Pulau Onrust, Tak Pernah Istirahat

pulau onrust 1

Jalan-jalan hari kedua dilanjutkan ke salah satu pulau dari sekian banyak pulau di Kepulauan Seribu. Namanya Pulau Onrust. Pulau dengan luas 5 Ha ini dapat kita kelilingi dalam waktu 30an menit berjalan kaki. Tidak begitu luas memang, tapi sangat eksotis.

Pulau Onrust adalah pulau yang sangat terkenal pada jamannya. Bali? Jangan ditanya. Tahun 1700an, orang lebih kenal dengan Pulau Onrust, sama seperti kini orang mengenal Pulau Bali.

Rombongan merapat di dermaga Pulau Onrust sekitar pukul 14.00. Sudah agak sore. Koko Ray langsung mengajak berkeliling sambil menceritakan sejarah Pulau Onrust, beserta seluruh bangunan yang ada di situ. Kebanyakan tinggal puing puingnya saja, meski masih ada beberapa yang berdiri tegak. Diantara yang masih kokoh adalah bekas rumah sakit dan rumah tinggal dokter. Bekas bangunan penjara juga masih ada, namun sangat disayangkan, tangan tangan jail mencorat coret dindingnya dengan kejam.

Pulau Onrust adalah pulau yang dijadikan sebagai asrama penampungan Haji. Ada 35 blok penampungan, dimana para calon Haji diasrama sebelum diberangkatkan menuju tanah suci menggunakan kapal laut.

Pulau Onrust pernah terjadi wabah tikus yang sangat parah, hingga menewaskan banyak sekali penghuninya. Bahkan struktur bangunan di Pulau Onrust dibuat dengan memasang perangkap tikus di sekitar pondasi bangunan.

Tikus – tikus di Pulau Onrust tidak berasal dari Indonesia melainkan import dari negeri Belanda. Mereka menumpang pada kapal kapal barang yang merapat di pelabuhan dan akhirnya beranak pinak di pulau tersebut.

Kisah yang paling terkenal dari Pulau Onrust adalah kasih tak sampainya Maria Van De Veldes yang meninggal pada usia 25 tahun. Maria lahir di Belanda 1694 dan meninggal di pulau Onrust tahun 1719. Maria meninggal mengenakan baju pengantinnya, menunggu sang kekasih yang akan datang dari Belanda. Penantiannya tersebut sia sia juga seandainya Maria tidak meninggalpun, karena sang kekasih ternyata juga sudah meninggal terlebih dulu.

Pulau Onrust 4

Hingga kini Maria masih terus menampakkan dirinya di Pulau Onrust. Entah sampai kapan.

Oiya, makam Maria ini berada di satu lingkungan pemakaman khusus untuk orang orang Belanda. Masih banyak lagi makam lain yang lebih tua. Makam orang Belanda memang dipisahkan dari makam orang orang pribumi. Kok ada orang pribumi di Onrust? Pribumi ini adalah calon haji yang meninggal sebelum berangkat. Gw sempet foto foto di makam Maria, kalo mo liat, tentu harus add facebook gw dulu.

Ada satu lagi makam yang katanya juga keramat. Tapi saya tak melihatnya sendiri. Hanya cerita Mas Dhanang yang keliling sampe sana. Yaitu makamnya Kartosuwiryo. Buat yang jago sejarah, pastinya kenal dong siapa bapak yang satu itu. Hanya saja nggak jelas makamnya yang mana diantara dua makam yang ada di situ.

Yang menarik lagi dari Pulau Onrust adalah pohon-pohonnya yang rindang dan lebat. Pulau Onrust adalah pulau yang paling lebat pohonnya diantara semua pulau yang ada di kepulauan seribu.

Bagaimana kalau mau ke Onrurs? Naik perahu dari Angke, hanya setengah jam. Tapi jangan harap Anda bisa menginap, nggak ada guest house di sana. Entahlah jika kemping, diijinkan atau tidak. Berapa tarif kapalnya saya nggak tahu. Mungkin lebih murah dari ke Pulau Tidung yang bertarif Rp. 35.000.

Nggak rugi sesekali jalan-jalan ke Onrust. Asyik lho.

~~~

Mau tanya-tanya seputar Pulau Onrust? Follow twitter saya di @isnuansa

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

19 thoughts on “Pulau Onrust, Tak Pernah Istirahat”

  1. uff, bundo bisa ngga foto sambil loncat2 gitu?
    akhir pekan yang menyenangkan ya nunik.

    btw nunik kesana bawa bacaan apa? pastinya hasil print yang 4 lembar dari blogger rahasia ituh ya? πŸ˜›

    1. Nggak lah Bun, bacaan itu disimpen di rumah aja, takutnya malah ilang, hahahah…

      Yuk, loncat-loncatan bareng, biar sesekali ada fotonya gitu lho, jangan nyamping doang posenya… πŸ˜†

  2. pulau onrust itu di indonesia sebelah mana mbak?jauh g dari jawa? hehe
    .-= wahyu selesai posting Mercusuar: β€œDilarang Berbuat Mesum” =-.

  3. wah g baca tadi. ternyata di kepulauan seribu yahhh?? hahahahha… ke sana naik kapal ya mbak?
    .-= wahyu selesai posting Mercusuar: β€œDilarang Berbuat Mesum” =-.

  4. wah q juga pengen traveling ke tempat2 yang masih alami πŸ˜† Oya, PR Alexa nya ramping bener, pasti trafficnya lumayan tinngi nih??
    .-= tuxlin selesai posting Page Rank Tuxlin Kembali!!! =-.

  5. Tanah air kita memang luar biasa,kaya dengan pemandangan alam yang indah dan luar biasa. Salah satunya ya Pulau Onrust seperti yang mba Isnuansa tulis ini.
    Trima kasih dan salam sukses.
    .-= Sugiana Hadisuwarto selesai posting Belajar Affiliate Clickbank dari kesuksesan GM. Susanto. =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge