Ngeblog Itu Praktek, Bukan Teori !

Saat pertama mengenal dunia blogging saya hanya berpikir bahwa ini adalah kegiatan yang membosankan, kenapa? Ya, karena menurut saya ngeblog itu sekedar berbagi pengalaman, curhat, dan hal-hal tidak jelas lainnya. Ternyata itu salah besar setelah saya mencicipinya sendiri.

Bingung itu wajar karena ini adalah dunia baru, oleh karena itu saya biarkan dulu mata dan otak untuk beradaptasi. Di sela-sela itu, saya mencoba untuk menggali informasi mengenai dunia blogging, mulai dari cara posting, cara edit template, upload template, dan masih banyak lagi.

Selang beberapa hari saya akhirnya memilih blogging sebagai media penyalur kreatifitas, saat itu saya hanya memikirkan tampilan, menu,  dan widget-widget tidak jelas yang sebenarnya sangat tidak berguna bagi setiap pengunjung.

Namun, seiring berjalannya waktu saya mulai mengenal tentang SEO (Search Engine Optimization) dari sebuah grup di Facebook, yaitu kegiatan atau proses yang harus dilakukan oleh seorang blogger untuk membuat artikel di blognya berada pada halaman awal mesin pencari, terutama Google. Mulai dari teknik posting artikel berkualitas, pengaturan tag heading, link building, link pyramid, backlink berkualitas, dan masih banyak lagi.

Saya memprediksi kalau materi ngeblog tidak ada habisnya, khususnya dalam hal SEO. Dari sini saya mencoba mencari segala informasi seputar SEO, karena sangat disayangkan jika saya mengabaikan ilmu ini. Siapa blogger yang tidak ingin artikelnya berada pada halaman awal mesin pencari terbesar di dunia? Sangat mustahil jika seorang blogger tidak berkeinginan. Teknik demi teknik terus saya cari, hingga akhirnya saya sadar bahwa sebenarnya SEO adalah misteri.

Coba kita merenung sebentar, siapa orang yang mengetahui teknik index Google sepenuhnya? Saya sangat yakin bahwa tidak ada satupun orang yang mengetahuinya. Sekalipun ada, saya yakin bahwa orang itu memiliki andil dan tidak akan mempublikasikan caranya kepada publik, sekalipun ‘dipublikasikan’ pasti hanya sebagian saja, entah 40%,30% atau mungkin saja hanya 10%, tidak ada yang tahu kan?

Dari sini saya mencoba untuk merubah mindset, sebenarnya menurut saya pribadi ngeblog itu tidak sulit. Kita hanya butuh 2 hal yang wajib dilakukan jika ingin sukses menjadi seorang blogger dan juga sangat terbukti ampuh membuat semua orang sukses di bidang apapun.

Kedua hal tersebut adalah Fokus dan Konsisten, sangat sederhana sekali sebenarnya. Namun, tidak sedikit blogger yang mengabaikan hal ini, mereka sibuk membaca dan terus membaca teori yang sebenarnya sudah tahu apa intinya tanpa pernah mencoba untuk take action.

Dulu saya bisa juga dikatakan sebagai blogger yang seperti ini, hanya membaca dan membaca tanpa mencoba terjun langsung untuk praktik dan merumuskan hasilnya. Memang tidak ada salahnya jika kita mencari informasi terlebih dahulu, seperti kata orang “malu bertanya maka sesat di jalan” tapi apa jadinya jika “banyak bertanya maka tak jalan-jalan” ?

Oleh sebab itu cobalah ubah kegiatan ngeblog Anda hanya dengan melakukan kedua hal tersebut. Jangan terlalu pikirkan apa yang orang sampaikan jika hal tersebut tidak penting, karena ini bisa mempengaruhi Anda. Ngeblog itu tidak perlu ribet, hanya butuh fokus dan  konsisten sudah bisa sukses dalam dunia blogging. Jika Anda tidak percaya, coba lakukan kedua hal tersebut sebagai pembuktian.

Sekarang sudah jelas, bukan? Sebenarnya ngeblog itu praktek, bukan teori.

Bagaimana menurut Anda, punya pengalaman terkait dengan ini? Share, please…

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

56 thoughts on “Ngeblog Itu Praktek, Bukan Teori !”

  1. Posting Anda sangat motivatif, yang jelas jangan takut salah, karena SEO sebenarnya adalah unik, jadi kita butuh try and error untuk menemukan frame yang tepat, agar kita bisa sejalan dan memahami SEO.
    Salam Kenal

  2. Saya tidak sependapat dengan kalimat “Sangat mustahil jika seorang blogger tidak berkeinginan”…. mepelajari SEO, cepat diindex, ataupun berada di pagewan..

    Ini postingan separuhnya membahas SEO kalau saya perhatikan….

    Saya salah satu narablog yang mengabaikan masalah SEO, di karenakan blog bagi saya adalah tumpahan opini, inspirasi, keluh kesah….
    Kenapa harus direpotkan dengan SEO ? Itu juga bisa mengganggu fokus saya dalam menuangkan tulisan-tulisan yang baik… 😀

    Maap, saya terlalu keras mengkritik, karena memang saya tidak sepaham dengan anda masalah SEO…. Thanks…..
    Rudy Azhar selesai posting Kenapa Saya ngeBlog… [Lagi]

  3. wah benar juga mas , ngeblog itu praktek bukan teori, dengan penjelasan di atas mending praktek aja dari pada ga jelas .thank ya mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge