Polling: Berapa Lama Menulis Artikel?

Kalo pertanyaan di atas saya tanyakan pada MasHengky, pasti jawabannya 5 menit saja. Ngapain lama-lama menulis sebuah artikel? Banyak yang harus dikerjakan dalam satu hari, kalo kelamaan buat nulis, siapa yang jagain lapak? Siapa yang menjawab pertanyaan dan komentar nggak penting dari pelanggan yang masuk? Dan lain-lainnya. Yang pasti, blogger yang satu itu suibuk banget deh, makanya waktu menulisnya hanya 5 menit. πŸ˜†

Kalo kita tanyanya sama Mas Casrudi, jawabannya juga sama: 5. Bukan menit, tapi jam! πŸ˜† Kok bisa? Lhah, saya juga heran. Tapi percayalah bahwa jawaban tersebut sangat valid. Lha wong saya beberapa waktu lalu kopdar kok sama beliau. Dan angka itu adalah berdasarkan pengakuan beliau sendiri. Kalau saya mengada-ada, saya takut juga nanti bisa disomasi.

Nah, pertanyaannya, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menulis sebuah artikel di blog Anda? Kasih penjelasan dan alasannya ya… Seperti biasa, buat beberapa jawaban yang nggak asal-asalan, pasti akan dapat backlink dari saya di postingan selanjutnya.

Yuk, mariii dijawab. Monggo…

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

42 thoughts on “Polling: Berapa Lama Menulis Artikel?”

  1. Tergantung keadaan. Kalau lagi kejar setoran, 15 menit sudah kelar. Tapi kalau tidak ada deadline bisa satu hari. Maklum, profesi ghost writer dituntut disiplin setor artikel. Telat satu jam saja kena denda.
    .-= Agus Siswoyo selesai posting Menerapkan Nilai Budaya Dalam Menulis Artikel =-.

  2. Kalau saya biasanya jam 7 sampai jam 12 jadi 5 jam untuk menulis. Biasanya aku mulai dengan membaca2 koran tempo sama kompasiana. Biar dapat ide.

    Kalaupun sudah lebih jam 12 saya tidak melanjutkan menulis artikel karena udah ada jadwal lain, ngerjain skripsi πŸ™‚ klo trus-trusan nulis artikel skripsinya g selesai donk!
    .-= rauff risharasakti selesai posting Melihat Performa Blog =-.

  3. Kalau saya, apabila ide itu datang dengan lancar, maka tanpa pikir panjang lagi artikel yang akan saya tulis itu pasti dengan penuh semangat akan saya selesaikan kurang lebih 1 jam. Tapi kalau lagi buntu, perlu berhari-hari untuk menyelesaikannya. Maklumlah, saya kan pemula. Jadi masih amatiran. Yang penting usaha aja dulu. Hasilnya belakangan. Gunakan aja prinsip trial and error, lalu diperbaiki lagi. Tidak perlu memaksakan diri menjadi yang terbaik diantara blogger. Toh, para blogger2 itu hanyalah manusia biasa yang punya kekurangan dan kelebihan masing2 dalam penulisan artikel.
    .-= Ifan Jayadi selesai posting Apa Itu Award? =-.

  4. Kalau saya sendiri butuh waktu berhari-hari untuk menulis. Karena saya masih mood-mood-an kalau soal menulis. Kalau gak ada ide biasanya langsung saya ganti dengan kegiatan yang lain. Kalau mood dan ada ide baru saya lanjutkan. Jadi harap maklum kalau blog saya jarang update. hehe
    .-= dimasangga selesai posting Adakah Hubungan Antara Komentar dengan SEO? **Kontestan Kontes SEO Must See!!!** =-.

  5. Proses menulis saya paling cepat 30 menit. Bahkan bisa mencapai 5 jam kayak Kang Rudi. Ini lantaran modal saya yang serba cekak.
    1. Kemampuan tulis menulis yang cekak, sehingga tidak jarang tulisan yang sudah dapat 2 atau 3 paragraf musti diedit total kembali karena setelah dibaca-baca sendiri rasanya gak memuaskan.
    2. Kemampuan kademis yang cekak, apalagi kalau sudah menyangkut statistik dan data. Bisa-bisa nanya sama Om google sampai beberapa hari. Itupun sering kali yang ketemu data yang saling simpang siur dan bertentangan.
    3. Koneksi internet yang cekak. Bermodalkan modem CDMA ketika sedang mengupload gambar atau mempublish harus menekan dada lantaran tiba2 koneksi gak memadai dan gagal ter-upload. Perrnah untuk mempublish harus mengulangi hingga lima kali, salah satunya malah tulisan di dashboard hilang.
    4. Waktu yang cekak. Lantaran belum bisa hidup dari blog maka waktu untuk blogging musti dibagi2 dengan waktu kerja di dunia nyata.
    5. Apa lagi yang cekak, ya?
    .-= alamendah selesai posting Daftar Pulau Terluar Indonesia =-.

  6. Wah…. ternyata komen saya lebih mirip curhatan yang puanjaaaaaaang. Tahu gitu tak posting aja di blog saya….
    hehehehe
    .-= alamendah biru selesai posting Hujan Meteor 2010 =-.

  7. saya minimum 30 menit, karena pasti saya cek dulu info yang akan digunakan, dan mengedit foto-foto yang akan dipakai.
    maksimum 2 jam, lewat 2 jam biasanya saya tinggal, karena itu berarti sedang tidak mood nulis. Karena biasanya saya sudah punya plot cerita dalam otak yang tinggal dituangkan saja.
    begitu mbak nunik…

    EM
    .-= ikkyu_san selesai posting Beda Buku Jepang dan Indonesia =-.

  8. Diriku, kalau postingan normal (300-500 kata), sekitar 1-2 jam… ^^;

    Soalnya pasti dibaca ulang ada hampir 5-10x … dan banyak koreksi sebelum aku yakin itu layak tampil ahaha.. (terutama spelling dan syntax check).
    .-= Dewa Bantal selesai posting Kedua Bukanlah Tak Sebaik Pertama =-.

  9. Kalau saya bisa sampai 2 jam. Ini termasuk koreksi bolak-balik, edit dan upload gambar, dan format teks mana yang bold, miring dan link.

    Kalau idenya seret, bisa sehari ga selesai2, he he he
    .-= budiastawa selesai posting Amankan Bandwidth dari Hotlink =-.

  10. Pagi mbaq Nunik… πŸ™‚

    Terima kasih backlink nya,

    Saya sendiri heran knp membuat satu postingan harus menghabiskan waktu sampai 5 jam lamanya, mgkn karena belum menguasai teknik menulis yg benar, belum bisa memindahkan ide secara cepat dari otak ke dalam tulisan, dan faktor lain seperti yang Mas Alam Endah kemukakan diatas.

    Ditambah lagi kebiasaan “mematangkan” tulisan, dimana setelah satu tulisan dianggap selesai, saya tidak lantas mempublishnya. Didiamkan beberapa lama sampai yakin tulisan itu tidak perlu ditambah/edit lagi. πŸ™‚

    Sukses selalu buat Mbaq Nunik…

  11. Kalau koneksi lagi oke, saya butuh 1/2-1 jam bahkan pernah juga lebih, Mbak…
    Karena biasanya yang saya tulis, penting atau nggak penting, selalu lebih dari 3 paragraf, minimal memuat 1 gambar. Trus, kadang sambil main sudoku, atau chat, atau nonton drama korea online, atau disuruh belanja ke warung sebentar, bakalan lebih lama lagi selesainya :mrgreen:
    Kalo pas lagi lelet, sambil mengurut dada juga deh:(

  12. nulis bisa 10 menit sampai 1 jam,tergantung materinya. tapi yg lama kadang cari2 gambarnya mbak hehehe πŸ˜›

    pernah juga kok 5 menit,apalagi jika seperti tulisan saya terakhir,pendek banget tuh πŸ˜€
    lagian kalo saya lagi mood bisa nulis banyak,jadi disimpen dulu di draft buat dipublish kalo lagi gak ada bahan atau lagi gak sempet nulis πŸ˜‰
    .-= didot selesai posting i’m not your beib tau…. =-.

  13. salam sahabat,
    kalau gus sih kurang lebih 30menitan
    tapi kata pertama masih sulit buat di tulis
    kalau isnuansa sendiri berapa menit dalam menuli9s artikel

  14. kalau saya sih tergantung jenis artikelnya, kalau semacam tulisan hasil pertandingan sepakbola atau balapan motogp mungkin tidak sampai 30 menit.

    kalau tulisan tutorial bisa jadi berjam-jam, sedangkan tulisan tips tidak sampai 15 menit tergantung mood..

    jadi yang bener yang mana? ya tergantung.. hehe
    .-= imadewira selesai posting Selamat Datang Cecep =-.

  15. aku senang ditanya kaya ginian hihi
    biasanya nulis secepatnya paling lama 10 menit kecuali kalo lagi nulis artikel kesehatan bisa sampe 30 menit karena butuh mikir
    kalo cuma tulisan biasa, puisi atau cerita sebentar aja yang bikin lama itu koneksi internetnya hehe

  16. Salam Takzim
    Hehehe saya biasa menulis maximum 2 jam itu juga kalau koneksinya bagus, tapi kalau lagi lambat tinggal nunggu waktu saja ya Β±2Β½ jam deh
    soalnya saya biasa bikin trackback untuk postingan sebelumnya
    Salam Takzim Batavusqu
    .-= Batavusqu selesai posting Award di Hari Kartini =-.

  17. Lama menulis sebuah artikel tergantung isi artikelnya Mbak Nunik.
    Jika Review, biasanya membutuhkan waktu yang lebih panjang, bahkan bisa sampai 3×24 termasuk mengumpulkan bahannya.

    Tetapi jika artikelnya curhat 15 menit sepertinya lebih dari cukup.
    Tergantung mood juga.

  18. Kalo saya nggak tentu,mbak. Soalnya topik saya spesifik melulu tentang fotografi,kadang sampai 3 hari, soalnya suka diseling sama riset kecil-kecilan, biar data-data yang saya posting nanti benar-benar valid. :mrgreen:
    .-= tukangpoto selesai posting Harga foto produk =-.

  19. Kalau yg dimaksud menulis di sini menulis di Dashboard untuk dipublish paling cuma 20 menitan.

    Tapi kalo yg dimaksud adalah proses menulis dari mulai tahap pencarian ide, itu tergantung jenis artikelnya. Ada yg hanya hitungan jam, tapi ada artikel yg harus sampai berhari-hari baru selesai (bahkan ada artikel yg sebulan baru selesai).

    Soalnya harus nyari refferensi dulu, selkain terganggu jadwal offline. Biasanya saya nulis dulu di buku, baru kalo sudah jadi, main ke warnet dan mulailah menulis :mrgreen:

    Biasanya sekali nulis bisa beberapa tulisan sekaligus. tapi di jadwal postingnya. Hehe, primitif banget yah πŸ˜€
    Maklum kompinya belum balik, masih ‘disewa’ sama adik utk keperluan study.

  20. Anggaplah bila koneksi internetnya lancar, untuk mempublikasikan saat login, artikel yang berdasarkan ide pengalaman pribadi, memerlukan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan persiapan penulisan artikel yang dimaksud, termasuk melakukan koreksinya, membutuhkan waktu sampai 3 jam.
    .-= TuSuda selesai posting 3 Jalan Menjalin Pertahanan Sipil demi Keamanan Bersama =-.

  21. Wah, mbak, berhubung lagi belajar nulis di blog, kayaknya buat nulis perlu waktu lama mbak, lebih dari 2 jam. di samping koneksi yang lambreto, juga sambil
    buka yang lain2 si…
    .-= uji selesai posting Administrasi Guru =-.

  22. Udah terlambat belum???

    Tergantung apa yang kita tulis dan di blog mana kita nulis,, kalau tulisannya serius masalah agama, atau politik, hal yang sensi – sensi gitu musti ati-ati jadi agak lama,,,

    Kalau soal video mesum paling 5 menit kelar… hehehehee..

    Kalau trik atau tutorial lama bikin gambarnya…kadang males…
    .-= Haryanto Blog selesai posting Video Kartun Nabi Muhammad ( South Park) =-.

  23. Salam jumpa lagi,Mba Nunik.
    Maaf,datang terlambat utk komentari yg ini.

    Utk menyelesaikan sebuah tulisan biasanya waktu yg diperlukan selama 30 mnt sampe 1 jam dgn catatan saya edit pake hp dgn 500 karakter dan berkisar 280-300 kata.

  24. Kalau aku sekitar 3 jam untuk bisa menulis 1 artikel. (artikel blogQ)
    Alasannya pastinya bukan karena aku gak bisa ngetik, tapi karena idenya memang lama keluar.

  25. Saya setuju bisa 5 jam atau lebih untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas bila disertai dengan riset πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge