Review Bhirawa; Prakoso Amargo Gandengan Mbarek Konco

Tulisan ini diikutsertakan dalam Jambore on the Blog.

~~~

PakDhe, saya mo ikutan ngereview Bhirawa boleh, tho?

Sesuai dengan persyaratan, saya merasa sudah memenuhi syarat mengikuti review: mempunyai blog dan satu blog satu review. Lulus kan ya?

Prosedur review, ditulis di blog saya, saya akan mereview blognya, bukan orangnya, berbahasa Indonesia, dan saya mencoba menanpilkan positif dan negatif.

Theme keseluruhan

Bhirawa menggunakan PressPlay, theme dua sisi yang sederhana, saya suka. Pilihan warna background putih juga menurut saya lebih bagus. Aksesoris yang ditambahkan tidak terlalu banyak, sesuai dengan fungsinya. Saya cenderung menganut aliran yang sederhana, demi kenyamanan pembaca dan kecepatan akses blog itu sendiri.

Header

Warna hitam, dengan tulisan warna putih dan orange, perpaduan yang nyamleng. Uenak tenan.

Sidebar

Sampai saat masih hanya ada beberapa item di sana, postingan terbaru, komentar terbaru, komentator terbanyak, meta dan statistik blog. [Saya yakin apdet Page Rank yang akan datang langsung melesat paling tidak ke angka 3 karena dukungan backlink di Jambore on the Blog ini, hehe]

Saya menyarankan memang tidak terlalu banyak aksesoris yang akan dimasukkan ke dalam bagian yang satu ini, dan hanya menambahkan yang benar-benar berguna saja.

Footer

Merubah Footer Blog

Coba lihat gambar di atas, PakDhe. Ada yang masih dobel, yaitu blogroll. Buru-buru diedit ya. πŸ˜‰

Logo dan Slogan

Kekurangan Bhirawa, belum memiliki logo seperti saudaranya, J’Blog. Lebih maknyus lagi seandainya bhirawa juga dibuatkan logonya sehingga tidak meri nantinya.

Slogan atau dalam bahasa kerennya Tag Line Blog, PakDhe Cholik emang nggak ada matinya. Semua blog memiliki slogan yang sarat arti. Bhirawa dengan “Prakoso Amargo Gandengan Mbarek Konco” sepertinya mengingatkan generasi sekarang kembali pada nilai-nilai kegotongroyongan yang makin ditinggalkan. Slogan blog lain juga nggak kalah keren: Joyo bareng mbarek konco, Ngeblog sing Enak tapi gak sakEnake, Menjaga beningnya hati, Enake konco siji gak koyo konco akeh dan What life taught me-sharing notes-.

Favicon

Disayangkan, sampe saat ini mbahcholik[dot]info belum memiliki favicon. Berbeda dengan saudaranya, mascholik[dot]wordpress[dot]com dan saudara tuanya abdulcholik[dot]com yang telah dipasangi favicon berupa foto PakDhe. Anoraga dan Bening juga belum memiliki favicon.

Favicon ini lumayan penting, dan berguna jika kita membuka banyak sekali tab dalam satu browser, dengan hanya melihat favioconnya saja, kita sudah bisa mengenali sebuah blog. Semakin banyak tab yang dibuka, bisa jadi yang kelihatan hanyalah favicon blog kita. πŸ˜‰

Homepage

Halaman home Bhirawa menampilkan 15 tulisan terbaru. Sebagian ada yang ditampilkan seutuhnya, sebagian lagi memakai read more. Agak kurang konsisten dilihatnya. Jumlah 15 apa nggak terlalu banyak PakDhe? Sedangkan daftar judul tulisan terkini di sidebar justru hanya ditampilkan 10 judul saja.

Kategori blog yang diletakkan diantara header dengan body memang agak lain daripada yang lain, tetapi it’s ok. Tampil beda, boleh saja.

Beberapa link di halaman daftar link, sampai kini belum dimasukkan. Dan salah satu halaman saya temukan error, Page Not Found. Coba cek di Sitemap, PakDhe. Link yang terbuka di browser adalah: mbahcholik[dot]info[slash]book-review-go-blog[slash]sitemap.

Single Page

Atau biasa juga disebut dengan inner page, sip. Nggak ada masalah menurut saya. Ok punya.

About

Ajib. Saya belajar menulis halaman Tentang Saya dari blognya PakDhe.

Images

Saya ceklak ceklik, memang blog yang satu ini agak ‘irit’ dalam memberikan gambar. Belom menemukan gambar-gambar jenaka khas beberapa postingan di rumah saudara tuanya.

Ada baiknya, memang beberapa postingan ditambahkan gambar, PakDhe.

Kesederhanaan blog dan sedikitnya gambar, mempengaruhi loading speed blog ini masuk dalam kategori bagus. Saya memang nggak mengukurnya dengan alat atau software tertentu karena saya lihat di review lain sudah ada.

Navigation Controls

Semua berfungsi dengan baik. Meskipun pada awalnya agak kesulitan menemukan categori yang ternyata letaknya di bawah header dan berbentuk mirip menu Pages di atas header.

bagian ini masuk review kemudahan menemukan artikel, PakDhe. Sudah bagus pokoke.

Font

Selera kita ternyata sama PakDhe. Georgia rocks! Pilihan warna hitam sepertinya memang lebih baik ya, daripada warna yang saya gunakan, bikin moto sepet kriyep-kriyep kalo mau baca. [Saya masih males ngotak-ngatik CSS mengganti warna hitam, mesti nyari kodenya dulu, hehehe, jadi curhat sendiri]

Commenting

Mudah berkomentar dan cepat. Berkomentar Enak tapi gak sakEnake.

Feed

Sudah mantap, menawarkan dua macam cara berlangganan, melalui email dan tanda feed yang ada di pojok kanan atas dapat menggunakan aplikasi yang kita punyai seperti Bloglines, misalnya.

Social Media

PakDhe belum mengintegrasikan social media yang dimiliki ke dalam Bhirawa. [Sama seperti saya, meski punya facebook dan lain sebagainya, tetapi nggak dihubungkan ke dalam blog].

~~~

Udah ya PakDhe, segini aja dulu reviewnya. Mudah-mudahan ada gunanya. Sukses ya, dengan semua blognya…

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

55 thoughts on “Review Bhirawa; Prakoso Amargo Gandengan Mbarek Konco”

  1. hidup pakdhe, hidup bhirawa prakoso, hidup mbak isnuansa….

    merdeka!!!

    btw, pakdhe itu kreatif banget yah. produktif, mantap!!!!
    .-= zulhaq selesai posting Tukang Pijat Plus Sinting =-.

  2. Terima kasih atas partisipasinya mbak.

    Beberapa hal yang perlu saya sampaikan.

    1. Walaupun theme sudah saya ganti (lagi) review ini tetap berlaku dan tak berpengaruh terhadap penilaian-jadi tetap ini saja yang saya perhatikan.

    2.Pavicon sakan segera saya buatkan untuk 5 blog yang lain.Logo harus pesan di Landor, satu logo 100.000$, memang agak mahal tapi puas.

    3.Read more dan pernak-pernik lainnya juga akan dibenahi lagi.

    4. Soal foto, saya beberapa hari ini mengalami kesulitan untuk menampilakan visual mode sehingga untuk memecah tulisan, menampilkan warna, meratakan tepi kanan-kiripun nggak bisa. Tapi sekarang sudah bisa diatasi. Gambar akan saya tampilkan sesuai artikelnya.

    5. Social net working ,dll memang tidak saya pasang mbak.

    Saya catat sebagai peserta, dan kalau belum mendaftar di kolom komentar silahkan agar pas dengan syaratnya.

    Sekali lagi terima kasih.
    salam hangat dari Surabaya
    .-= Bhirawa selesai posting Google BUZZ Bukan George Bush =-.

  3. lho..
    tumben bgt yang direview kok tampilan ya..
    (Logo dan Slogan, Theme keseluruhan, Font, favicon, dll)
    ngga berani ikut ngreview ah…
    takut nambah dosa,,
    orang kaya gue mah demenya ngeritik melulu, hihihihi..
    ——-
    yosbeda.com udah update loh
    setelah sebelumn2nya yang di ON’in blogger designer’nya, pastingan terakhir yang di ON’in blogger musician’nya, hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge