Pentingnya Punya Website/Blog Di Jaman Sekarang

Berdasarkan data yang diperoleh dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), bahwa pengguna internet di negeri Indonesia ini akan meningkat dengan cukup masif. Diperkirakan pada tahun 2018, jumlah pengguna internet di Indonesia akan mengalahkan Jepang.

Dan yang tak kalah heroiknya, pemakai internet di Indonesia ini akan masuk ke jajaran lima besar dunia sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia setelah China, India, Amerika Serikat, dan Brazil.

Tapi tidak sampai di situ…

Menurut data dari eMarketer, pada tahun 2019-2020 negeri kita tercinta ini akan menjadi negara dengan rakyat terbanyak keempat yang mengkonsumsi internet. Karena diperkirakan pada tahun 2020 pengguna internet di Indonesia ini akan mencapai angka 200 juta penduduk.

Dengan kata lain, dunia online akan dipenuhi oleh mayoritas rakyat Indonesia. Cukup maknyus dan gurih bila Anda bisa memanfaatkannya.

Pada kali ini kita akan mencoba meng-elaborasi tema yang terlihat sepele tetapi bisa menghasilkan rezeki yang pastinya berlimpah (jika Anda tahu ilmunya dan tekun dalam menjalaninya) dan barokah (apabila dilakukan dengan benar sesuai anjuran agama).

Coba resapi sejenak…

Apabila Indonesia menjadi negara dengan pengguna internet hingga 200 juta (terbesar keempat di dunia) maka logikanya banyak sekali orang Indonesia bermain di dunia maya (entah itu chatting, browsing, klik sana klik sini, ngrumpi online, bahkan ‘belanja online’).

Ya, saya akan menekankan tentang belanja online

Pernahkah terlintas di benak Anda ingin memanfaatkan ledakan pengguna internet di Indonesia ini untuk mencari nafkah dalam jangka panjang yang cukup menggedor kondisi keuangan Anda hingga berlipat-lipat?

membuat website

Dunia online itu tidak lepas hubungan dari yang namanya website. Iya, website. Satu kata yang terdengar indah bagi orang-orang cerdas yang bisa melihat peluang yang cukup semi transparan ini dan pada akhirnya bisa membiayai hidup mereka sendiri dari usaha mereka (tak lepas dari resiliensi yang mereka miliki).

Bukannya hanya plonga plongo, lolak-lolok, dan hanya bisa mengeluh sana sini. Menjelek-jelekkan atasan, pemerintah, dan omong kosong lainnya. Mereka yang seperti itu tidak bisa menggenggam dunia, karena untuk membuat dirinya yakin akan diri sendiri pun mereka tidak bisa.

Website…

Bayangkan Anda punya sebuah website, Anda bisa belajar panduan membuat website dari dasar hingga Anda benar-benar paham.

Pada tahun 2017 saja tercatat bahwa data penjualan di salah satu marketplace di Indonesia bisa mencapai Rp 60 milyar per hari atau Rp 900 milyar per bulan. Angka masif yang cukup menggiurkan. Itu tandanya, saat ini saja masyarakat Indonesia sudah konsumtif (apalagi jika pada tahun 2020, mereka bisa lebih konsumtif, dan Anda tidak mau kan hanya menjadi penonton transaksi mereka dan tidak mendapatkan cipratan rezeki akibat daya beli mereka yang tinggi ?).

Dengan fakta tahun 2020 bahwa pengguna internet di Indonesia berjumlah 200 juta, bayangkan Anda memiliki sebuah website dengan pengunjung katakanlah 1000 pengunjung tiap harinya (1000 pengunjung itu sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah pengguna internet di negeri ini).

Nah, di website Anda itu lah Anda pun memasarkan produk Anda, entah itu produk Anda sendiri atau produk milik orang lain (affiliate marketer).
Apabila website Anda (dengan pegunjung 1000 tiap harinya) itu digunakan untuk menjual produk dengan profit katakanlah Rp. 10.000 (angka yang cukup rendah untuk profit penjualan) tiap penjualan.

Katakanlah dari 1000 pengunjung yang datang ke website Anda, 5% (angka ini cukup rendah) dari pengunjung Anda membeli produk Anda.
Itu artinya, tiap harinya ada sekitar 50 orang yang membeli produk Anda. Dan “hanya” dengan 50 orang itulah Anda bisa mendapatkan profit yang cukup mak nyus, sekitar Rp. 500.000 per harinya (Rp. 10.000 x 50) atau Rp. 15 juta per bulannya.

Cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup di kota-kota besar karena standar pendapatan bersih untuk bisa tinggal di kota besar dengan 2 anak itu kisaran Rp. 15 juta/bulan.

Itu baru 5% dari 1000 orang. Bayangkan jika Anda punya pengunjung, persentase pembelian yang cukup tinggi (tidak hanya 5%), profit/penjualan yang lebih tinggi serta jenis barang yang beragam, InsyaAllah Anda bisa menghasilkan lebih dari Rp 15 juta/bulan, bahkan hingga milyaran tiap bulannya.

Itulah pentingnya memiliki sebuah website dalam kehidupan yang hingar bingar dengan dunia modernisasi ini. Kita bisa menjangkau target pasar se Indonesia, bahkan hingga kancah Internasional (jika produk Anda bisa bersaing dengan produk luar).

Tetapi, membuat website dan menjual produk di website Anda itu tidak semudah yang Anda bayangkan. Anda harus berusaha sekuat tenaga karena proses inilah banyak menguras waktu, tenaga, keringat, maupun air mata Anda.

Itu karena banyak jalan menuju Roma tetapi tidak ada jalan pintas untuk menerobosnya.

Tentunya, harus diiringi dengan doa dan rasa syukur yang tak henti-hentinya dipanjatkan kepada Sang Pencipta. Tidak hanya itu, Anda juga harus memiliki daya resiliensi yang cukup kuat dan kemampuan taktikal agar Anda kreatif dalam berusaha.

Seperti kata pepatah, you create your own destiny. You are the captain of your soul.

~~~

Tulisan ini karya Alexandromeo, pemilik blog Makinrajin.

8 thoughts on “Pentingnya Punya Website/Blog Di Jaman Sekarang

  1. Halo, Mbak.

    Guest post saya gimana? Saya sudah mengatakan bahwa untuk poin ke-5 tidak apa-apa dihilangkan.

    Terima kasih.

  2. Benar sekali kak.
    Memiliki dan membangun website atau blog itu bisa jadi senjata baru untuk memperluas brand dan menaikkan omset.

    Selain web untuk toko online, membangun web atau blog juga bisa mengasah kemampuan menulis, menambah relasi, bahkan bisa menjadi sebuah pekerjaan tetap, menjadi pengusaha online 😀

    Yuk, mulai membangun.

  3. Sejauh ini, saya ngeblog hanya sebagai media menuangkan ide dan pemikiran semata (dan sedikit personal branding sih :mrgreen: ). Saya masih ragu ketika ingin beranjak ke arah ngeblog yang komersial. Masih belum pede. Rasanya beda ketika menulis hanya untuk dituangkan, dan menulis ketika harus diuangkan. Kira-kira ada masukan?

  4. Setuju sekali dengan artikel ini… Punya website/blog sangat penting untuk jaman sekarang, semua maunya praktis dan cepat. Apalagi untuk yang berjualan, marketing dari nge-web dan nge-blog sudah banyak terbukti sangat ampuh… 😀

    Dan itu juga yang memicu saya untuk membuat website dan blog untuk usaha saya, Photobooth Jakarta. Tetapi saya tidak mau hanya menggembar gemborkan promosi tentang photobooth, melainkan saya juga berbagi semua hal tentang photobooth.

    Well, terimakasih sudah berbagi… 😀
    Photobooth Jakarta selesai posting Photobooth Itu Apa Sih…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge