuah Musium Gunung Merapi, yang secara detail menggambarkan tetek bengek Gunung Berapi, baik di Indonesia maupun Gunung Berapi di Dunia.

Untuk bisa sampai ke lokasi Musium Gunung Merapi, kita bisa masuk melalui pintu gerbang utama Daerah Wisata Kaliurang. Ikuti saja petunjuk jalan yang ada, gampang kok. Tiket masuk yang harus dibayar di gerbang utama Kaliurang adalah Rp. 2.000,- per orang. Yang agak saya sayangkan (ini pengalaman pribadi) saat memasuki Musium Gunung Merapi, saya merasa “dipalak” dengan sistem pembayaran parkir yang hitungannya per orang, bukan per mobil! Untuk mobil yang berisi 8 orang, parkir yang harus dibayar adalah 8 x Rp. 2.000,-. Mungkin itu ulah oknum ya, bukan tarif resmi, jadi saran saya pihak Musium memperhatikan hal ini. Untuk masuk ke dalam Musium sendiri tiketnya Rp. 3.000,- per orang. Murah meriah.

5011368438 5e1e428606 Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

Begitu masuk musium, kita dapat menemui replika Gunung Merapi, dimana terdapat tombol-tombol yang bisa dipencet berdasarkan tahun meletusnya. Replika tersebut akan menyala merah pada bagian yang berbeda-beda sesuai dengan erupsi pada saat Gunung Merapi tersebut meletus. Tahun sekian lava mengarah ke daerah A, tahun sekian mengarah ke daerah B dan seterusnya.

5011368450 8d196631c6 Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

Segala informasi tentang Gunung Berapi ada di musium ini. Secara interaktif kita bisa memencet tombol-tombol yang memuat semua gunung berapi yang ada di dunia, dan otomatis peta di dinding akan menyala sesuai dengan tombol yang kita pencet. Jika menyala merah, artinya gunung berapi tersebut masih aktif dan sering meletus. Jika berwarna biru artinya gunung berapi tersebut sudah jarang meletus (cmiiw, agak-agak lupa), dan jika berwarna hijau artinya gunung merapi tersebut sudah tidak aktif lagi (cmiiw).

5010796101 1c4fe0a327 Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

5010796091 459e4cf3a6 Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

Berbagai bentuk gunung merapi di Indonesia, dan penampakannya ketika meletus, semuanya ada. Bahkan sampai dengan batu-batuan hasil letusan, benda-benda yang ditemukan setelah letusan seperti sepeda motor, peralatan memasak, dipajang dengan rapi. Dijelaskan juga secara rinci cara penyelamatan diri dari ancaman letusan gunung berapi. Citra satelit gunung merapi, foto mikroskopik sayatan batuan dan mitos-mitos yang menyelimuti gunung merapi juga dijelaskan secara rinci.

5010796097 a4bb4cf9a4 Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

Dari kunjungan ke Musium Gunung Merapi itulah saya baru mengetahui kalau tahun 1930, letusan gunung tersebut sempat memporakporandakan daerah asal usul saya. Dan terakhir, tak lupa dong ya, meskipun hanya sekali, foto narsis itu wajib hukumnya, hihihi. Kualitas foto nggak terlalu bagus, maklum hanya memakai hand phone dan penerangan tidak terlalu mendukung. *alasan*

5010796087 69afb0e9f6 Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

Cuma sebentar sih saya jalan-jalan ke Museumnya. Akhirnya yang lama malah di Malioboro, nyari batik, nongkrong sampai tengah malam di lesehan. Ayo, yang pernah punya pengalaman jalan ke Musium Gunung Merapi boleh juga cerita di sini.

22 comments on “Musium Gunung Merapi, Musium di Lereng Gunung

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Wah, saya malah baru tahu dari postingan Mbak Nunik ini. beberapa kali ke Yogya gak pernah ada yang ngasih tahu
    alamendah selesai posting Daftar Cagar Alam Indonesia di Maluku

  2. Wah.. masih oleh-oleh mudik nih…..
    harmon selesai posting Maaf

  3. walah keren jugambak

  4. Wah – wah.. menarik
    Tahun kemaren mau ke kaliurang hujan lebat :D

    btw, blognya makin cantik :D
    bangsaid selesai posting Perlukah Perang dengan Malaisya

  5. Salam Takzim
    Komplit artikelnya jadi ga perlu tergesa gesa menuju Kaliurang, Insya Allah sembari ngontel tak sambangi juga nih musiom. Makasih mba artikelnya menjadikan inspirat buat saya
    Salam Takzim Batavusqu
    batavusqu selesai posting Terkunci

  6. Baru tau nih ada musium gunung merapi, bagus ya musiumnya dilengkapi pula dengan dengan replika yang bisa menyala warna warni sesuai dengan keadaan gunung tersebut.
    Mood selesai posting Mimpi yang singgah

  7. Wah..saya malah baru tau mbak kalo ada musium gunung merapi :D
    Kayaknya banyak banget ya info yang bisa kita dapat soal gunung merapi :)

  8. Kangen pengen berkunjung ke museum lagi. Terakhir berkunjung ke museum purbakala Gilimanuk. Yang ini kayaknya masuk daftar kunjungan kalau ke pulau jawa.
    :)
    Tamba Budiarsana selesai posting Salah Orang Tak Kenal Maka Tak tahu

  9. Sudah lama juga ndak ke Kaliurang, tapi ndak pernah menjelajah juga sih….
    Cahya selesai posting Mobile Design dengan MobStac

  10. Di daerah Ketep Magelang juga ada sejenis museum kecil2an,…
    Fenomena Gunung Merapi memang dilema…
    Bagi orang luar daerah merupakan tempat wisata, padahal untuk masyarakat sekitar adalah bencana…
    marsudiyanto selesai posting Gagal Poligami

  11. saya belum pernah….
    jadi pengen kesana kalo dah sampe Jogja ahhh,,,,
    Debby selesai posting Secuil Kenangan di Bali

  12. Duh, komentar saya kok nggak muncul ya…
    marsudiyanto selesai posting Gagal Poligami

  13. Kaka Akin on said:

    Wah… dulu waktu ke Jogja, saya gak mampir kesana juga :(
    Kaka Akin selesai posting Menjilat Ludah Sendiri

  14. Wah keren mbak, kalau saya kejogja gak pernah ke kali urang, soalnya jauh mbak. trus jalannya nanjak juga. Tapi sekarang jadi tahu ternyata ada musium merapinya ya? jadi pengin kesana juga.

  15. Wuaahhhh ada juga yang upload keteb pass n kasih review…Enaknya kalo lagi cerah mbak…sambil makan jagung n lihat pemandangan sekelilingnya..

  16. Aku pernah ke sana. Bangunannya unik (sama seperti rata-rata museum di Jogja). Sayang belum semua fasilitas selesai. Aku juga iseng tanya ama pemandunya: “Itu alat masak (yang kesiram lahar dingin) diganti pake diut gak?”
    Jino Jiwan selesai posting Posisi Paling Pas Dalam Rongga Bus Tips Naik Bus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

19,646 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge