Pentingnya Page Rank

Seberapa penting sih, Page Rank dimata Anda?

Penting, jika Anda ingin memperoleh pengunjung yang diantarkan oleh Search Engine menuju blog Anda. Tidak terlalu penting, jika Anda merasa cukup puas bahwa pembaca blog Anda datang dari teman-teman yang blognya pernah Anda kunjungi saja, dan mereka mengunjungi balik melihat-lihat apa yang Anda punya.

Search Engine akan menyuguhkan hasil pencarian dimulai dari situs-situs yang memiliki nilai kepercayaan tinggi di mata mereka.

Kita akan langsung membahas Google, karena dia yang paling berkuasa saat ini. Google memberikan nilai antara 0 sd 10 kepada setiap halaman situs untuk menentukan tingkat kepercayaan Google yang diberi nama Page Rank.

Google sendiri memiliki nilai Page Rank 10. Situs lain yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi antara lain The New York Times dan Nasa.gov. Jika situs-situs yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi tersebut memberikan sebuah link-nya menuju blog Anda, maka blog Anda juga dianggap memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi pula.

Beberapa orang yang bekerja di Google mendapatkan kesempatan Page Rank 6+ dengan cara sederhana: memperoleh 1 link dari Google!

Maka, yang bisa Anda lakukan adalah mencari link sebanyak-banyaknya dari situs-situs yang telah terlebih dahulu memiliki Page Rank tinggi. Jangan membuang waktu dengan mengoleksi ribuan link dari situs ber Page Rank 0 menuju blog Anda, karena 1 link dari situs ber Page Rank 4 sama artinya dengan 10 link dari situs ber Page Rank 3! Dan 1 link dari situs ber Page Rank 5 nilainya sama dengan 100 link dari situs ber Page Rank 3!

Kualitas link yang Anda peroleh lebih penting daripada kuantitas [banyaknya] link yang Anda dapat.

Anda hanya perlu meyakinkan bahwa blog Anda berkompeten untuk memperoleh link dari situs-situs yang memiliki nilai Page Rank tinggi tersebut.

Satu lagi yang perlu diingat, bahwa link tersebut harus dalam topik yang sama. Jika blog Anda adalah tentang ‘Menurunkan Berat Badan’, jangan mencari link dari situs tentang ‘Jual Beli Properti’. Google akan mempertanyakan kredibilitas Anda.

Nah, bicara tentang Page Rank, blog saya telah memiliki Page Rank 4. Selama ini saya ‘berbagi’ link melalui postingan review dan wawancara, di mana blog yang akan saya link saya tentukan sendiri kriterianya.

Tetapi akhirnya saya menyadari ada sedikit kelemahan yang saya hadapi. Butuh waktu lumayan banyak untuk mengerjakannya.

Berhubung waktu saya semakin terbatas dalam melakukan aktifitas ngeblog, ditambah beberapa kawan yang menginginkan bertukar link dengan saya -padahal saya tidak memiliki blogroll di sidebar– maka saya mulai berpikir untuk merubah cara ‘berbagi’ link yang selama ini dilakukan.

Saya berencana untuk menerima Guest Post atau postingan tamu: Artikel yang ditulis oleh blogger lain untuk diposting di blog saya, dengan menyertakan link menuju blog penulis.

Anda semua bisa menulis sebanyak-banyaknya untuk blog saya ini, sepanjang memenuhi ketentuan yang saya ajukan. Tentang persyaratannya akan segera menyusul.

Segera saya akan membuat Halaman Khusus tentang Tata Cara menjadi Guest Poster di blog saya ini. Tunggu ya!

Satu hal yang pasti: tulisan yang saya inginkan adalah tentang dunia Blog, tips dan trik blogging, menulis artikel dan sejenisnya yang temanya mirip dengan tulisan-tulisan saya sebelumnya di blog ini.

Ada yang tertarik? Kira-kira apa saran yang Anda berikan untuk saya agar persyaratan menjadi sebuah win-win solution untuk kita?

—————————————————————
Posting Terkait:
1. Guru Blogger: Memangnya Anda siapa? Mengajari blogger lain tentang apa yang ’harus dilakukan’ dan apa yang ’tidak boleh dilakukan’?
2. Sumber Ide Tulisan: Tenang. Ada 5 sumber yang bisa Anda andalkan untuk memperoleh ide segar menghasilkan tulisan blog Anda.

48 thoughts on “Pentingnya Page Rank

  1. 1. Saya sebenarnya juga ingin punya PR, walau itu bukan tujuan utama. Blog saya juga sudah lulus verifikasi, sitemap yang saya ajukan juga sudah diterima oleh Google, artikel juga sudah sampai 101, namun Google belum mau ngasih PR, ya udah.
    Lain dengan Alexa, dengan dua kali kerlingan saja pertahanannya sudah jebol.

    2. Saya juga sudah mencoba masuk blog luar negeri yang PRnya 10, tetap saja belum berhasil. Ya udah

    3. Untuk menjadi Guest Poster kayaknya blog saya belum masuk kriteria ya mbak.

    Salam sayang dari Surabaya

    Kata siapa PakDhe belum memenuhi syarat? Syaratnya yang penting bisa nulis…

  2. pr…
    masih mistery bagi saya..
    sampai sekarang mungkin karena kurang konsisten dalam content..
    saya belum dapt PR.
    .-= omagus´s selesai [nulis] ..Cara praktis instalasi dualboot ubuntu dengan windows. =-.

    Tulis apa saja Oom, usahakan setiap hari 😉

  3. Saya juga belum dapet PR, padahal ngeblog udah 3 bulan ini… 🙄 mungkin nunggu update_an baru dr Google kali yah…

    Tentang “Guest Post” itu tawaran yg menarik, apalagi yg berhasil diterima artikelnya bisa ikut nitipin link blogroll disni… 😆 Manteep…. Mbaq ini super kreatif…
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Terima Kasih Adsense Camp =-.

    Mas Casrudi boleh nulis pengalaman ngeblognya, nanti biar saya muat. 😉 Mudah-mudahan jadi ketularan Page Rank nya jadi 3. AMin…

  4. Pagerank saya masih 0. saya belum mikir kemana-mana mbak nunik, masih fokus belajar gimana caranya menulis artikel bermutu utuk memuaskan tamu yang datang… Meski tamu masih sedikit, yang penting puas dulu… He.he.

    salam. 🙂
    .-= kolojengking´s selesai [nulis] ..Batik itu milik kita… =-.

    Bikin puas itu memang susah, Mas. 😆 😆

  5. nuniiiikkkk… bundo ndak ngerti urusan pagerank ini dan yang pasti bundo ndak akan bisa jadi Guest Poster di blog pinter ini.. tapi yang penting bundo boleh ngintip terus ke sini.. 🙂

    Siapa saja boleh kok, Bundo. Yang penting tulisannya tentang blogging… 😉

  6. Iya nih… saya juga masih agak sedikit masa bodo deh dengan Page Rank… he he he…
    Yang penting bisa nulis mah… cukup lah
    .-= Rizal´s selesai [nulis] ..HIDUP HANYA SEKALI =-.

    Dengan rajin menulis dan blogwalking nanti juga Page Rank datang sendiri mas 😉

  7. I don’t care about PR.
    Sungguh saya sudah tidak perduli dengan yang namanya Page Rank segala macam. Kenapa karena seperti yang mbak Is bilang, saya cukup puas kok jika blog saya dikunjungi oleh teman-teman yang saya kunjungi. Kalau ada pertanyaan pengen punya PR, kalau dapat syukur kalau tetap nol ya alhamdullilah. 😛
    .-= Indo Hijau´s selesai [nulis] ..Jadikan perkarangan sebagai apotik hidup =-.

  8. Nah kalau blog saya yang ini, jujur ada keinginan untuk mendapatkan PR, tetapi bukan prioritas utama, karena yang saya tulis disini umumnya yang saya lakukan dan praktekkan pada kompi saya sendiri.
    .-= Aldy´s selesai [nulis] ..Bodyguard Untuk Komputer Anda ( Gratis ) =-.

  9. haddiiirr…

    hmmm…, gitu ya mbak jawabannya hehehe…, makasih ya… wkt itu aku cuma bingung link yg kecatat di google en yahoo ku yg sekarang berbanding terbalik dgn yg di wp.
    ehhehe, guest poster? huaaa… !
    cu…
    .-= perigitua´s selesai [nulis] ..Udin, Si Bocah Langit =-.

  10. kalo saya pagerank tidak terlalu penting, toh tujuan nyangeblog kan mencari sahabat dan memberikan informasi kepada teman2 🙂

    kecuali kalo mau mencari dollar seperti paid to review, page rank itu penting karena advertiser pasti hanya mau memasang iklan/review di blog dengan page rank yang tinggi

    salam kenal
    .-= tomi´s selesai [nulis] ..Roy oh.. Roy =-.

    Salam kenal juga Bang Purba, iya, Page Rank hanyalah sebagai tanda kepuasan saja secara pribadi jika blog yang kita miliki tidak dimaksudkan untuk mencari $$$.

  11. saya cukup membaca-mbaca tulisan mba ini. saya tidak mengharapkan mba is mengunjungi balik blog pecel saya. buat apa? in i bukan persoalan layak tidak layak kunjungan balik itu. bagi saya belajar membaca apapun itu tentang yang dituliskan oleh orang lain, terutama yang di postingkan oleh mba is ini, sudah lebih dari cukup mba.

    salam,

    Makasih Mas Badrus, berkunjung dan membaca tulisan-tulisan saya…

  12. Bagaimana kalau thema blog saya bukan tentang dunia blog tapi saya ingin menyumbangkan tulisan di sini ? Saya bisa menulis artikel tentang pengalaman selama blogging (sejak di blogspot.com, lalu pindah ke wordpress.com hingga punya domain sendiri) yang mungkin berguna bagi teman-teman. Tapi gaya penulisan saya cenderung serius.

    Dengan senang hati saya terima Bang. Blog pemilik tidak harus tentang blogging, tetapi, tulisan yang akan dimuat di sini, setidaknya ada hubungannya dengan blog. Pengalaman pribadi tentang ngeblog boleh juga, bebas. Justru cerita pribadi lebih saya sukai. 😉 Ayo, ditunggu Bang.

  13. saya juga berencana untuk membuat fasilitas Guest Post di blog saya, tapi sayang blog saya masih baru dan belum memiliki PR, jadi mungkin saya tunggu dulu biar blog saya mendapat PR yang cukup..
    .-= imadewira´s selesai [nulis] ..Blogroll, Backlink dan Guest Post =-.

    Denger-denger tahun baru ada apdet lagi… Siapa tahu nanti naik. 😉

  14. info menarik mbak tentang pagerank,
    aqu juga dah lumayan dapet PR2, mudah2an kedepan makin meningkat 🙂
    ~~~
    AMin. Berdoa dan berusaha ya!

  15. hmm…
    ringkasnya, untuk menaikkan PR:
    -Bertaut dengan situs lain yang: lebih tinggi dan memiliki tema serupa

    thanks
    .-= iip albanjary selesai posting Top 5 greenest cities in the world =-.

  16. walaupun PR itu adalah ketntuan dari mbah google. kita harus tetap berusaha mendapatkannya. hehe,,,
    .-= WonK SenK selesai posting 5 Great Reasons To Join This Free Home Business – PeopleString =-.

  17. terima kasih pencerahan tentang pagerank ini, blog sy (yang lain) pernah memiliki PR 3, tapi turun jadi 0, mungkin karena kurang nulis dan sedikit lik ke blog saya kali ya? Sekarang saya buat blog baru 2 bulan dah pr 2, semoga nggak turun lagi.
    salam kenal

  18. kalau jumlah pengunjung tiap hari berpengaruh nggak terhadap PR ?, salam kenal…
    .-= abahjack selesai posting Usus Buntu =-.

  19. pertama ngblog gak kepikiran page rank itu apa…tau artinya aja gak???hahahah
    pernah sih sekali pengen nguber pager rank tapi akhirnya jadi gak urusan…enakan nulis apa adanya aja lah…
    dimas selesai posting MrBig

  20. Agak membingungkan juga mbak, soalnya agak aneh juga saya punya blog yang PR 2. Namun, saya sendiri tak tahu fungsinya Pagerank… menyedihkan… 🙁

  21. isi posting artikel yang bagus,, untuk sama belajar menaikkan traffick pengunjung blog/ web. jalin kemitraan antar sesama blogger dan berbagi ilmu.

  22. saya terkesan dengan pola dan isi artikel temen-temen blogger yang bersahabat dan friendly. indonesia yang jujur dan support. berbagi ilmu dengan sesama. sukses indonesiaku dalam berbagai bidang. termasuk blogging.

  23. buat domain baru, sebaiknya sih incar long tail keyword walau tingkat visitornya sangat rendah. Kl backlink-nya bagus, lama2 kan pagerank-nya naik tuh, kl udah naik baru incar keyword yg saingannya agak tinggi atau yg visitornya lebih banyak. Saya jg begitu, mula2 bidik keyword asal2an (maklum masih blo’on) tp masuk halaman 1 google (karena beruntung). Krn udah PR2 dlm 3 bulan, skr bisa pindah bidik keyword yg statistik visitornya lebih tinggi (analisa dgn google keyword tool). Secara teknis sih sy kurang ngerti, cuma ngikut intuisi aja. Nah, kl ada yg bilang bahwa PageRank bukan segalanya, emang betul, tapi PageRank adalah salah satunya.
    gudang tas branded selesai posting GUDANG TAS BRANDED

  24. Salam kenal mba dari makassar (Sok Kenal Sok Dekat kayaknya nih)… 😀 😀 😀
    Namanya juga mau berguru mba…

    Dalam hal SEO apalagi yg namanya pagerank, saya kadang nda mengerti sistem pemberian PR kepada web atau blog. Terkadang kita harus melakukan teknik ini, teknik itu untuk meluluhkan hati goole agar memberikan pageranknya tapi terkadang pula hal itu bernilai sia2 di mata google. Pernah ada blog teman yg belum lama blognya dia buat sekitar 1 bulan bertepatan dengan update pagerank google, PR langsung dapat 3 sementara yg lain termasuk blog saya yg sdh hampir 2 semester, nda dapat apa2 🙁 jadi bingung nih mba…. 🙂
    Agung Talaga selesai posting Cara Memasang CommentLuv Pada Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge