Rekor Mudik Baru, Jakarta Klaten 30 Jam

Siapa sih dulu ya yang paling pertama memulai tradisi mudik? Ada yang tau asal usul atau cerita sejarahnya? Kenapa sekarang ini seolah menjadi hal yang wajib untuk balik ke kampung halaman ketika merayakan Idul Fitri?

Saya sendiri, merasakan berbagai macam duka cita sepanjang perjalanan pulang ke Klaten setiap tahunnya. Mulai dari jaman dulu ketika masih harus bersusah payah umpel-umpelan naik kereta api bersama pemudik lainnya, sampai saat ini sudah bisa menikmati jalan sendiri bersama keluarga.

Tahun ini, tercipta lagi rekor perjalanan baru: 30 jam waktu tempuh Jakarta – Klaten! Padahal di hari-hari normal hanya dibutuhkan tak lebih dari 10 jam.

Penyebab utamanya adalah waktu libur yang relatif sama dan mepet dengan hari raya. Libur resmi adalah mulai hari Rabu, 8 September. Hari Selasa 7 September masih masuk kerja. Jadi ketika keluar rumah Selasa malam jam 19.00, jalanan penuh dengan lautan sepeda motor dan mobil yang hendak menuju tujuan yang sama: Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untunglah, meski harus 30 jam di jalanan, saya dan keluarga menikmatinya dengan gembira. Jika jalanan sudah macet dan nggak gerak sama sekali, lebih baik menepi dan istirahat. Gelar tiker, keluarin bantal, dan tidur. Camilan dan minumal bekal perjalanan yang disediain dari rumah pun tak cukup, berhenti beberapa kali untuk jajan dan makan.

Meski telat, akhirnya tadi sampai juga di Klaten dengan selamat. Sekarang kumpul dengan keluarga besar, dan saatnya keliling silaturahmi ke tetangga dan sanak famili. Mohon maaf atas segala khilaf.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431H buat semua teman blogger yang merayakan! Cerita apa yang menarik tahun ini?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

36 thoughts on “Rekor Mudik Baru, Jakarta Klaten 30 Jam”

  1. Mbak Is, OOT
    Dihari yang Fitri ini, saya datang dengan tangan sedakap didada, mohon maaf dan ampunan.
    Selamat Raya Idul Fitri
    Mohon maaf lahir dan bathin.

    Aldy dan Keluarga.

  2. Wow ! 30 jam !!!
    pantat gak jadi rata kan mba πŸ˜†

    Maaf Lahir Batin juga mba πŸ™‚

    Cerita menarik taun ini, gak ada saudara yang dtng ke rumah satrya, soalnya rumah satrya sebelah rumah nenek, jadi saudara2 semuanya dtng ke cimahi, tapi hari ini gak ad yg datang. Tadi pun sholat Ied cuma ber 4, itu pun keluarga satrya doank.

    Saudara satrya bilangnya sih, mau dtng ni sore, tapi gak tau deh,.
    satrya selesai posting Copas Artikel Saya !!! Kenapa Tidak

  3. selamat mudik mbak..
    semoga tetap hepi selama mudik hingga kembali ke jakarta.

    pernah tinggal di Gayamprit sangat terkesan dengan PDAM yg hebat.

  4. yang pasti dibawa fun ajalah yang penting sampai tujuan. maaf kepalang tanggung nyasar ke blog ini jadinya saya obrak abrik sekalian. pelajaran baru saya dptkan menulis orisinil itu sangat perlu, dari hal2 yg mdh dan ringan dahulu yg pasti.

  5. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi,
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa,
    Dalam kelembutan lidah ada juga keterlanjuran kata,
    Dalam gurau tentu ada ikhlaf dan dosa,
    Segenap Keluarga Besar Indra Kusuma Sejati dan
    “Ejawantah’s Blog”
    Mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H / 2010 M
    Taqobbalallahu minna wa minkum
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    Salam untuk keluarga.
    R. Indra Kusuma Sejati selesai posting KAMI HADIR KARENA ANDA

  6. Teman saya bilang bahwa pulang, mudik, adalah laku kembali ke akar, mengenang siapa manusia sesungguhnya melalui sejarah dimana ia bermula. Jika memang begitu, 30 jam sepertinya cukup berharga dan layak untuk dilakukan

    Lam Knal
    –nDaru–

  7. Wuiihhhh….Kebetulan saya juga salah satu peserta mudik dengan tujuan Magelang…Berangkat juga tanggal 7 Sept 2010..Kena macet bentar di tanjung/Brebes ato Tegal tuch ya n pe magelang jam 7 pagi..Sebenarnya ada sedikit trik buat yang mau mudik…Saya n temen2 mengamati beberapa tahun ini…Kuncinya adalah kita harus keluar dari tol cikampek arah cikopo sebelum jam 18:00, jadi berangkat lebih awal…Karena kepadatan di daerah itu dimulai jam 18:00 dan terus meningkat…Berdasarkan cerita temen2 juga..Berdasarkan analisa itu,saya dan temen2 gak kena macet dech..he..he..
    iones selesai posting Geo Places – your city directory built in WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge