Ngeblog Itu Mudah

Ngeblog itu mudah. YA. Anda dapat memiliki sebuah blog dengan cepat. Bahkan jika Anda harus memulainya dari awalpun, sangat gampang membuat blog.

Ketikkan kata kunci “cara membuat blog” dan Anda akan dituntun untuk prosesnya. Tinggal pilih, mau di blogger, blogdetik, multiply, dagdigdug atau di wordpress. Jadi sudah.

Tinggal menulis saja. Mengisinya dengan tulisan kita. Menulis dan terus menulis. Cukup.

Wow, ternyata saya salah. Ngeblog tidak mudah. Saya meralat ucapan tadi.

Banyak tulisan sudah saya buat, tetapi kok hanya sedikit yang mau baca. Yang berkomentar apalagi, bisa dihitung dengan jari satu tangan. Page view rendah. Bounce rate tinggi. Pelanggan RSS belum ada. New visitor rendah. Return visitor jarang. Page rank nggak dapet dapet. Alexa puluhan juta. Di manakah letak kesalahannya?

Ya di persepsi tadi!

Saya menganggap ngeblog itu mudah, padahal tidak!

Saya memiliki kegiatan utama yang harus terlebih dahulu dikerjakan. Ada keluarga yang memerlukan kehadiran dan perhatian kita. Ada orang orang di sekeliling kita yang perlu bantuan. Ada blog yang harus dikembangkan. Semua menuntut waktu kita.

Manakah yang menjadi prioritas, tujuan ngeblog kita yang harus disesuaikan. Sampai saat ini saya kagum dengan bloger yang mampu memanage waktunya dengan baik sehingga semuanya berjalan lancar.

Untuk membuat ngeblog menjadi mudah, dan bukan sebagai beban, kita harus kembali kepada tujuan ngeblog itu sendiri.

Jangan hanya terpaku pada standar atau ukuran keberhasilan bloger lain. Mungkin memang satu dua ada bloger yang hebat di segala sisi. Tetapi fokus pada tujuan ngeblog akan membuat ngeblog menjadi sedikit lebih mudah. Jika targetnya hanya membuang racun pikiran, tak usah risau soal PR. Alexa apalagi.

Saya cukup senang dengan mampu memproduksi tulisan hampir setiap hari, dan hanya mendapatkan komentar di bawah 10 per tulisan, dengan harapan apa yang menjadi cita cita saya dua tiga tahun ke depan dapat terwujud.

Bagaimana dengan Anda, ngeblog itu mudah atau tidak?

PS: Jangan tanya cita cita saya.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

46 thoughts on “Ngeblog Itu Mudah”

  1. Membaca artikel ini saya tertarik berkomentar. Saya sedang mencari penyebab saya ingin komentar. Tulisan saya sepi komentar, mungkin karena isinya tidak memancing komentar. Bisa kasih saran ?
    .-= suarakelana´s selesai [nulis] ..Resep Awet Muda =-.

    Yang paling ampuh adalah bertanyalah!

    Sudah kebiasaan orang, untuk menjawab pertanyaan yang diajukan padanya. Jika Anda menanyakan sesuatu pada pembaca, besar kemungkinannya mereka akan menjawabnya. Dimana lagi jika bukan di kolom komentar yang telah disediakan.

    😛

  2. mudah dan menyenangkan, ngeblog buat hidup q semakin berwarna,ngeblog buat otak q semakin terasah dan feeling semakin tajam

    Sip deh, kalo gitu. Berarti, sudah nggak ada masalah dengan pengunjung yang banyak, komentar yang di dapat dan manfaat dari ngeblog itu sendiri. Mantap!

  3. Kalau saya sih pakai gratisan, oleh karenanya saya ‘ngeblog’ ya biasa saja, bukan mudah Mba 😆 , mungkin kalau ngeblog dengan tujuan yang serius gitu sampai menyita waktu dan perhatian, saya tak akan pakai yang gratisan. jadi, ngeblog ya biasa saja. kadang mudah, kadang sulit, kadang tak mudah dan tak sulit. 😆 namun demikian asas manfaat tentu menjadi pertimbangan pribadi, jadi tak begitu risau saya dengan blog gratisan. yang pakai blog berbayar saja banyak yang nggak serius. he.. yang penting bermanfaat.
    .-= Badruz´s selesai [nulis] ..Kyai Masjid Mengundurkan Diri =-.

    Kasih tipsnya dong, biar ngeblognya lancar terus…

  4. Jangankan ngeblog untuk mendapatkan ide berkomentar di blog sebelah kadang susah juga 😆
    .-= Wempi´s selesai [nulis] ..DIPO STAR FINANCE, PT =-.

    Hehehe, udah baca tapi nggak ngerti juga ya, makanya susah komentar? 😆

  5. Setiap kali kembali kesini, selalu ada yang baru, Ah betapa produktif. Saya kok jadi ngiri ya, maklum ngupdate blog setaun sekali. Saya pasti balik lagi kesini besok, Ohya, sahabat, kalau sempat mungkin bisa berkunjung ke blogsaya sekedar untuk Share Pengalaman dan Perjalanan atau memantau perkembanganTechnology, Gadget, Information and News Update

    Terimakasih, samapai jumpa besok
    .-= pengembarasejati´s selesai [nulis] ..Guava – Software Pulsa under Linux =-.

    Terimakasih, insya alloh mampir.

  6. Saya menikmati kegiatan ngeblog saya mbak, kayaknya kalo kita menikmati apa yang kita kerjakan semua jadi mudah. Kalo ngeblog saja sudah membuat kita susah buat apa diteruskan? There is no point on it.
    .-= tukangpoto´s selesai [nulis] ..Fotografi bukan mie instan =-.

    Kalo sudah sampai tahap ‘menikmati’, itu sudah lain cerita Mas, levelnya. Selamat! 😆

  7. Ngeblog, susah-susah gampang.
    Seperti halnya berteman, agar banyak temen yang berkunjung, kita juga harus bergaul dengan orang lain.

    Begitu juga di dunia blogger. Saya yakin rekan2 termasuk isnuansa, tidak asing dengan hal itu.

    Seperti halnya komentar dari rekan2 diatas, yang penting adalah konsisten memaintain blog kita.
    .-= adelay´s selesai [nulis] ..Social Media for Everyone =-.

    Ini kategori baru ya: susah-susah gampang. Padahal nggak ada pilihan itu dari pertanyaan saya.

    Yap, berarti ada kalanya gampang, tetapi, termasuk susah juga ya Mas?

  8. Waktu belum punya blog, pengin punya, meski masih kesulitan memenejnya mbak, namun giliran sudah punya dan orangnya kurang konsisten, ya akhirnya ngeblognya jadi sulit. Menurut temen2 kebanyakan. Jika kita fokus pada satu hal, maka akan menemukan jalan buntu sendiri untuk ngapdetnya mbak, dan sebaliknya. Namun kalo untuk mbak isnu dengan fokus malah lebih lancar menemukan ide, ya itulah kelebihan dari mbak Isnu. Lanjutken mbak…. 😆

    Siap komandan! 😆

  9. Kebanyakan bagi new blogger memang mengalami hal yang sama mbak. Bisa membuat blog, namun tidak pada konsisten mengisinya.
    .-= Wandi thok´s selesai [nulis] ..Ketika hape boleh di bawa ke sekolah =-.

    Yap, Anda benar Pak Guru. Saya kasih nilai 100. 😆

  10. Tapi ada memang yang menulis pun sulit, sehingga lebih menyukai microblogging seperti twitter 🙂

    Namun saya sependapat dengan Mbak Isnuansa, pada dasarnya nge-blog itu tidaklah sulit, asal mau sedikit usaha buat belajar di awalnya.
    .-= Cahya´s selesai [nulis] ..Panduan Memerangi Plagiat Blog =-.

    Microblogging lebih familiar buat orang Indonesia sepertinya. Soalnya selebriti barat lebih keekspos menggunakan twitter daripada ngeblog.

  11. wah, saya jadi malu nih sama Pak Guru Wandi. mungkin saya termasuk orang yang nggak konsisten, soale masih karepe dewek. sampai2 Mba Nunik mungkin menyesal ketika berkunjung, eeeh belum ada postingan terbaru.

    Saya sih, tergantung ada kesempatan Mas, blogwalkingnya. Kalo lagi ada waktu, dirapel, seharian jalan-jalan. Kalo lagi nggak ada, ya blog sendiri aja dibiarin terbengkelai. Santai aja, Mas.

  12. ada sebagian memang kehidupannya dari ngeblog. mungkin

    ada juga hanya sebatas ingin tau saja . ngeblog sebuah media pembiasan menulis dan berbagi ilmu dengan kawan2 lainnya

    Ya, memang kata ‘ngeblog’ sangat luas artinya, ada yang hanya sekedar saja dan ada yang benar-benar serius.

  13. Kalau hanya sekedar bikin blog rasanya sangat mudah. Mengisi dan posting dengan berbagai tema pun terbilang mudah. Yang tidak mudah adalah secara konsisten menjaga dan merawat blog yang dimiliki agar tetap eksis dengan postingan terbaru. Karena keterbatasan waktu, banyaknya kesibukan dll. yang menyebabkan kita tak dapat update secara kontinyu.
    .-= Halaman Putih´s selesai [nulis] ..Berdo’alah =-.

    Saya sedang mencoba untuk kontinyu Mas…

  14. blog kalau dilihat dari membuatnya memang mudah, namun jika dilihat dari proses mengisinya, tidak semua orang bisa konsisten. apa yang diharapkan belum tentu sesuai dengan kenyataannya, oleh sebab itu belajar dari yang sudah terjadi adalah lebih baik.
    .-= mandor tempe´s selesai [nulis] ..ESD (part II) =-.

    Konsistensi kata kuncinya ya…

  15. makasih ya udh ke blog saya. takut? engga jg lah, niat sy kan baik, utk tujuan nyari uang dg baik, nawarin jasa guide.. ^_^ kalo ada yg ga baik ke sy itu urusan dia sm tuhannya, tul ga? :mrgreen:
    .-= cantigi´s selesai [nulis] ..Treking: Ranca Upas =-.

    Yoi, Kang…

  16. jadi kalo temen2nya pengen oneday hangout ke ranca upas, bisa kontak sy tuh, murah meriah ajah, hehehee.. looohh kok promosi.. 😆
    .-= cantigi´s selesai [nulis] ..Treking: Ranca Upas =-.

    Hehehe…

  17. Mudah banget Mbak. Malah tambah ketagihan dengan nambah blog. Dampaknya saja yang terasa ternyta banyak yang harus dipelajari. Yang terpenting ketika keluarga mendukung kegiatan kita, semua tidak akan jadi beban.
    Trims.
    .-= yayat38´s selesai [nulis] ..5 Giant Steps to Successful Business Writing =-.

    Beternak blog, nih Kang, ceritanya? 😆

  18. Blog yg dibuat terus dibiarkan nganggur mungkin lebih dari separo ya Mbak…

    Saya nggak tau, fenomena seperti itu ada yg dirugikan apa enggak.

    Sebaiknya penyedia layanan agak memperketat regulasi, kayak email itu.

    Kalau dalam jangka waktu tertentu nggak ada aktifitas, langsung diputihkan atau dibrangus.

    Ya, betul Pak Marsudiyanto. Mungkin lebih banyak blog yang dibuat dan kini ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya. Seharusnya memang [mulai] harus ada peraturan seperti email, dimana jika sudah nggak ada aktifitas, ya dihapus saja akunnya…

  19. jika hanya sekedar buat dan buka account blog memang mudah apalagi yang gratisan. tapi sepakat kepada para komentator yang lebih awal, konsistensi dalam menulis itulah yang kadang fluktuatif. saya sendiri senang nge-blog tapi ada masa-masanya saya harus istirahat mungkin jenuh atau apalah. yang penting ngeblognya bukan karena paksaan, atau ada niatan buruk. 🙂

    Fluktuatif! Ya, kata itu pasti dialami setiap bloger, karena nggak mungkin dia ngeblog terus setiap saat…

  20. Ada 2 hal …

    #1.
    Setuju … memang Ngeblog itu mudah …
    (But … cari ide tulisan itu yang susah … )
    (hehehhe)

    #2.
    Okelah kalo begitu …
    saya tidak akan bertanya apa cita-cita mbak isnu
    (penasaran.com)

    Salam saya
    .-= nh18´s selesai [nulis] ..HIDUP INI INDAH =-.

    Yeee, nggak tanya tapi masih penasaran… 😆

  21. semua orang bisa ngefesbuk!
    tapi nggak semua orang bisa ngeblog!
    wekekekekekekek!
    jadi kesimpulannya ngeblog itu susah-susah gampang!
    wekekekekekek!
    .-= trendy´s selesai [nulis] ..Trio Macan =-.

    Kalo nggak semuanya bisa ngeblog, berarti susah dong??

  22. Salam mesra buat Isnuansa.

    Alhamdulillah, saya bisa ke mari malam ini untuk hadir memaklumi bahawa saya berterima kasih dan gembira kerana tetamu sasar saya sudah berkunjung ke laman saya. makanya saya ingin membalas kunjungan tersebut.

    Iya Isnuansa.. ngeblog sangat mudah. tetapi mengurusnya perlukan komitmen yang tinggi. Minat dan rajin go blog to blog untuk menjalinkan silaturahmi dan kalau untung akan dikunjungi balik. hal inilah yang memeriahkan suasana dunia blogger.

    Sabar ajalah.. nanti akan ramai juga bertandang ke mari. Sayapun begitu juga ketika di awal mengenal dunia blog ini. kerana niat ingin bersahabat, saya mula berkunjung dari satu blog ke satu blog dan akhirnya sahabat blogger saya semakin ramai.

    Mudahan berjaya dalam mengisi dunia blogger ini. salam mesar dari Bangi, Malaysia.
    .-= Siti Fatimah Ahmad´s selesai [nulis] ..JANGAN PAKSA TUHAN… =-.

    Iya, kalo Ibu Siti yang main ke blog saya, jadi rame deh… Soalnya komentarnya selalu panjang…

  23. Menyapa sobib ku nun jauh disana, maaf baru bisa mampir sekarang soalnya di luar kota, untuk ada koneksi di pelosok dusun sini, kalo nggak nggak bisa kasih komeng, salam sukses selalu dan salam bahagia dari pelosok terpencil

    😉

  24. wah ini komennya udah lebih dari 10 mbak 🙂

    hehehehe…

    aku saat ini dinikmati, untuk PR atau alexa aku nggak terlalu pasatin.

    dan semoga Coffee Oriental bisa diterima sama orang.. hehe
    .-= H´s selesai [nulis] ..Talenta =-.

    Meski nggak terlalu merhatiin alexa pr dan komentar, seneng juga saya kalo hasilnya lebih baik lagi.

  25. Heeeh, apa saya nggak salah baca ?
    Perasaan saya banyak belajar menulis diblog ini, termasuk gimana caranya menulis yang singkat.
    Sekarang saya mendapati yang punya blog, kewalik ?

    Nggak juga Mas, ini tulisan apa namanya ya…. Errrrrr, bukan 100% curahan hati saya sih. Ada sisi fiksinya juga…

  26. 😉 kalau mood lagi enak ngeblog gampang kok, tulis, tulis, posting.
    Tapi kalau lagi dikejar pekerjaan offline dan koneksi yang dodol. Ampun dah.
    .-= aldy´s selesai [nulis] ..One Day on Guskar.com =-.

    Pekerjaan offline yang paling menjengkelkan, jadi nggak bisa ngeblog…

  27. jadi apakah harus diganti menjadi “Ngeblog itu sulit” sepertinya tidak juga. harusnya “ngeblog itu menyenangkan”, itu baru pas.

    Masalah comment dan sebagainya, bukan masalah bagi kutu, yg penting bisa nulis n menambah kreatifitas. Punya 1 pembaca setia saja udah alhamdulillah deh ^^
    .-= KutuBacaBuku´s selesai [nulis] ..Jadwal Ujian Saringan Masuk President University =-.

    Kalo sudah punya pembaca setia, pengen nambah lagi kan, nggak hanya satu…

  28. Bagi saya, ngeblog akan terasa mudah kalau kita dasari dengan kecintaan. Menulis dengan cinta. Kita selalu rindu untuk berbagi dengan pengunjung. Selalu rindu pula untuk terus mengasah kemampuan menulis (aktualisasi diri). Sekaligus selalu rindu untuk terus mengejar impian (target) jangka panjang.

    Itu yang bikin tetap semangat untuk mengupdate blog. Tanpa itu semua, yakin deh, pasti bakalan cepat keok.

    Target jangka panjang saya, alexa di bawah 50 ribu, PR 5, dan trafik harian di atas 500..hehe.

    Kesimpulan saya, hanya mereka yang benar-benar mencintai aktivitas menulis dan berbagi lah yang bakalan tetap eksis ngeblog (*jadi melenceng dari topik nih kayaknya*).

    Perkara komentar yang masih sepi, bisa saji karena blog masih baru, promosi kurang efektif (kurang gencar), jarang komen di blog lain, gaya tulisan yang kurang mampu memancing komentar, tampilan posting yang kurang eye-catching, judul yang kurang menarik, atau bisa juga karena topik yang kurang menarik untuk dikomentari.
    .-= iskandaria´s selesai [nulis] ..Hasil SERP yang Aneh pada Indeks Google =-.

    Ayo, sama-sama mewujudkan target seperti itu Mas… 😉

  29. Mudah kok. Soal dibaca atau tidak itu kan gimana nanti. kalau mau blognya rame ya blogwalking diperbanyak dan isinya menarik. Hanya menulis kalimat “mbak Nuning Cantik” gitu aja kalau orang suka kan datang sendiri tho mbak.
    Blogwalking memang agak berat kalau kita sibuk, kecuali kalau komentarnya hanya ” hai,honey”, trus di copy, trus jalan lagi, komen gitu lagi ya bisa ratusan blog bisa kita datangi.

    Wis mbak, terus ngeblog bae, soal PR nanti saya atur deh, mau PR apa, aljabar atau ilmu ukur, nek iku saya pernah dapat 9 ( untuk 3 orang ha ha ha )
    Pokoke salam rindu mbuat Nunik seorang.

    Saya pengen 9 PakDhe… Ayo dong, kasih….

  30. alexa dan PR ??? WTF lah !!
    yang saya perhatikan biasanya cuma jumlah kunjungan.

    kalo orang aneh dan idiot seperti saya aja bisa nge-blog, artinya kegiatan nge-blog adalah hal yang mudah.
    asal ada modal aja 😮
    .-= alisnaik´s selesai [nulis] ..hadiah spesial untuk tahun Hijriyah 1431 =-.

    Kalo jumlah kunjungannya banyak, nanti alexanya bisa makin langsing lho…

  31. setuju dgn #33 Aldy…
    Blog gini bagus dan kontinyu kok masih merasa ngeblog susah hehehehe

    di kala waktu sehari hanya 24 jam,
    dan begitu banyak yang harus dilakukan sebagai ibu rt,
    ngeblog itu susah
    (Padahal ide bejibun)
    yang susah itu waktunya, maintanance…
    sampai membuat saya tidak bisa BW dan menjawab komentar di blog sendiri

    EM
    .-= ikkyu_san a.k.a imelda´s selesai [nulis] ..Akita-ken dan Shiba-ken =-.

    Waktu 24 jam serasa kurang ya, Mbak…

  32. PR dan Alexa bundo cek juga sesekali, tapi engga akan bikin sedih klo angka masih diem disitu..

    yang penting bisa nerbitin artikel sesuka hati, buat bundo itu sudah hebat :mrgreen:

    Memang harus bertahap Bund…

  33. karena saya ngeblog di tempat yg gratisan, jadi dinikmati saja, nggak ada target2an PR atau alexa segala, selain memang nggak ngerti juga sih……he…he…apa gunanya mereka berdua itu?
    yang penting masih bisa nulis, syukur2 kalau ada manfaatnya utk yg membaca, kalau mengerjakan sesuatu dgn hati senang dan dinikmati, jadinya nggak masalah, walaupun tetap masih gapteknya akut………
    salam.
    .-= bundadontworry´s selesai [nulis] ..Rasa Malu =-.

    Enak nih, ngeblog gratisan, Bunda. Udah ganti avatar ya?

  34. Yach kalau kita tidak punya ide-ide bisa juga dikatakan sulit ngeblok itu. Terkadang kita mau nulis apa pada blog yang sudah kita buat gitu lo. Matur nuwun infonya

    Sama-sama…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge