Percayalah, Guest Post Dapat Membangun Kredibilitas Blog Anda

Pada bulan pertama, ataupun bertahun-tahun Anda menjalani aktivitas blog, Anda merasa seperti sedang berteriak di dalam hutan. Tidak ada pengunjung, subscriber masih dua digit, tidak ada link yang menuju ke blog Anda, dan bahkan tidak ada satupun pengunjung yang memberikan komentar pada artikel Anda, padahal anda sendiri sangat yakin kalau artikel Anda adalah artikel yang cukup menarik.

Anda mencoba mencari sebuah kesempatan yang lain, Anda mencoba untuk berbagi tulisan ke twitter dan facebook, namun tidak ada satupun teman dari twitter dan facebook yang mencoba menelusuri link yang Anda bagikan.

Masalahnya adalah, saya yakin Anda adalah seorang penulis yang baik. Anda hanya perlu cara untuk mendapatkan nama di dunia blogging.

Jadilah penulis guest post, ini kuncinya!
Sebenarnya mudah saja, jika Anda mau sedikit saja berbagi ide tulisan ke blog lain yang lebih dulu eksis. Karena apa? Blog yang memiliki trafik pengujung yang tinggi atau sudah lama dikenal orang biasanya memiliki reputasi yang baik di mata para pembaca, jadi coba Anda bayangkan jika seandainya Anda adalah seorang penulis dalam blog tersebut, Anda pastinya dianggap salah satu dari orang-orang yang profesional dibidangnya oleh para pengujung blog tersebut.

Coba lah kirim tulisan Anda ke blog blog yang lebih dulu telah memiliki kredibilitas, jangan takut tulisan Anda ditolak, coba saja. Anda tidak akan tahu hasilnya jika tidak pernah mencobanya, ini kesempatan anda. Bacalah dengan seksama tentang peraturan guest post pada masing-masing blog, jangan sampai tulisan Anda ditolak hanya karena Anda tidak mematuhi peraturan guest post yang telah dibuat oleh pemilik blog.

Orang-orang akan menilai hasil tulisan anda, sebagian besar dari mereka akan penasaran dengan tulisan anda yang lain, mereka pastinya akan mengunjungi blog anda untuk membaca tulisan-tulisan anda yang lain. Nah, sekarang apa yang anda dapatkan? Anda telah mendapatkan sedikit perhatian dan lirikan terhadap blog anda, Blog Anda DILIRIK BUNG!

Tidak hanya sampai disitu, setelah tulisan Anda diterima dan dipublish oleh pemilik blog, Anda harus sesering mungkin untuk mengontrol dan membalas setiap komentar yang ditujukan ke tulisan Anda. Posisikan diri Anda sebagai pemecah masalah, bantu mereka memahami tulisan Anda, dan ajaklah pembaca Anda untuk ikut berinteraksi, β€œIngat, bersikaplah seperti penulis profesional”.

Tips tambahan – Biasanya setelah saya menulis sebuah artikel yang ingin dijadikan guest post, saya selalu menulis tentang diri saya di akhir tulisan, serta mencantumkan alamat blog saya di ujung tulisan. Mungkin akan bisa mencobanya.Β  Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan Anda dalam dunia blog.

Monza Aulia – Pendiri Nahning.com yang saat ini aktif menulis seputar dunia blogging pada blog pribadinya Monzabyte.com

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

64 thoughts on “Percayalah, Guest Post Dapat Membangun Kredibilitas Blog Anda”

  1. Tipsnya sangat menarik dan realistik.
    Bagi pemilik blog yang dititipi tulisan tamu juga ada risikonya.
    Kadang-kadang pembaca blog menganggap semua tulisan yang ada di blognya adalah tulisan dia semua, sehingga ktika ada pertanyaan yang spesifik, jadi tidak bisa menjawab.
    Btw dua-duanya diuntungkan, baik pemilik blog maupun penulis tamu.
    Salam sehati.

  2. Saya sendiri sampai sejauh ini belum pernah menulis di blog lain. Egois juga saya πŸ™‚ Namun untuk para penulis tamu, ada baiknya mempersiapkan blognya sebaik mungkin sebelum menulis di blog lain. Blog sang penulis tamu setidaknya sudah punya cukup banyak konten dan didesain sebaik mungkin. Ini penting agar trafik yang diperoleh nantinya (dari blog ia menulis tamu) tidak sia-sia. Alias bisa dikonversi menjadi trafik tetap yang meningkat secara berkesinambungan.
    iskandaria selesai posting Artis Cantik Carissa Puteri Dikabarkan Menghilang- Ada Apa Ya

  3. Benar Is, saya juga pernah menjadi penulis tamu disalah satu blog dan kesudahannya banyak pengunjung keblog saya dan lumayannya lagi saya jadi kenal banyak bloger lain yang sebelumnya saya tidak kenal.
    Sempat kepikiran juga mau nulis diblog ini, cuma keknya kebiasaan tulisan saya masih jauh dari syarat yang dikehendaki kamu. MUngkin nanti πŸ˜€

    Salam.. .

  4. Maaf kalau ada yang salah… Dipsoting kan ditulis”Anda harus sesering mungkin untuk umengontrol dan membalas setiap komentar yang ditujukan ke tulisan Anda”
    Tapi kenapa sang penulis ngga membalas beberapa komentar yang menurut saya membutuhkan tanggapan?

    1. hehehe bro …
      tidak heran klo soal itu
      saya perhatikan klo sudah jadi seleblog emang rata2 gitu
      coba deh perhatiin blog yang tulisannya padat pengunjung,
      hampir pasti jarang disahuti penulisnya
      sejauh ini yang saya lihat masih konsisten menyahuti pengunjung ya blog Arman yang di State itu πŸ˜€ klo dia mah rajin betuuuuuul hehehe

    2. bro eser, salut untuk kritisnya hehe πŸ™‚ iya benar, saya baru bisa membalas komentarnya hari ini karena kemarin saya harus turun ke desa, dan disana tidak ada warnet maupun koneksi untuk modem saya pun tidak dapat sinyal. Jadi susah sekali. Maaf ya πŸ˜€
      Monza Aulia selesai posting MessageParty – Blog Berbasis Lokasi

  5. Sampai saat ini aku masih belum merasa PD untuk menjadi penulis tamu. Karena menagemant admin blog ku sendiri masih amburadul dan blog ku masih jauh dari ideal. Mungkin sering BW dengan tulisan sahabat blogger bisa membuat sedikit memahami bagaimana blog yang ideal itu πŸ˜‰
    Oh ya aku langsung ke TKP ➑

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan
    Sugeng selesai posting Pengalaman Bongkar Memory RAM

  6. wah,belum pernah ni nulis di blog kawan blogger lain.kayake tips ini bener2 dapat membangun kredibilitas bllog kita.makasih dah berbagi informasi πŸ˜€

  7. Salam persahabatan, lam kenal sebelumnya Gan baru nyampey kemari. Apa yang anda sampaikan saya setuju banget tapi sampey sekarang belum pernah saya lakukan…. oo ini mengingatkan saya bagaimana membangun blog karenakan artikel bukan untuk kita senduri. Bagaimana menurut Gan ?
    Nice post dan kren Gan
    asuransioke selesai posting Janganlah Kamu Bersedih

  8. Kalau saya justru banyak menulis di blog keroyokan seperti kompasiana, blogdetik, komunitas blogger bekasi, jejaringku.com, dan masih banyak lainnya. Dengan banyak menulis, saya pun menjadi ada di mana-mana. Itulah nikmatnya kita berbagi. Jadi jangan hanya menulis di blog pribadi saja. Sekali-kali harus keluar rumah sendiri, hehehe

    salam blogger persahabatan
    Om Jay
    wijaya kusumah selesai posting The Power of Book- Baca Buku Buka Dunia

  9. Kalau saya malah sedang membangun situs tempat ‘kumpulan tulisan’ bertema keislaman. Konsepnya mirip dengan guest post, namun tentu tidak benar-benar sama. Jika sudah terbangun dengan baik, insya Allah situs tersebut akan saya launching melalui blog saya.

    Salam kenal,
    Abu Furqan

  10. Guest post itu maksudnya apa ya? Submit tulisan di media-media terkenal? Atau cuma numpang nebeng komen seperti saya nebeng komen di blog terkenal milik mbak Is ini?

  11. It was hard to find your website in google search
    results. I found it on 14 spot, you should build a lot of quality backlinks
    , it will help you to increase traffic. I know how to help you, just type in google – k2 seo
    tricks
    Misty selesai posting Misty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge