Odong Odong Ketika Sunatan Di Bekasi

Lain ladang, lain belalang. Lain daerah, lain pula adat kebiasaannya. Di Kabupaten Bekasi, ada salah satu yang unik ketika mereka akan menyunatkan anaknya. Gambar ini saya ambil ketika ada yang diarak keliling kampung. Namanya Odong-Odong.

Orang tua harus merogoh kantongnya sebesar dua setengah juta rupiah untuk membayar Odong – Odong. Sebuah atraksi kesenian daerah yang masih banyak dijumpai di sekitar Karawang dan Bekasi.

Odong Odong

Anak kecil yang akan disunat, diarak berkeliling kampung di atas sebuah tandu yang di atasnya terdapat tempat duduk yang berbentuk singa. Kadangkala, tak hanya satu anak saja, tetapi berbarengan dengan yang lain. Pada umumnya, setelah panen raya di daerah tersebut.

Tandu diarak dengan diiringi musik yang dengan pengeras suara, dan dua atau tiga orang penyanyi (sinden). Di suatu tempat yang agak lapang, iring-iringan ini akan berhenti dan mengadakan atraksi. Setelah itu, sang anak akan ditandu kembali ke tempat semula.

Odong Odong

Iseng, saya bertanya pada pemain odong-odong ini, berapa pendapatan mereka sekali memainkan odng-odong ini. Ya,Rp. 40.000,- lah, Mbak, jawabnya. Tapi kan nggak setiap hari kami main. Paling kalau musim panen aja, banyak yang hajatan, sambung mereka.

Teman-teman punya kesenian yang mirip Odong-Odong nggak di daerah masing-masing?

28 thoughts on “Odong Odong Ketika Sunatan Di Bekasi

  1. di jawa ditradisikan seperti orang nikahan ya, didudukan di pelaminan.
    Kalo di tempatku sih ngak sampai dibuatkan acara seperti itu, tergantung kemampuan. paling cuman syukuran biasa 😀
    aRuL selesai posting Autis

  2. Kalo didaerahku (Depok dst.) ‘Odong-odong’ adalah mainan kuda-kudaan yang digerakan dengan enjotan kaki si abang tukangnya. Mirip seperti yang ada di Dufan. Tapi ini versi anak-anak kaum jelata. Odong-odong ini biasanya dijadikan sebagai jurus jitu bagi para ibu untuk bisa menyuapi anak-anaknya.

    Salam kenal ya mbak,
    Richi Dellan selesai posting Cari Kentut

  3. Kalau ditempatku anak sunat biasanya naik kuda Renggong, semacam kuda yang didandanin diiringi musik tradisional terus nanti kudanya bisa nari-nari ngikutin musiknya, tapi sekarang ini udah jarang banget kecuali dipedesaan itu pun kalu yang punya hajatannya banyak duit…
    susisetya selesai posting obat alami HIV

  4. yang aku tau odong -odong yang sering di naikain ponakanku yang versi modern,
    klo di daerahku bukan odong2 tapi ada tradisi kuda lumping , persis seperti itu ada atraksi dll, tapi sekarang sudah jarang sekali diadakan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge