Pentingnya Branding Pada Sebuah Blog

Tak disangka saat ini ternyata istilah branding tidak hanya berlaku pada dunia bisnis saja. Beberapa waktu yang lalu dalam sebuah seminar Pak Jokowi sempat mengulas tentang pentingnya branding untuk sebuah kota. Selain itu juga pernah kita dengar istilah Personal Branding, School Branding, Community Branding, hingga Branding of Blog atau Blog Branding.

Ok, di artikel ini kita fokus pada Branding of Blog saja ya. Branding adalah strategi bagaimana kita memiliki posisi di benak konsumen. Jika dalam blog, konsumen itu adalah pembaca kita.

Ternyata branding untuk Blog lebih penting daripada SEO. Ambil contoh kasus yang dialami salah seorang teman pemilik narutobleachlover.net. Meskipun beberapa waktu yang lalu Blognya sempat dihapus oleh Google (Blogspot), ia tidak kehilangan pengunjungnya.

Setelah pindah dari Blogspot ke WordPress (self hosted), blognya tetap eksis seperti sedia kala. Para pecinta anime sudah hafal dengan alamat Blog itu. Sehingga jika mungkin di hasil pencarian Google posisinya tidak berada di atas, itu bukan masalah yang berarti.

Contoh lain ada pada situs tempat download film yang cukup terkenal, ganool.com. Bagi para pecinta film, tempat download film yang lengkap yang ada di benak mereka adalah ganool.

Melihat kondisi tersebut, dapat kita katakan bahwa ‘Branding is the King‘. Banyak sekali strategi yang bisa kita lakukan untuk membangun brand ini, mulai dari differensiasi hingga promosi secara terus-menerus. Kunci branding ada pada konten. Apa yang membedakan blog kita dengan yang lain?

Branding adalah aset tak terlihat yang kita miliki. Bahkan, di dunia bisnis, orang rela menghabiskan biaya begitu banyak untuk membangun sebuah brand.

Sebuah blog dapat bernilai sangat mahal jika memiliki branding yang baik. Bagaimana dengan Blog Anda?

~~~
@Miftahur
Miftahur Roziqin
Seorang Muslim, Mahasiswa, & Blogger yang punya passion di dunia IT dan Entrepreneurship (pemilik Blog miftahur.com)

47 thoughts on “Pentingnya Branding Pada Sebuah Blog

  1. Yups, benar sekali. Kita memang perlu membangun brand sendiri. Blog saya sebenarnya sudah punya brand, yaitu brand Aceh Pungo. Jadi bagi siapa pun yang ingin tahu tentang Aceh Pungo ya harus buka blog saya. Ternyata, brand tersebut belum cukup kuat. Akhirnya, nama saya sendiri yang jadi brand untuk blog saya.

    Salam kenal
    Taufik Al Mubarak selesai posting Ketangguhan Terios di Surga Tersembunyi

  2. Oke … saya mencoba memudahkan nih… pernahkah teman-teman mengenal Teh Bandul, Word Star, Rokok Tuton? …

    Nah kalau Teh Sariwangi, Clear, Apple Inc., Twitter?….

    Ternyata sulit juga ya mengingat merek yang ada. Merek yang benar dan dikelola dengan baik serta butuh waktu lama-lah yang menjadikan produk itu menarik sampai tergerus waktu.

    Jadi intinya visual branding merupakan pengaruh yang diakibatkan suatu bentuk visual untuk membedakan brand. Pembedaan disini itu berarti beda dari kimpetitor, sehingga produk kita dilihat menonjol dan unik dibanding yang lain.
    whiz selesai posting PRESENTASI DESIGN FOR BRANDING DI AKADEMI BERBAGI (AKBER) SEMARANG

  3. Contoh simpelnya adalah postinganku yg baru nih, aku gak nyontek sama sekali dari tulisan blogger yg lain. Ketika googling tentang cara berkomentar yg baik, rata2 mereka menulis secara global. Kalau aku menulisnya dengan detail biar beda aja haha. Trus ada curcolnya biar tulisannya khas. Biar kalau suatu saat ada yg ngopas, dia harus ngedit dulu stau persatu *melet*
    ndop selesai posting Tips Berkomentar Asyik

  4. saya setuju mba… di blog juga perlu banget yang namanya branding, ketika blog kita sudah punya branding kemanapun kita pasti akan ketemu dan akan selalu di kenal dengan ciri khas yang kita punya…

  5. Branding pada sebuah blog itu emang penting, nggak hanya dalam urusan bisnis perusahaan semata 😀
    Tapi rada2 susah juga sih untuk membangun sebuah branding di blog.
    Eh, itu menurut saya sih 😀
    Nggak tahu saya sudah membangun branding yang bener belom di blog saya 😆
    Zippy selesai posting Menghabiskan Malam di Bioskop

  6. Yups, benar sekali. Kita memang perlu membangun brand sendiri. Blog saya sebenarnya sudah punya brand, yaitu brand Aceh Pungo. Jadi bagi siapa pun yang ingin tahu tentang Aceh Pungo ya harus buka blog saya. Ternyata, brand tersebut belum cukup kuat. Akhirnya, nama saya sendiri yang jadi brand untuk blog saya.

    Salam kenal

  7. Yang butuh Branding bisa menghubungi perusahaan Kami PT Label Branding, untuk info lebih lanjut bisa menghubungi saya Meta di 085716154288

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge