Rating Blog

Secara periodik Nielsen Media Research [NMR] akan memberikan rating terhadap tayangan-tayangan di televisi, mulai dari berita, musik, infotainment, sinetron maupun reality show. Hasilnya, tentu akan dijadikan acuan bagi para pemasang iklan karena rating yang bagus menandakan jumlah penonton yang banyak.

Itulah sebabnya, ketika kita menonton tayangan gosip-gosip, sinetron, rality show seperti Termehek-mehek dan Bukan Empat Mata-nya Tukul Arwana, disuguhi berderet-deret iklan yang kadang kala durasinya lebih lama daripada acara itu sendiri.

Memang, rating dari NMR yang tinggi tidak mencerminkan kualitas dari acara tersebut, karena ukurannya adalah jumlah share penonton. Acara apa yang digemari dan paling banyak pemirsanya.

Nah, itu soal televisi. Bagaimana dengan blog? Sistem penilaian apa saja yang bisa dipakai sebagai alat untuk mengukur sebuah blog? Apakah Google Page Rank dan Alexa Rank bisa dikatakan salah dua dari beberapa? Google Page Rank mengukur seberapa mudah sebuah blog ditemukan oleh mesin pencari tersebut. Lalu Alexa Rank menghitung seberapa banyak trafik ke sebuah blog. Tetapi, mereka juga sama seperti NMR kan? Tidak berbanding lurus dengan kualitas sebuah blog. CMIIW.

——————————————-

Nunik yang membutuhkan pencerahan 🙂

11 thoughts on “Rating Blog

  1. Lama nggak kesini…eh dah self domain juga…

    Parameter umumnya memang begitu ya is…mau bikin parameter yg baru…????

      1. Parameter barunya campuran antara beberapa komponen, misal:
        1. Komponen Pagerank
        2. Komponen Alexa Internasional
        3. Komponen Alexa Indonesia
        Dapat dikombinasikan sesuai keinginan masing-masing

        Seiring berjalannya waktu google kian mengapresiasi konten kreatif dan berkualitas, sudah tidak seperti 3 tahun yang lalu, kalau cari materi di Internet isinya muter-muter ga karuan.

        Seperti hanya pemirsa TV, pemirsa blog kian cerdas memilih bahan bacaan. Ini menuntut para blogger kian cerdas menulis dan menyajika materi.

  2. gw mu pajang dari technorati, tapi ga tau gimana caranya.
    klo mu majang alexa gimana mba?
    mu ngajarin tak?
    Hehehehe

  3. weleh, kalo saya ngajarin teknis, saya sendiri buta 😉 saya juga kalo mau pasang begituan harus gogling dan bolak-balik baca caranya.

  4. daripada ngurusin yang kaya semakin kaya ..
    ayo dukung si miskin untuk berbisnis dan usaha ..
    Mudah2an bisa mensejahterakan Keluarga Dan Membantu Sesama ..
    Amin ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge