Notifikasi Komentar Telah Dibalas, Perlukah?

Oleh : Arief Maulana

Halo semua pembaca Isnuansa.com. Ini pertama kalinya saya menulis disini sebagai Guest Blogger. Sudah lama saya ingin menulis disini, hanya saja baru sekarang menemukan ide yang pas. Itupun karena ada beberapa kejadian yang saya alami bersama Mbak Nunik.

Semula berawal dari aktivitas blogwalking saya ke blog ini. Terus terang, blognya Mbak Nunik ini salah satu blog fave yang senantiasa saya kunjungi meski tidak rutin. Hasilnya, sekali main ke blog ini saya pasti rapelan baca artikel-artikel disini.

Saya tergelitik ketika membaca tulisan Mbak Nunik yang berjudul “Memancing Lebih Banyak Komentar Di Blog”, khususnya pada point 5 (nih saya lampirkan screen shotnya) :

Saya sendiri senantiasa membalas komentar-komentar yang memang layak untuk dibalas (kalau cuma sekedar komentar “pertamax”, buang-buang waktu saja). Demi menghargai pengunjung blog saya yang sudah meluangkan waktu untuk mampir, membaca, dan meninggalkan jejak dalam bentuk komentar (persis, alasan yang sama dengan Mbak Nunik).

Maka tentu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah :

“Apakah orang yang kita balas komentarnya tahu?”

Jangan-jangan dia sedang menanti balasan dari kita, tapi tidak tahu apakah komentarnya sudah dibalas atau belum karena tidak ada notifikasi atau pemberitahuan apapun. Kemudian dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan akhirnya dia malah lupa pernah memberikan komentar.

Iya kalau kemudian dilupakan dan selesai sampai disini. Bagaimana kalau ternyata komentator ini tipikal orang ‘sensian’. Karena merasa komentar tidak dibalas padahal sudah akhirnya malah mengganggap kita tidak menghargai dia yang sudah meluangkan waktu untuk mampir di blog kita. Belum lagi pakai bonus cerita yang jelek-jelek kepada orang lain. Repot toh.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya menggunakan sebuah plugin wordpress (mungkin teman-teman pengguna wordpress self hosting sudah pernah mendengarnya) yang khusus untuk mengelola komentar dan menyediakan fitur notifikasi via email kepada pemberi komentar, apabila komentar mereka di blog kita di balas. Pluginnya bernama WordPress Thread Comment.

Ini salah satu screen shot settingan yang saya gunakan di plugin tersebut :

Ketika ada orang lain yang membalas komentar dari si “A”, maka otomatis “A” akan menerima email seperti ini :

Subyek : Komentar Anda di AriefMaulana.com telah dibalas, silahkan Anda cek!

Isi Message :

Komentar Anda di artikel “……… (Judul Artikel)” telah dibalas. Silahkan Anda Cek!

Berikut komentar yang telah Anda tulis :

“…………………….(isi komentar si komentator)”

Berikut adalah balasannya :

“…………………….(balasan komentar dari orang lain)”

Anda bisa melihat informasi selengkapnya untuk komentar di artikel ini dengan mengklik link berikut :

………………………(link artikel)

Dengan demikian komentator di blog kita akan tahu saat komentar mereka dibalas, baik oleh orang lain ataupun kita sendiri selaku admin blog.

Anda tidak harus menggunakan plugin seperti yang saya pakai, tapi paling tidak gunakan plugin atau fitur pengelola komentar apapun yang memberikan notifikasi saat komentarnya dibalas.

KEUNTUNGAN LAIN

Ada satu keuntungan lagi ketika Anda menggunakan fitur komentar yang memiliki notifikasi ini. Apa itu? Anda bisa tahu orang yang membutuhkan jawaban / tanggapan itu benar-benar butuh dan peduli atau cuma sekedar ngetes doang.

Saya pernah mendapatkan komentar seperti itu. Menyudutkan dengan pertanyaan yang menjatuhkan. Ketika saya merespon agar diskusi berjalan kondusif dan memberi sebuah pertanyaan di akhir untuk ditanggapi, ternyata tidak ada tanggapan lebih lanjut. Sehingga diskusi positif dalam ranah komentar pun tidak berjalan.

Saya kira ini dulu sharing ala kadarnya di blognya Mbak Nunik. Maaf masih awam ini, butuh bimbingan lebih lanjut dari kakak kakak sekalian. Main-main yah ke blog saya

Hasta La Vista…

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

78 thoughts on “Notifikasi Komentar Telah Dibalas, Perlukah?”

  1. Saya juga sempat menggunakan plugin wordpress thread comment, tapi sayang ada masalah dengan theme baru yang saya gunakan dan terpaksa saya harus say goodbye dengan plugin tersebut.

  2. sip, saya coba dulu. makasi sarannya. tapi kalo pake auto notifikasi seperti ini apa enggak memberatkan hosting. berpengaruh ga ya?

  3. ahiirr ahirnya kesampean nulis di blog ini ya.. saya juga deh, kapan-kapan bikin tulisan disini 😀 heehe btw saya juga pake plugin itu.. mampir dong ke blog saya.. #eaaa

  4. Saya termasuk yang senang berdiskusi dalam komentar di blog sehingga akan menunggu balasan dari setiap komentar yang pernah saya tinggalkan. Adanya alert lewat email yang memberitahu balasan pada komentar saya, itu sangat membantu.

    Saya males berkunjung dan meninggalkan komentar kalau narablognya pilih kasih dalam hal menanggapi komentar. Makanya, ini kalau saya, biasanya selain menanggapi juga mengajukan pertanyaan untuk berdialog dengan narablognya.

    1. memang asik mas kalau diskusi dalam 1 artikel bisa berjalan dengan kondusif. itu alasan saya kenapa menggunakan plugin ini. Walaupun kenyataannya lebih banyak yang ketika mulai direspon untuk memancing diskusi, mereka tidak kembali.

  5. Kl gw masih pake disqus jadi notifikasinya dari disqus juga sih..sepertinya kedepan harus pake default wp..atau hanya postingan tertentu,,entahlah gw lebih suka disqus.

  6. biasanya kalo saya berkunjung ke sebuah blog, fasilitas itu saya matikan. menuh-menuhin inbox :mrgreen:

    kebutuhan masing-masing komentar biasanya berbeda-beda, ada yg sekedar koment tak perlu jawaban,

    jikalau memang komentar kita membutuhkan tanggapan, jawaban atau sejenisnya, tak jarang saya sampai beberapa kali mendatangi tulisan itu, sekedar mengetahui komentar saya terjawab tidak.

    Jadi bagi saya, sebagai personal saja sih, blum secara bagaimana memikat para komentator/pengunjung, belum membutuhkan.
    aRuL selesai posting Takut

    1. lhaaar…. ketemu sama Pemandu saya waktu jaman masih kuliah di ITS ini. Hahaha…

      Pada akhirnya memang semua akan kembali kepada masing-masing pribadi mas. Kalau saya pribadi sih lebih senang klo ada notifikasi begini biar tau kalau ada respon dari si pemilik blog.

  7. Salam kenal mas Arief… Terima kasih sharingnya. Ilmu baru nih, ternyata free hosting jg bisa ya.

    Saya beberapa kali menerima notifikasi semacam ini juga dari blog sahabat, tapi saya pribadi merasa terganggu dg notifikasi tersebut, apalagi jika balasannya adalah kalimat basa-basi *ups* IMHO sih mas^^
    Orin selesai posting Tentang Award

    1. Salam kenal Mbak Orin.

      Yap, free hosting juga bisa rasanya untuk plugin ini, selama CMSnya wordpress dan dari pihak hosting mengijinkan.

      Tiap orang berbeda, ada yang suka dan ada yang tidak. Kalau saya lebih suka menggunakan fasilitas ini. Lagipula tidak semua komentar saya balas, jika sekiranya memang tidak perlu dibalas dan tidak perlu ada diskusi lanjut.

      Kecuali memang saya ingin memancing situasi biar brainstorming jalan dan bisa saling bertukar ide atau pemikiran.

  8. Alhamdulillah di blog tercinta saya sudah memasang fasilitas ini, meskipun menggunakan plugins yang lain.

    Bener banget, penting notifikasi comment u/ blogger lain yang mengomentari blog kita, terlebih komentar yang isinya butuh kita respons

    1. coba dipancing. Maksudku balesannya diakhiri dengan pertanyaan yang sekiranya memancing si pemberi komentator untuk kembali dan memberi balasan lagi. Lebih bagus lagi kalau bernada memancing diskusi.

  9. Postingan apa kayak begini? Apa bedanya ama sampah? Gitu kok mau jelek2 situ jevuska, gak se banding bro, coba tu ubek2 situs jevuska halaman postnya bukan halaman searchnya,,, atau jangan2 blogger katro kayak ente gk bisa bedain mana halaman search mana halaman post, susah ngomong ama groupnya ente,, blogger katro semua..

    1. @Murid Jevuska,

      Ni komen gak pakai otak kayaknya. Loe bisa bedain gak antara postingan dengan halaman sampah berupa search? Udah jelas kalo postingan lebih bermanfaat ketimbang halaman search yang cuma bikin muter gak berujung.

      Jangan berlindung di balik ketiak si Jevuska dong 😉 Gue jadi kasian ame loe-loe yang memuja si Jevuska. Penipu kayak gitu kok dijadiin guru dan dibela-belain. Nyadar nggak sih loe? Mungkin hati nurani loe udah ketutup kali ye? Kalo mau nyari guru tuh cari yg bener. Bukan tukang kibul kayak Jevuska ntu. Biar dikata dia banyak berjasa ngasih script canggih kek. Peduli amat. Sekali penipu ya tetep penipu.

    1. Hahaha… saya juga tau nama pluginnya karena ngecek dulu ke list plugin di dashboard WP. Memang banyak kok plugin serupa yang punya notifikasi komentar ini. Tinggal cari mana yang sreg untuk dipakai di blog.

  10. Saya juga pengguna plugin WP Thread Comment (yang sudah ada fitur notifikasinya). Minus notifikasi ucapan terima kasih 🙂 (yang sebenarnya nggak perlu). Saya merasa fitur notifikasi balasan komentar ini cukup membantu ketika saya membuka email, terutama jika komentar saya tersebut pada blog-blog yang masih belum begitu familiar bagi saya.

    Kalau blognya sudah familiar, biasanya saya mengecek langsung saja ke blognya.
    iskandaria selesai posting Mengukur Kekuatan SEO Website dengan SeoAnalyser

    1. Iya. Salah satu cara untuk memancing jumlah komentar sekaligus mempertahankan pengunjung loyal dengan notifikasi ini. Kita bisa memancing orang berkali-kali dengan memberikan balasan yang sifatnya pancingan untuk diskusi.

      Aku pernah seperti itu waktu ngpost sebuah posting yang agak kontroversial headlinenya. Rame banget dan saling berbalas di form komentar.

  11. Hehe, kalo saya menginginkan diskusi lebih lanjut atau jawaban lebih lanjut dari si penulis, saya centangin pilihan langganan komentar di blog wordpress. Itu kalau wordpress. Kalau blogspot, mau nggak mau saya harus ingat blog-nya. Lain waktu saya kunjungi lagi blog itu. 😀
    Asop selesai posting Foto Figur Kamen Rider Ibuki

  12. Pilihan-pilihan tersebut tergantung selera sih… cos ada beberapa artikel dalam sebuah blog yang memang butuh konfirmasi bahwa komentarnya sudah masuk atau terbalas… 🙂
    Putra Perdhana selesai posting Ganti Design Blog

    1. nah, itu… itu yang saya maksud pada point keuntungan notifikasi ini. Bisa jadi seperti itu. Tapi kalau ga pasang ya, bisa jadi lupa pernah ninggalin komentar dan menunggu balasan.

  13. Kalau saya menggunakan plugin dari bro ahlul… Menurut saya memang penting menggunakan plugin seperti ini, tapi ada beberapa blogger juga yang tidak menyukai hal ini… Saya sendiri pernah membahas masalah ini pada blog saya dan memang ada beberapa blogger yang tidak menyukai jika mereka mendapatkan kiriman email yang hanya sekedar memberitahukan bahwa komentar mereka telah dibalas dan sejenisnya

  14. Sama kayak pertanyaan diatas,, Buat blogger kayaknya belum secanggih ini,, he he..

    L:agipula untuk meninggalkan sebuah komentar,, menurutku jarang orang memasukan email yang sering dicek Inboxnya untuk dimasukan kedalam kolom Mail waktu berkomentart , he he .

    Kalo aku seh bila mengharapkan balasan komentar diblog orang lain , aku akn ingat Judul postingannya dan atau aku Bookmark halamannya 🙂

  15. Tentang penting atau tidak nya kembali ke pengunjung blog. Jadi bila ada opsi / pilihan kotak centang auto notifikasi, itu memudahkan pengguna blog untuk mengatur sesuai kebutuhannya. Yang penting kan pengguna nyaman….

    1. Wah, pertanyaannya sama… saya juga menanyakan itu di kepala saya… barengan nanyanya yahhh hehehehe 😀

  16. Benar sih mas, sayang saya pengguna blogspot. Awalnya emang sedikit bikin gondok apabila kita ingin menanyakan sesuatu di blog yang kita kunjungi, tapi kita malah lupa blog yang kita kunjungi tersebut karena tidak ada notifikasi email yang masuk. Tapi sekarang di blogger layanan seperti ini sudah ada. Ngga di wordpress maupun blogger, kalau ada fasilitas seperti ini, ngeblog terasa lebih menyenangkan.

    Kapan ya, ada layanan tinggal langsung replay dari notifiaksi tersebut, kita bisa langsung balas komen yang masuk ke blog kita, tanpa harus repot-repot lagi buka blog kita, karena berhubung dengan efiensi waktu..

    Salam kenal mas 🙂

  17. Ini yang lagi saya alami sekarang…
    Terkadang saya udh komen di blog temen tapi di saya gak ada notifikasinya..

    padahal saya mau tau apa komentar saya ditanggapi atau tidak. Yang buat repot kadang gak di satu dua blog yang saya ikut. Jadi mesti scrolling lagi nyari satu-satu karena lupa..

    Terima kasih untuk artikel ini 🙂

  18. Terima kasih, artikelnya sangat berguna banget nih buat saya. Lagi ada tugas dari dosen buat ningkatin rank alexa sebuah website nih. Mungkin cara ini bisa diterapkan, sekali lagi terima kasih buat artikelnya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge