Perlukah Mendaftar Di Banyak Situs Social Media?

Dari keisengan saya berseluncur di internet pas menunggu pesanan makan siang diantar, saya menemukan situs untuk mengetahui, sudah seberapa banyak akun social networking yang kita miliki. Namanya Namechk. Di situs tersebut, kita bisa mengetahui, dari 84 social networking yang ada (atau bisa menampilkan 160 jika Anda mau!), sudah berapa banyakkah yang terdaftar menggunakan username yang kita sukai.

Seperti saya, tentu saja saya mengecek keberadaan username “isnuansa” yang saya gunakan untuk seluruh akun selama ini. Ternyata, baru ada 15 buah seperti screenshot di bawah ini. Memang, untuk aktif di semua social networking yang ada itu sebuah hal yang mustahil, tetapi tidak ada salahnya jika kita mendaftarkan username di situs-situs tersebut sebagai salah satu upaya personal branding diri kita.

Social Networking

Lantas, apa fungsinya? Saya bisa merasakan sendiri belakangan ini. Hal yang tidak pernah saya bayangkan akan mendatangkan keuntungan pada diri saya dan hanya membuang waktu percuma, ternyata mempermudah orang lain menelusuri keberadaan diri saya, apa yang saya telah lakukan, dan membuat orang memberikan apresiasi. Saya memang belum bisa menuliskannya secara gamblang saat ini, tapi beberapa orang yang sudah saya curhati, pasti tau apa yang saya maksud. 🙂

Pencitraan diri yang positif dengan harga yang murah, tentu saja dengan mudah bisa kita dapatkan dengan bergabung di beberapa social networking yang ada, dan berinteraksi secara aktif di dalamnya. Memang, yang paling utama, saya baru aktif di Facebook dan Twitter saja, serta mengelola blog-blog saya.

Social Networking

Dan siang itu, dalam satu hari, saya mendaftar 18 lagi akun tambahan, seperti yang terlihat di gambar di atas, jumlah username isnuansa sudah menjadi 33 buah di berbagai social networking. Anda sendiri, menganggap penting nggak berinteraksi di jejaring sosial? Apa saja akun yang sudah Anda miliki?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

50 thoughts on “Perlukah Mendaftar Di Banyak Situs Social Media?”

  1. wah, sepertinya webtool Namechk ini sangat bermanfaat untuk melihat eksistensi kita di jejaring sosial. Terima kasih atas referensinya, Mba’ Nunik.

  2. Saya baru aktif di Facebook mbak. Kalo di Twitter belum sama sekali. Bagi saya cukup penting juga dan bahkan saya merasa sangat terbantu dengan keberadaan Facebook. Saya jadi bisa saling berbagi informasi dengan mudah dan cepat pada teman-teman yang saya kenal, terutama yang satu grup dengan saya (di FB).

    Nanti kemungkinan besar saya akan menjajal Twitter. Kalo sosial media lainnya kayaknya nanti aja. Cukup 2 dulu.
    iskandaria selesai posting Artis Cantik Carissa Puteri Dikabarkan Menghilang- Ada Apa Ya

  3. Wow, ternyata aktif di beberapa jejaring sosial, saya saja cuma aktif di facebook saja. Walaupun punya akun di twitter dan juga plurk, tetapi tetap saja lebih menghandalkan facebook 😀 hehehehe.

  4. Kalo nurut saya mbak, punya account socmed huiumnya wajib… Cos selain sebagai media branding diri, socmed juga sebqgai media komunikasi dan berjejaring.. Saya masih aktif di twitter, fb, plurk, dan kadang koprol jg 4sq.. Hehe

  5. Kalau saya secukupnya saja Nik.
    Kalau dulu masih jamannya FS sih masih bisa maintain ya. Tapi sekarang banyak banget, wuaduhhh kayaknya gak sanggup maintainnya seperti katamu juga hehehe…. Kemarin saya baru cancel FS, soalnya FS itu memang tidak saya buka u/ umum dan karena dulu dikejar2 orang dr akun itu, ya tak cancel hahahahaa…

    Eh tapi saya tertarik juga mau daftar ke banyak SocNet, yah untuk mendaftarkan nama saja kali ya, agar tidak diambil orang. 🙂

    1. Diambil orang kalau nggak dipakai yang macem-macem sih nggak papa, Mbak, tapi kalau nantinya disalahgunakan, ya harus waspada. Emang lebih baik kita ambil saja.

  6. saya pernah kepikiran utk mendaftar di banyak jejaring itu, namun akhirnya saya fokus ke FB dan twitter saja. Soalnya face it, berapa banyak yg datang ke situs kita dari sana? saya sih paling banyak lewat kedua jejaring itu plus Google 🙂

    tapi thanks atas sharingnya ya
    indobrad selesai posting Berjudi dengan Nasib

  7. aku aktif di blog sama facebook mbak..
    di twitter gak begitu aktif…
    gunanya banyak ikut social media..
    nambah temen..dan nambah ilmu juga..

  8. kalo dari daftar yang ada di namechk saya terdaftar di23 situs social bookmark n networking

    tapi yang paling sering digunakan sih hanya beberapa Social network aja – waktu masih jaman FS bisa dibilang saya salah satu insomnia victim dunia maya hahah, dan untuk social bookmark saat ini saya lebih sering menggunakan social bookmark lokal.

    mengingat blog saya saat ini targetnya untuk pengguna di Indonesia 😀
    boim selesai posting wisata kuliner – antara aku- ide- dan konten

  9. Ketika saya membuat akun di satu jejaring sosial, pertama adalah untuk mencicipi rasanya, sekedar tahu bagaimana cara berinteraksi di sana. Dari sekian jejaring sosial yang pernah dicoba, rasanya belum bisa mengalahkan nikmatnya ngeblog, wal hasil akun di plurk, twitter, friendster ditutup, kalaupun fb masih dibuka itu sekedar agar bisa tetap terhubung dengan teman-teman lama yang nda ngeblog.

  10. saya rasa ini sangat penting karena dapat mempengaruhi eksistensi blog yang kita miliki.. semakin banyak kan bisa semakin meningkat tuh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge