Perlukah Guru Blogger?

guru-blogger

Memangnya Anda siapa? Mengajari blogger lain tentang apa yang ’harus dilakukan’ dan apa yang ’tidak boleh dilakukan’?

Jika menemui sebuah blog, pernahkan Anda merasa bahwa pemilik blog tersebut adalah orang yang ’sok tahu’ menjelaskan tentang suatu hal?

Atau Anda sudah merasa cukup pintar dan lebih banyak tahu daripada yang dijelaskan oleh blogger lain di blognya tersebut?

Saya termasuk blogger yang haus ilmu. Bagi saya, blogger lain saya jadikan sebagai ’guru’. Tempat saya menimba ilmu. Apapun yang mereka tulis. Tentu, filternya ada pada diri kita sendiri.

Memang, blog Anda adalah milik Anda dan bebas mengisinya dengan apa saja. Tetapi jika kita mau jujur, dalam ngeblog, kita melakukan sekumpulan kegiatan yang lebih kompleks daripada ’sekedar’ menulis postingan.

Menulis postingan, hanya sebagian kecil dari pada kegiatan blogging itu sendiri. Jika kita hanya menganut ilmu ”Tulislah apa yang mau Anda tulis” apakah kita sudah bisa disebut sebagai blogger?

Memiliki sebuah blog tidak melulu urusan mengisinya dengan postingan. Seandainya Anda mampu menulis setiap hari secara rutin, tetapi membiarkannya begitu saja tanpa ada yang mengunjungi, apalagi membacanya, blog Anda tak ada bedanya dengan buku diary yang gemboknya Anda pegang sendiri.

Ada tahapan selanjutnya yang diperlukan oleh blogger agar tulisannya dibaca oleh orang lain. Agar orang memberikan komentarnya terhadap tulisan kita. Dan itu ada ilmunya tersendiri. Semakin lama kita berharap pembaca blog semakin banyak. Jika sudah ribuan orang dan blog kita lebih terkenal ada langkah-langkah lain lagi yang bisa kita lakukan. Semua itu ada ilmunya. Tingkatan-tingkatan yang harus kita pelajari.

Saya perlu banyak guru yang mengajarkan apa yang ’harus dilakukan’ dan apa yang ’tidak boleh dilakukan’ dalam blogging.

Siapa saja guru saya? Dalam postingan yang akan datang saya akan memberitahukan kepada Anda.

Bagaimana dengan Anda? Siapa guru Anda?

37 thoughts on “Perlukah Guru Blogger?

  1. Saya termasuk yang selalu ada yang kurang dalam ngeblog ini, sehingga perlu bimbingan banyak dari rekan-rekan senior.
    Betul sekali dengan ngeblog terasa manfaatnya. Setiap membaca artikel kawan2 bloger, pada saat itu pula pengetahuan bertambah. Trims sekali. Salam
    .-= arkasala´s selesai [nulis] ..Menulis itu …. ???? =-.

    Betul, meskipun tidak secara langsung ‘berusaha mencari ilmu’, tetapi nggak ada salahnya kan ya, ‘mendengarkan’ apa yang dikatakan orang. Saya menulis bukan bermaksud untuk menggurui. hanya mencoba berbagi, siapa tahu ada yang membutuhkan. 😳

  2. nunik gurunya bundo..!!! mau yaaa 😀

    perlu energi bagi bundo untuk mempertahankan kelangsungan hidup ladang ilalang milik bundo, sharing dari teman” seperti nunik ini, merupakan makanan bergizi yang menambah tenaga bundo.. makaciy
    .-= nakjaDimande´s selesai [nulis] ..nuansa beningku.. =-.

    Wedeww, malu niy Bundo… Nggak perlu diomongin kalo ada ilmu yang bisa di dapet di sini. Cukup diem-diem aja, ‘curi’, trus lariiii balik lagi ke ladang… 😆 😆

  3. Selamat pagi Isnun, Saya salut dengan orang-orang yang mau mengelola blog, karena banyak hal yang kita dapatkan ketika kita masuk kedalamnya, dan siapa menabur ilmu pengetahuan akan menuai ilmu pengetahuan juga, Input yang saya dapatkan ketika ngeblog :- Sebagai window of the world ( tidak seperti katak dalam tempurung ) saya banyak menimba ilmu pengetahuan dari blog, bahkan saya yang sebagai konseptor pidato banyak mengambil referens dari blog, hal lain yang saya dapatkan saya punya teman-teman blogger yang bisa diajak sharing, tukar ilmu dan diajak berbagi kasih Dalam tanda petik ” kasih positif ” seperti Kang Boed, Mas Wandi, Guskar Faza, Delenger, Isnuansa, Mas Chollik, Kang Endang Kusmana, Perigi Tua, Bibit M dsb, masih banyak yang lainnya lagi ….. teman-teman blogger itu dapat memberikan energi positif dalam kehidupan, kehidupan yang loyo menjadi semangat, . Selain hal tsb diatas dengan sharing kita dapat berbagi beban dengan teman-teman blogger, bahkan saya berencana jika tidak ada aral melintang akan mengundang teman-teman blogger untuk kita saling membangun dan mengisi bagaimana ngeblog yang positif dan memberi manfaat yang besar serta berdampak pada membangun negara ini untuk lebih maju dan berkembang. Untuk itulah saya simpatik pada teman-teman blogger yang selalu mengisi blognya dengan yang positif dan berguna untuk kita semua. Demikian isnun yang dapat saya tanggapi, terima kasih tulisan yang bagus, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar
    .-= Agnes Sekar´s selesai [nulis] ..PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN NARKOBA MELALUI MEDIA MASSA =-.

    Wah, Ibu Agnes ternyata hampir sama kayak PakDhe Cholik, penulis Pidato. Hebaat.

    Nunggu undangannya nih, boleh juga ngumpul-ngumpul… 😉

  4. Sebelumnya salam kenal mbak isnu,

    saya pribadi menjadikan guru tiap blogger yang saya kunjungi. Mungkin banyak dari para blogger master yang bisa diambil ilmu2nya, baik itu menyangkut bagaimana mengelola blog, tips dan trik, serta berbagai macam pengetahuan lain. Tapi ada juga blogger yang “biasa-biasa saja” saja, namun mereka juga mempunyai potensi yang bisa kita petik darinya.
    .-= rismaka´s selesai [nulis] ..Sedang Sibuk Ngurus RISOFTE =-.

    Menarik, jadi, saya bisa menyimpulkan, menulis tips ngeblog bukannya ‘sombong’, tapi yang nggak perlu ilmu dari orang lain justru yang ‘sombong’ ya?

    Terimakasih Mas, sudah mampir.

  5. Sekarang Nooedin M. Top Jualan Cendol? wkwk… Berkunjung kembali
    salam….
    .-= dobloger dofollow´s selesai [nulis] ..Noordin M. Top Jualan Cendol atau Ikut PPC? =-.

    Terimakasih berkunjung kembali.

  6. Guru saya banyak banget 😀 😀
    mbah google, om wikipedia, para blogger senior bahkan dari seorang newbie saya juga belajar banyak 🙂
    .-= tukangobatbersahaja´s selesai [nulis] ..Lagu Indonesia Raya =-.

    Hampir rata-rata punya guru ya? Nggak ada yang ngeblog sembarangan dengan moto tunggal ‘Tulislah apa yang mau Anda tulis’.

  7. Wah aku juga termasuk baru ngeblog,bisa di blg ga tau apa2…
    Yg ku tau blajar menulis dan mengunjungi bloger2 lain…
    Jadi apakah aku jg bs di sbt blogger?
    Adh maaf.. Salam kenal ya 😛

    Sampe lupa nulis alamat blognya di sini ya?

  8. dalam urusan ngeblog, hakekatnya semua narablog adalah guru saya, baik yg lama maupun yg baru punya satu postingan. masing2 punya keistimewaan. baca komeng2 yg ada pun, ternyata banyak manfaat yg saya ambil.
    .-= guskar´s selesai [nulis] ..“Yes, hari ini gw bebas…!” =-.

    Asyik, sampe sejauh ini, belom ada yang nggak punya ‘guru’…

  9. Kanglurik masih nubie kalo maslah blogger. banyak benget blogger yang kanglurik jadiin refrensi.
    Termasuk sampean mbak….
    .-= kanglurik´s selesai [nulis] ..Kaskus Lawan Rock Legend =-.

    Masa iya, Kang?

  10. 1. Saya termasuk manusia yang kadang menulis artikel tentang sesuatu yang saya anggap sedikit berguna, terutama bagi saya. Artikel yang saya tulis kadang hasil membaca di Google dan site2 lain yang mungkin belum di gali oleh para master.

    2. Saya sependapat dengan Mas Arkasala bahwa menulis sesuatu artikel bukan bermaksud menggurui teman tetapi titik beratnya sharing pengetahuan. Kadang saya bumbui kata ” bagi blogger pemula seperti saya”.Ini maksudnya para master yang sudah mumpuni ya nggak usah mbaca, cukup nglirik trus ditinggal aja.

    3. Saya berikan contoh : mungkin ada blogger pemula yang belum pernah membaca bahwa ada alat yang dapat digunakan untuk mengetest kecepatan suatu blog. Nah kalau saya kebetulan membaca itu di site sono, kan bisa diterjemahkan kemudian di share kepada teman2.Tentu sumbernya saya sebutkan dan saya link,ini suatu etika.

    4. Jika mbak Nuning menulis ” 5 cara menulis blog yang baik “, saya tidak berpikiran bahwa mbak Nuning menggurui saya, tetapi itu sebagai materi penyegaran karena pada tahun 1963 saya sudah pernah membacanya di blog Yu Ngatemi, misalnya lho.

    5. Sekarang coba mbak Nuning blogwalking selama 2 hari saja. Tulisan mengenai PR dan Traffic Rank jika dikumpulkan ada 5 gerbong kereta api yang ditulis oleh sak minibus blogger. Ini juga nggak apa-apa, mirip orang jualan kue basah di Pasar Blauran kan.Jajanan kan macem-2, di Pasar Senin juga ada.

    6. Trus lihat ke televisi, kalau ada artis cerai dan dipukuli babak belur oleh suaminya, hampir semua infotainment menyiarkan ini. Walau tajuknya beda-beda : ada ” cek ricek, Kiss, Hot Shot, Silet,Insert,dll.

    So, biarkan mereka menulis apa yang mau ditulis sepanjang tidak mengandung hal-hal yang banyak mudharatnya dan tak melanggar Undang-undang, norma,kaidah atau menyebabkan negara dalam keadaan bahaya.
    Kalau ada blogger menulis puisi yang dia dan kita sama-sama tidak mengerti apa maksudnya, ya biar saja. Kita pura2 saja mengerti.Ha..ha..ha

    Kepanjangen ya komentar saya, tahu gitu tak jadikan postingan rek.

    Sekian dan terima kasih.
    Salam hangat dari Surabaya.
    Merdeka, Merdeka, merdeka.
    .-= Abdul Cholik´s selesai [nulis] ..Detik-Detik Proklamasi =-.

    Gyahahaha… Panjang bener nih komentarnya PakDhe. Ini berapa gerbong ya?

    Maturnuwun sanged PakDhe. 😳

  11. Ku akui emang aku adalah blogger yang masih kurang ilmunya jadi tampaknya aku masih harus buanyaaak banget belajar kepada blogger-blogger lainnya..tapi kalo ada sesuatu yang aku tau dan ada blogger yang enggak tau jadi aku kasih tau (aaah ribet pembahasannya)..yang jelas dalam pikiran aku,,kita saling berbagi ilmu yang kita tau

    Yap, berbagi, tak pernah rugi… 😯

  12. Oooo…begicu ya Nunik…. 😉
    seperti Bundo…saya juga membutuhkan *guru bloger..
    salam …
    .-= abrus´s selesai [nulis] ..Bangunlah Badan-Mu – Bangunlah Jiwa-Mu..! =-.

    Hihiihi, iya…

  13. Kalo saya mo berguru sama Mbak Nunik, boleh nggak? 🙂
    .-= Khery Sudeska´s selesai [nulis] ..Murtadha Muthahhari; Tentang Ideologi (Bagian 2)* =-.

    Saya lebih suka jadi murid 😉

  14. Guru Blogger emang perlu.
    Kalo disebutin satu per satu, gak cukup neh hehe….
    Dengan Blogwalking, pasti kita dapat ilmu perblog-an. Termasuk berkunjung ke sini

    😛
    .-= HumorBendol´s selesai [nulis] ..CD =-.

    Saya nanti insya alloh bikin postingan siapa saja guru-guru saya…

  15. Apapun yang saya baca dan siapapun yang menulis kalau memang memberikan manfaat dan nilai positif tentu akan saya jadikan pelajaran dan referensi tersendiri.

    Pelajaran bisa didapat di mana saja, kan Mas?

  16. Lho, nomer 14 sampai nomer 19 kok nggak di balas tho. Waduh, mbakyu yang cantik ini pasti lagi mudik,soalnya 17an di kampung.

    Ehhhh, jangan-jangan ada lamaran yaaaa…….Soalnya kemarin sudah menyiapkan berkas-berkasnya.

    Harap sabar yo sederek-derek, entar kalau mbak Nunik sudah kembali pasti akan dikirimi oleh2.
    .-= Abdul Cholik´s selesai [nulis] ..Ada apa dengan Proklamasi ? =-.

    Ternyata saya liburnya 10 harian PakDhe…

  17. klo gw berguru disini gapapa kan mba?

    Terimalah hamba sebagai murid… :mrgreen:
    .-= ayamcinta´s selesai [nulis] ..Selamat Hari Pramuka =-.

    Gyahahahaa 😯 😯

  18. Guru favoritku
    Mbah Google
    .-= Dinda Watson´s selesai [nulis] ..Cara Mengetahui Blog NoFollow atau DoFollow dengan AddOns Firefox =-.

    Kita bisa tanya apa saja, kapan saja 😆

  19. hadirrr ….
    sekedar mengunjungi sahabatku sayang, adakah secangkir kopi untukku… sekedar pengusir rasa dingin ini…
    cu …
    .-= perigitua´s selesai [nulis] ..Perigitua dalam renungan =-.

    Ada tuh Mas Faza, ambil sendiri ya…

  20. hadirrr ….
    sekedar mengunjungi sahabatku sayang, adakah secangkir kopi untukku… sekedar pengusir rasa dingin ini…
    cu …

    Udah diambil kopinya Mas?

  21. lah.. kenapa komenx ku dua kali ilang semua…???
    guru ngeblog saya banyak banyak mbak, tanya sana tanya sini, ketemu nyang bahasa jawa, tereak2 minta tulung ma keponakannya, hehehe… pokokna mah keep blogging wae ce nah..
    hehehe..
    cu…
    bismillah… moga2 nggak lenyap lagi..
    .-= perigitua´s selesai [nulis] ..Perigitua dalam renungan =-.

    Tanya oom google juga kan? 😳

  22. Semua blog yang aku kunjungi adalah guruku, siapapun dia apapun dia.
    Terima kasih mbak Nunik, tulisanmu Hemat, Cermat dan Bersahaja kaya pramuka 😀 ya Pramuka Blogger.. 😆
    .-= Vyan RH´s selesai [nulis] ..Mari warnai Kemerdekaan dengan Karya Kita =-.

    Hemat cermat bersahaja? 😆 😆

    Dapat bunga dong??

  23. komentarnya bagus2 seperti tulisannya…

    saya tak tau yg sudah saya lakukan selama ini apa bisa disebut belajar … yg jelas apa yg bisa saya lakukan, ya dilakukan saja. saya juga tak tau apa sudah benar atau masih salah. yg jelas saya baca dari yg moga2 bagus dan benar lalu coba2 sebisanya 🙂

    salam kenal 😆
    .-= didik´s selesai [nulis] ..Tips Mudik Lebaran 1 Syawal 1430H Mobil Pribadi Bandung – Malang lewat Jalur Tengah Jawa =-.

    Banyak baca pasti kesalahan bisa diminimalisir.

  24. gw mah paling males ma yg namanya nulis tips , tutorial dan kroni2nya… 😡 😡
    tapi paling demen klo suruh baca tips dan tutorial, 😆 😆
    dasar malas 😯
    jangan ditiru ya.. ❗ ❗
    .-= yosbeda´s selesai [nulis] ..pemimpin bangsa impian gue =-.

    Saya juga mulai kehabisan ide nulis tutorial dan semacamnya. Belom ada ide lagi. Masih sering baca-baca dulu aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge