Pro Dan Kontra Duplicate Content

Banyak yang menyarankan untuk menghindari duplicate content, meskipun ada juga yang tidak peduli dengan hal itu. Duplicate content tentu erat hubungannya dengan yang sering kita sebut copas, copy paste.

Untuk beberapa blogger, menulis bukanlah hal yang sulit. Hanya berbekal komputer dan segelas kopi panas, beberapa tulisan dapat dihasilkan. Tetapi tidak sedikit yang gagal menulis untuk blognya. Jangankan untuk update setiap hari, seminggu sekali saja membutuhkan usaha ekstra keras membuat sebuah tulisan yang layak dibaca oleh orang lain.

Karena sulitnya menulis itulah, praktek copy paste yang menghasilkan duplicate content menjadi marak di dunia maya. Mudahnya cara mendapatkan tulisan dalam tiga langkah praktis: mencari dengan kata kunci tertentu di search engine, mengkopi, dan ‘memastenya’ [entah kata tersebut tepat atau tidak, hehe..] di halaman blog, menjadikan duplicate content menjadi sulit dihindari.

Kita tidak bisa setiap saat memantau, apakah tulisan kita ‘dicuri’ atau tidak oleh orang lain, meski ada alat yang dapat mendeteksinya seperti di website copyscape. Praktek menggandakan sesuatu adalah hal yang sudah dianggap wajar di negara kita, padahal hak cipta [katanya] dilindungi oleh Undang-Undang.

Duplicate content menjadi sebuah hal yang mengkhawatirkan, karena beberapa menyatakan bahwa mesin pencari tidak menyukai hal tersebut. Mereka tidak mau menampilkan hasil pencarian dimana keseluruhan halaman adalah tulisan yang sama. Mereka mau memberikan informasi yang berguna bagi pencarinya.

Lantas, bagaimana jika tulisan kita ternyata ada yang mengkopasnya? Mesin pencari konon mampu membedakan mana tulisan yang asli dan mana yang tukang kopinya. Mereka memiliki rekaman halaman mana yang terlebih dahulu mereka indeks, sehingga yang ‘belakangan’ membuatnya dianggap sebagai halaman tiruannya, duplicate content. Halaman duplicate content memiliki kemungkinan untuk tidak diindeks oleh mesin pencari.

Untuk yang kontra dengan duplicate content, mereka menyarankan menghindari sejauh-jauhnya praktek kopi paste tulisan orang lain.

Tentu saja ada yang pro dengan duplicate content. Mereka tidak terlalu khawatir jika tulisannya disebarkan kembali oleh orang lain. Biasanya dengan syarat memberikan link kepada sumbernya.

Saya sendiri berada pada dua posisi. Tidak ingin tulisan saya diambil sembarangan oleh orang lain. Tetapi juga tidak terlalu khawatir jika ada yang menggunakan tulisan saya di blog mereka. Beberapa blogger bahkan malah menambahkan fasilitas semacam fungsi ‘kopi paste’ jika ingin menggunakan tulisannya pada blog lain. Tentu disertai dengan credit link.

Sebutan pro pada duplicate content dalam diri saya di satu sisi mungkin agak kurang tepat, artinya, saya menyarankan sebaiknya menghindari mengkopi paste tulisan milik orang lain, tetapi jika memang ada yang mau menggunakan tulisan saya pada blog Anda, saya mempersilahkannya selama memberikan link kepada isnuansa.com. Dengan demikian tetap mengakui saya sebagai penulis aslinya. Untuk search engine, saya percaya bahwa mereka pintar membedakan mana yang asli dan mana yang mengkopi.

Toh, sebagai pemilik tulisan yang asli, kita tidak bisa menghindari tulisan kita diambil oleh orang lain [Bisa sih, dengan menggunakan plugin/alat anti kopi paste, tetapi saya belum tahu caranya]. Biarlah search engine yang menentukan hasilnya. Meski saya agak khawatir juga karena pernah membaca sebuah tulisan hasil kopi paste posisinya di search engine lebih unggul daripada website aslinya.

Pilihan ada di tangan Anda, jika tidak mau tulisannya dikopi semena-mena oleh orang lain, coba temukan tukang paste tersebut dan melaporkannya pada search engine dengan fasilitas report as spam. Mudah bukan?

Pernahkan tulisan Anda dikopi paste oleh orang lain sehingga menghasilkan duplicate content?

——————————————————-

Tulisan lain yang perlu Anda baca:

28 thoughts on “Pro Dan Kontra Duplicate Content

  1. Kebetulan blm ada yg meng-copas blog-ku … sebaliknya, aq blm pernah meng-copas blog kawan2 …

    Endi? Katanya mo nulis buat isnuansa dot com?

  2. Mba saya mohon izin mencantumkan link di blog saya untuk memudahkan saya menengok website anda, soalnya kadang2 di warnet. tahukah mba…anda masuk dalam kategori saya 10 % “penulis” terbaik dengan rasa. kaya cinta saja..

    Alhamdulillah, pujian yang amat tinggi buat saya Mas Badruz.

  3. Kalau aku pernah kopas,,tapi utk mencoba blog baru..stl itu aq hps kembali..tulìsanku aku ijinkan utk dikopas,,lebih baik menampilkan link,,tdk jg gpp..ikhlas biar dpt pahala..

    Asyik euy, kalo gitu, nanti saya kopas ya… 😆

  4. Lupa nyapa.. Assalamu’alaikum Teh..apa kbr hr ini..? Dasir ucapkan Terima kasih atas ilmunya hr ini..Semoga Alloh memberkahi teh Isnu..salam

    Wa’alaikumussalam. Kabar baik. Makasih ya, sudah mampir lagi…

  5. kaLo tuLisan mba Nunik yang ini pasti ga da yg brani copas.. bLm pnah nyari tau mba apa ada yg copas tuLisanq ato ga.. lagian br bbrp bLn eksis.. kaLo da yg mw copas tuLisanq menurutku sih bebas ja, asaL ga merugikan saya…

    Cek aja di Copyscape. Tinggal masukin nama blog, pencet check, dapet deh hasilnya…

  6. Salin-tempel tak masalah. Saya tidak menyalahkan tindakan tersebut. Saya juga sangat mengijinkan bila orang ingin menyalin tulisan saya utk diposting di blognya, asalkan ia menuliskan kata-kata begini, “sumber: http://www.davidjuly.co.tv“.
    Tidak perlu link.

    Yang edan adalah nyalin tanpa ijin. Tulisan orang diaku-aku seolah miliknya.

    Sepakat!

  7. Kembali lagi kepada tujuan kita ngeblog apa? Kalo gak kepingin dibajak ya gak usah nulis. gitu aja kok repot 😆

    syukur alhamdulillah kalo ada yang mau copas tulisan wempi 😛 . mudah2an berguna dan bermanfaat.

    Bener, kalo nggak pengen dibajak, ya tulisan disimpen di diary yang digembok aja. 😆 Saya boleh copas berarti? 😳

  8. kalo saya sih paling menambahkan script supanya ndak bisa dikopidan di klik kanan.Karena meskipun script ini mudah dimatikan, tapi pelaku kopas masih didominasi orang-orang yang belum paham cara mematikannya koq.

    Dan biasanya kalau yang sudah paham sih tidak melakukan copas manual (langsung bikin autoblog). Jadi yah script ‘ndak bisa dikopi’ itu lumayan bantu. :mrgreen:
    .-= bukan facebook´s selesai [nulis] ..Tips menghindari tilang polisi! =-.

    Beberapa blog yang saya tau juga ada yang pake script anti kopi paste. Tulisan saya sih, boleh kok dikopi, selama menyebut sumbernya. Kalo hanya mirip, diceritakan dengan bahasa dia sendiri sih, nggak perlu nyantumin link. Seperti kemarin ada yang ijin mo posting tentang tema yang sama.

    Kalo autoblog itu yang masang feed banyak blog sehingga seolah-olah dia update banyak postingan setiap hari ya? Saya belom belajar sampe ke situ. Masih bener2 pengetahuan dasar yang saya pelajari.

    Kalo anti kopi paste, masih bisa kan ya dikopi dari feed reader? CMIIW.

  9. untuk copy paste, dalam rangka belajar menulis, menurut saya sih boleh, asal mencantumkan link, dapat back link khan?…. 😛
    aku biasanya bukan copy paste dari blog, tapi mengutip isi sebuah buku, sebuah e-mail, e-book, majalah, lalu gabungin, baca, rangkum kalau kepanjangan, posting deh. itu sudah beberapa hari ini tidak lagi.
    karena sudah mulai nemu gaya bahasa sendiri. hehehe
    nyubi, jadi ya 3 N, nitheni, niru, nambahi.
    copy paste dilakukan biasanya ama nyubi, kebanyakan oleh yang terobsesi traffic.
    .-= hafiid´s selesai [nulis] ..Peta-Pikiran untuk ngeblog =-.

    Kalo terobsesi traffic, mendingan belajar SEO adjah… Seperti saya… 😆 Kalo kopi paste, bisa datengin traffic banyak kalo yang dikopi banyak juga… Males ah, blog kok kayak tong, isinya sampah semua… :mrgreen:

  10. hihihi tak ada yang sudi kupipes tulisan bundo 😀

    Lho, siapa tahu Bundo… Apalagi pembaca setianya sudah betumpuk-tumpuk gitu…

  11. memang sungguh menjengkelkan para copy paster apalagi nggak nampilin link asalnya
    .-= arisnb´s selesai [nulis] ..Pertamina Adakan Blog Contest 2009 Berhadiah Sepeda Motor =-.

    Yup, tul…

  12. Terkadang… saya memang meng-COPY 100 PERSEN artikel Motivasi yang saya terima via e-mail saya dan saya pikir LEBIH BERMANFAAT jika di sharingkan untuk semua sahabat saya…

    Tapi tentu saja… SELALU saya cantumkan NAMA PENULIS nya dong… 🙂

    Kalau kayak gini… termasuk plagiat nggak ya… Mbak Cantik?
    .-= Rizal´s selesai [nulis] ..Kenapa PRIA begitu bodoh? =-.

    Selama menyebutkan penulisnya, bukan plagiat. Soalnya dia tidak mengakui tulisan tersebut sebagai hasil karyanya. Tetapi sebagai hasil karya orang lain.

  13. Menurut saya copy paste itu boleh2 saja, asalkan pakai etika yaitu dengan menyebutkan sumbernya, khususnya bagi artikel yg ilmiah dan membutuhkan data yg valid..

    Efek samping dari Copas yaitu mematikan daya pikir dan kreatifitas blogger.

    Google sendiri tidak memberikan sangsi bagi blog yang melakukan duplicate conten dan blog yang melakukannya juga terindex bahkan juga masuk 10 besar hasil pencarian
    .-= adirossi´s selesai [nulis] ..RedCarpet, Theme Cantik dan Elegan =-.

    Paragraf terakhir itu sudah valid berdasarkan pengalaman, kan? Soalnya saya belom pernah nyoba. Baru mo nyoba. 😥

  14. Saya kok lebih senang nulis sendiri, wong ide itu sak jagad kok mbak. Masuk toilet saja ada ide kok , misalnya ” Buah salak penyebab sembelit ?”,lha iya kan.

    Kalau membuat tulisan agak serius baru saya cuplik dikit dari artikel orang lain, saya link.
    Kalau copy paste tanpa ijin badan bisa bintul2 lho, akibat dari nyuri tulisan orang.
    Salam hangat dari Surabaya

    Doh, saya bisa kualat dong, padahal baru mo melakukan kopipaste tanpa ijin, kwkwkwk…

  15. bagi saiah nulis yang asli gak begitu sulit kalo di temenin sama aura kasih, terus di bikinin teh hangat terus di pijitin hi hi hi…

    kalo masalah duplicate content, saiah gak begitu kuatir sih, “masa coretan sinting mau di copas, gak takut ketularan pa” kekekekekkk

    Lho, cerita seperti itu berharga tau. Banyak tulisan yang sudah diangkat jadi sinetron. Siapa tau Zulhag dot com nyusul…

  16. alhamdulilah belum pernah mbaq… ada juga tulisan saya yg banyak duplicat content nya… banyak copas dari wiki sih… 😀
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Coba Menaikan Traffik Pengunjung Dengan Konsep Simbiosis Mutualisme =-.

    Makanya wiki PRnya tinggi, banyak yang ngelink…

  17. tulisan saya pernah di copy paste, tapi masa bodoh aja deh, sepertinya gaya bahasa setiap orang berbeda-beda dan pada akhirnya akan ketahuan mana yang asli dan mana yang aspal 😀
    .-= wira´s selesai [nulis] ..10 Cara Mengatasi Hiatus Pada Blog =-.

  18. artikelku banyak di copas orang mbak…
    awalnya seneng… aku anggap itu berarti artikelku bagus 😛
    tapi lama-lama illfillllll juga… 😈

    coba aja kalau ngga percaya ketik di googe search…

    gen22.blogspot.com, buanyak bgt… 👿
    .-= gentara´s selesai [nulis] ..Fenomena Aneh yang Mengiringi Ramalan Kiamat 2012 =-.

    Bingung juga ya, kalo banyak yang ngopi paste, katanya sih Google tahu mana yang asli dan mana yang kopas.

  19. masalahnya artikelku jadi tercecer entah di mana. justru yang terindeks duluan blog si copaster…
    terpaksa aku pasang script anti copas…

    apa banyak merubah2templat berpengaruh juga mbak..?

    soalnya dulu waktu pertama ngeblog dan masih pake templat minima, banyak pengunjung dari search engine.

    sekarang waktu sering gonta-ganti templat malah pengunjung menurun drastis. makanya aku cuma ngandelin dari lintas berita saja traffic nya

    Beberapa master sih bilang [aku pernah baca] kalo theme tertentu ada yang SE friendly. Dari cara penempatan Heading H1, H2 dan lainnya yang mempengaruhi hasil SE.

    1. Senasib dong, baru minggu kemaren sy periksa ternyata SERP dah dibawah si tukang copas padahal itu tulisan sumber traffic satu2nya, nasib2
      .-= Webhosting murah selesai posting Namecheap Coupon Maret 2010 =-.

  20. kalo saya sih pingin jadi yg pro, soalnya bisa meningkatkan SEO

    Salam kenal 😉
    .-= Ardiawan.com´s selesai [nulis] ..Cara Mudah Mengetahui Performa Web Browser =-.

    Emang bisa ya?

  21. klo saya sih uda ngalamin sendiri,
    saya yang bikin pantun,
    saya taro di blog,
    eh kok pas di search engine,
    malah situs penjiplak lebih tinggi posisinya dari saya,
    parahnya tuh situs gak pasang backlink ke saya…

  22. Kalau dah niat ngopi pasti banyak caranya, mau yg punya blog pake plugin juga tetep aja kena, salah satunya ngambil dari feed.

    Yang pasti kalau di copy paste tetep nyebelin, terutama ga nyebutin sumbernya, apalagi kalau blognya lagi dirawat baik2 supaya ga terdetect duplikat konten, misalnya pas mau daftar adnsese. Nyebelin kan, pas mau daftar adsense pake blog yang dah lama dibangun, taunya dah banyak dicuri, tetep aja tar dibilang duplikat.

    Kalau search engine benci duplikat konten kayanya, ngga juga, solanya banyak ko hasil pencarian yang isinya sama, sampe sy bingung yang aslinya mana.

    Lain kasus kalau pemilik blog melaporkan sama google, biasanya kalau terbukti di curi, blog yang nyurinya bakalan ilang dari hasil pencarian google (sya pernah sekali melaporkan & hasilnya dalam 1 minggu blog yang nyuri itu dah ga muncul lagi di google)
    Iseng Ngeblog selesai posting Twitter Keracunan Keong

  23. Yg paling males itu klo kita punya blog yg masih baru, tapi tulisan kita dicopas mentah2 oleh blogger lain yg blognya lebih senior tanpa nyantumin sumbernya sehingga pas digoogle, yg keluar ya tulisan hasil copas dia. Kebetulan saya pernah mengalaminya. Tulisan di blog saya yg umurnya belum genap sebulan udah dicopas ama blogger lain tanpa nyantumin link balik

    Oh ya, salam kenal. Kunjungi saya balik ya kalau ada waktu. Baca tulisan2 disini jadi ketagihan terus bwt komen 🙂
    Republican Wasp selesai posting Ikan Lepu Batu- Mimpi Buruk Para Penyelam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge