Promosi Blog

Seperti juga dalam pergaulan di dunia nyata, blog di dunia maya pun juga memerlukan promosi agar dapat dikenal lebih luas lagi oleh blogger lain.

Salah satu bentuk promosi blog yang paling tua adalah dengan cara blogwalking. Ada cara lain yaitu dengan memasang iklan [bisa iklan baris atau iklan banner], membagikan sarana promosi blog seperti stiker atau merchandise lainnya, dan membuat Guest Post.

1. Blogwalking.

Blogwalking adalah mengenalkan blog kita dengan cara mengunjungi blog lain satu per satu. Blogwalking bisa dimulai dengan cara mengklik link yang ada dalam komentar, atau dari shoutbox, atau blogroll di side bar blog kita.

Setelah berada di blog orang lain, silahkan ‘meninggalkan jejak’ dengan mengisi kolom shoutbox yang ada. Bisa juga dengan memberikan komentar pada postingan.

Blog yang menjadi ‘target’ selanjutnya bisa kita dapat dari link-link yang ada di shoutbox blog lain. Hal itu akan mengantarkan kita kepada blog-blog baru yang belum pernah kita temui.

2. Memasang Iklan.

Anda bisa mempromosikan blog Anda melalui iklan, baik iklan baris maupun iklan banner. Banyak blog yang menyediakan spot banner untuk Anda beriklan.

3. Dapatkan Link.

Anda juga bisa mempromosikan blog Anda melalui link. Caranya bisa dengan bertukar blogroll, membeli link blogroll, membeli review di blog lain dan memdapatkan link cuma-cuma dari blogger lain jika blog Anda cukup baik di mata mereka. Buatlah tulisan yang berguna dan informatif, maka blogger lain akan melink menuju blog Anda.

Ngomong-ngomong soal dapatkan link, saya ingin sekali mendapatkan link dukungan kontes SEO Objek Wisata di Pandeglang. Setidaknya salah satu usaha saya ya seperti ini, memberikan inbound link dari blog sendiri. Syukur-syukur ada blogger lain yang memberi link juga… 😉

4. Promosi Ofline.

Buatlah kartu nama yang memuat informasi blog Anda. Tempelkan stiker tentang blog Anda di mana-mana. Bagikan kaos dengan desain nama blog Anda. Buatlah mug bergambar lambang blog Anda. Dan lain sebagainya.

5. Menjadi Guest Blogger.

Mengapa menjadi guest blogger bisa menjadi sarana berpromosi yang baik? Anda bisa memanfaatkan blog-blog yang menawarkan guest posting karena tulisan Anda mewakili citra positif Anda. Pembaca setia host blog memiliki kemungkinan yang besar untuk mengunjungi blog Anda juga.

Bagaimana cara Anda mempromosikan blog Anda?

—————————————————————
Posting Terkait:
1. Mengenal Objek Wisata di Pandeglang, Banten: Apa saja objek wisata di Pandeglang yang Anda tahu?
2. 7 Alasan Berkomentar: Apa saja sih alasannya ketika Anda berkomentar di blog orang lain?
3. 5 Penyebab Blog Anda Sepi: Setiap blogger pasti ingin blognya memiliki trafik tinggi. Apa saja sih yang menyebabkan blog Anda sepi?

12 thoughts on “Promosi Blog

  1. kayaknya dari sekian cara… blogwalking yg paling oke
    alasannya, menjalin silaturrahmi. dengan cara ini, kira tau ttg isi hati temen kita, pikirannya, nasehatnya, kepribadiannya… dan tkdg kita jg bisa melihat Cahaya yg hidup di dalam dirinya..

    Blogwalking… adalah seni menjaga suatu hubungan..
    .-= elmoudy´s selesai [nulis] ..Mabook Mudik, Mabook Cinta dan Facebook! =-.

    Pilih blogwalking ya Mas? Rata-rata memang begitu…

  2. semuanya bisa namun blogwalking yang menurutku paling efektif walaupun sedikit ribet. blog aku juga mau buka guest blogger, tapi belum tak umumin di blog :p

    Berarti saya boleh jadi guest blogger di sana dong?

  3. Promosi paling efektif ialah berusaha berkomentar secara tulus dan nyambung dengan topik. Selain itu, gaya komentar yang bersahabat saat blogwalking juga penting banget 🙂

    SEO juga bisa jadi alat promosi paling efektif, jika diimbangi dengan sajian konten yang bermanfaat atau berbobot. Salam.
    .-= iskandaria´s selesai [nulis] ..Ketika Cinta Bertasbih 2 : Tak Seheboh Seri Sebelumnya =-.

    Saya bisa merasakan ketulusan dalam komentar Mas Iskandaria, terimakasih sudah mampir ya… 😀

  4. setuju ama elmoudy, bw adalah cara yang paling efektif dan menyenangkan.. hehe.. sekaligus addicted jadinya.. 😛
    .-= arman´s selesai [nulis] ..My Baby =-.

    Karena blogwalking lah Mas Arman sampai di blog saya. 😆

  5. beberapa point diatas sudah saya lakukan mbak. Untuk masang iklan lain mbayar apa tidak ya mbak ? ha..ha..ha, kalau ada gratisan saya mau kok.
    Salam hangat dari Jombang

    Yo,mbayar tho PakDhe.. Sekarang mana ada yang gratisan?

    1. Perhitungan mesin pencari (Google) khususnya, berubah terus menerus secara dinamis. Apa yang dianggap penting saat ini, bisa jadi tak penting lagi waktu-waktu berikutnya.

      Saya, tak banyak mengikuti lagi informasi tentang hal itu. 🙂

  6. Cara tau suatu blog bisa diisi oleh kita jadi guest itu gimana ya?apakah ada tandanya? Trus promo offline ngaruh juga ya mbak? Saya masih baru, sedang belajar ngeblog nih.

    1. Cara tahunya blog menerima Guest Blogger, ya harus dicari. Hehehe. Bisa googling misalnya dengan keyword: daftar blog penerima Guest Blogger.

      Promo offline ya bisa ngaruh, kalau dilakukan secara tepat. Contohnya, pakai kaus bertuliskan nama blog di setiap acara blogger secara offline, atau setiap ada undangan acara. Jika kita suka mengisi materi (entah seminar atau workshop) bisa juga ‘ngiklan’ sebentar, masukin nama blog kita (kan kita juga suka menulis hal-hal yang kita kuasai yang dibagikan di seminar tersebut, kan?

      Ya harus kreatif sih intinya.
      isnuansa selesai posting Baju Kerja Keren Under 100K, Ada Kok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge