Seputar Pesta Blogger

Sebagai seorang blogger, sudah berapa kali Anda hadir di acara Pesta Blogger? Sudah 3 kali diselenggarakan lho, acara kumpul blogger akbar yang diselenggarakan sekali setahun sejak 2007 itu.

Tahun ini, Pesta Blogger yang ke 4 akan dipimpin oleh Rara, seorang Dokter Gigi, mantan ketua Komunitas Blogger AngingMammiri, merupakan perempuan pertama yang menduduki jabatan Chairman Pesta Blogger.

Rara juga sudah selesai membentuk kepengurusannya, dan menetapkan tema untuk Pesta Blogger tahun ini: Merayakan Keragaman.

Saya tak memiliki harapan khusus pada penyelenggara Pesta Blogger tahun ini, karena terus terang selama inipun saya belum pernah hadir dalam acara tersebut. Hanya membaca saja dari berbagai tulisan yang diterbitkan, baik sebelum maupun sesudah acara berlangsung.

Berkumpulnya ribuan blogger pada waktu dan tempat yang sama adalah sebuah moment besar, sayangnya di tahun-tahun sebelumnya selalu saja berhalangan. Entahlah dengan tahun ini, apakah saya akan hadir atau tidak.

Melihat semangat saya belakangan ini untuk menghadiri ajakan beberapa kawan blogger untuk ketemuan (Kopdar), sepertinya saya juga akan ‘terbawa’ ke Pesta Blogger nantinya. Entah sebagai anggota komunitas apa ya, soalnya saya memang tidak bergabung ke komunitas apapun secara resmi, meski secara personal saya mengenal blogger-blogger dalam berbagai komunitas.

Pada saat Kopdar terakhir dengan salah satu komunitas Blogger yang pengurusnya telah membubarkan diri terungkap, komunitas tersebut tidak diakui oleh penyelenggara Pesta Blogger tahun sebelumnya. Apakah tahun ini akan terulang kembali penolakan terhadap pengurus sebuah komunitas? Sepertinya tidak harus terjadi lagi, jika tema yang diambil adalah merayakan keragaman.

Memiliki blog, berbagai akun sosial media dan masih aktif menulis hingga kini, meski tak bergabung ke dalam suatu komunitas, saya berharap bukan suatu halangan untuk dapat mengikuti acara Pesta Blogger. (Bukan begitu, manusia kursi?)

Jika ditanya apa harapan saya di acara Pesta Blogger, saya nggak berharap banyak, saya akan berusaha hadir sebagai peserta biasa saja dulu, nanti dibilang sok tahu, wong sebelumnya saja belum pernah hadir, kok sudah banyak omong. Secara umum, ya semoga saja acaranya lancar dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amin.

Jika jadi hadir di Pesta Blogger tahun ini, akan jadi yang pertama buat saya. Saya tunggu berita-berita tentang Pesta Blogger terbaru! Selamat bekerja panitia!

Oiya, buat teman-teman yang bisa desain, ada kompetisi membuat desain Pesta Blogger nih, silakan ikut.

~~~

Saya jadi nulis tentang Pesta Blogger karena baru saja kenalan sama Bu Indra Tjahjani yang membuat batik untuk panitia Pesta Blogger tahun lalu dan Dubes AS yang hadir. Blog beliau bisa diintip di Mbatikyuuuk, dan ternyata seorang Doktor lho!

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

47 thoughts on “Seputar Pesta Blogger”

  1. Harap acaranya berjalan sesuai rencana.
    Kalo usung tema yg itu,blogger yg ingin ikut bisa diterima tanpa syarat.
    Tempatnya nanti di mana,Mba?

  2. Salam kenal, wah ini dia isnuansa blog yang selama ini saya kenal lewat komentarnya dibeberapa blog yang saya kunjungi , ternyata tulisannya renyah semoga pesta bloggernya sukses

  3. Semoga pestanya berjalan sukses,, karena saya baru ngeblog tp pernah baca-baca kalau pesta blogger sebelumnya agak gimana gitu,, semoga dengan tema ini, bukas pestanya yang penting tetapi tujuan dari berkumpulnya.. sukses yaa.. ๐Ÿ˜‰

  4. wah, saya juga belum pernah ikut acara ituh
    secara saya kenal blog belum setahun ๐Ÿ˜€

    mari sukseskan pesta blogger 2010

    selamat berlibur mba nunik, salam hangat dari kota daeng
    .-= abu ghalib selesai posting Kopdar Tengah Malam =-.

  5. Sekarang ada banyak macam blogger. Di facebook Pesta Blogger disebutkan narablog (mikro-, makro-, blogger menahun, blogger musiman dan blogger professional). He he he ada ada aja.

    Hidup Pesta Blogger 2010!
    .-= budiastawa selesai posting Perkenalkan, Google Font API =-.

  6. Wah saya ga tau kalau Pesta Blogger yg kemarin ternyata seperti itu hehehe, secara 3 tahun berturut2 saya hanya sebagai peserta juga :p

    Tapi seperti yang saya tulis berkali2, di blog saya maupun di blog PB. Everyone’s invited!
    Tidak ada yang tidak diundang, tidak ada larangan utk datang, tidak ada penolakan ๐Ÿ™‚
    Mau blogger macam apa, silakan datang. Tidak peduli tidak berasal dari komunitas ataupun tercatat di satu komunitas. Pokoknya semua! ๐Ÿ™‚

    Jadi, sampai jumpa di Pesta Blogger 2010! ๐Ÿ™‚

    1. namun dalam perayaan keberagaman itu juga harus ditunjang dengan manfaat yang didapat setelah dari pesta itu dan jangan ada lagi berita2 miring setelahnya. semoga saja pb10 dp chairpersonnya mba rara bisa lebih baik dari sebelumnya ๐Ÿ˜€
      .-= addiehf selesai posting ber-Ekowisata di Lembah Cilengkrang =-.

  7. akhirnya bisa komen juga

    thanks mba nunik sudah menuangkan problem yg dihadapi oleh komunitas itu

    saya sendiri juga akhirnya tdk dtg pada pesta blogger 09 bukan krn tdk ada pengakuan bagi komunitas tsb tp lbh krn waktu yg tak memungkinkan

    tapi jika boleh memilih sy lebih suka acara yg lebih sederhana dibandingkan sebuah pesta hehe

  8. Hai isnuansa,
    Terima kasih telah menuliskan apa yg terjadi dg dblogger saat pb09. Makasih juga jg julie yg menuntun saya ke blog ini.
    Berkenaan dg dblogger dan pb09, saya coba memberikan informasi yang saya ketahui.
    Atas komunitas, dblogger memang tidak hadir pd saat pb09 karena komunitas dblogger (detik blogger) tidak mendapatkan undangan komunitas meskipun sudah mengajukan nama2 perwakilan komunitas dblogger. Saya tidak tahu persis alasannya.
    Namun anggota dblogger banyak yang hadir pd pb09 itu atas nama sendiri termasuk saya. Bahkan saya telah menulis kesan dan masukan utk pestablogger di blog saya anjari.blogdetik.com
    saya yakin, seperti juga ditegaskan rara dan teman2 lain diatas, bahwa sesungguhnya tiap pestablogger siapapun boleh hadir. Mungkin masalah administrasi, sehingga dblogger sbg komunitas tidak diundang.

    Oh ya, menyangkut komunitas dblogger, sampai sekarang komunitas ini masih exist hanya kepengurusannya saja demisioner. Secara aktivitas dan jaringan masih terjalin dg baik.
    Salam ngeblog,
    anjari umarjianto

    1. whoa.. ternyata ada kejadian seperti ini toh..
      beneran saya ga tau. maklum, 3 tahun berturut2 pun hanya partisipan sahaja hihi.. eh serius ๐Ÿ™‚

      kalo ada contact person dblogger, boleh dong minta no hpnya.. bisa dijapri ke rara79@gmail.com ๐Ÿ™‚
      .-= rara selesai posting Tugas Baru, Beban Baru =-.

  9. Makasih Mas Anjari atas penjelasannya di blog ini.

    Saya sendiri mengerti seperti itu kejadiannya, mohon maaf jika tulisan saya tak menjelaskan serinci itu. Murni keterbatasan saya. Saya baru sadar jika pembaca bisa menafsirkan lain.

    Tentu saja jika sebagai perorangan, setiap orang bisa hadir di PB. Hanya saja, kelanjutan ceritanya jadi agak kurang seru karena kepengurusan demisioner.

    Jika nanti ternyata Pesta Blogger mengundang D’Blogger sebagai sebuah komunitas -yang-akhirnya-diakui-keberadaan-dan-eksistensinya-, siapakah yang akan menerima undangannya? ๐Ÿ˜‰

    1. yang mengakui atau tidaknya suatu keberadaan dan eksistensi sebuah komunitas blogger kayaknya bukan EO PB deh mba ๐Ÿ˜ฎ
      .-= addiehf selesai posting ber-Ekowisata di Lembah Cilengkrang =-.

  10. selamat pagi.

    bakalan luar biasa tuh acara.
    ikutan gak ya.. ikutan gak ya…
    *pikir-pikir*

    btw, ternyata ada suatu komunitas blogger yang gak diundang kemarin…
    hmmm. semoga ke depannya udah gak lagi.

    terima kasih dan mohon maaf ๐Ÿ˜ฎ

  11. Klo ada pesta dan ada waktu ya maunya datang ikutan..
    .-= Yohan Wibisono selesai posting PEKERJA PENGANGGURAN | BANGKIT! =-.

  12. Saya tidak begitu mengerti organisasi …
    Saya belum sempat mengikuti 2 pesta blogger yang baru lalu … (yang sama-sama di laksanakan di Jln Gatot Subroto meskipun beda gedung )

    Namun yang jelas …
    Yang namanya pesta blogger itu pasti sangat menyenangkan … karena bisa ketemu blogger-blogger jagat maya

    Salam saya Mbak Is
    .-= nh18 selesai posting LAGU CINTA =-.

    1. Wajarlah PakDhe, namanya juga acara besar, pasti ada saja masalahnya, karena memang nggak gampang mengerjakan sebuah hajatan yang diikuti oleh banyak orang.

      Panitia pasti sudah berbuat yang maksimal.

  13. Wah salam kenal ya padahal kemarin udah ketemuan pada saat karaoke

    about pesta blogger 09 wah mustinya kemarin ngobrol langsung sama manusia kursinya kan ada lagi nyanyi tuh
    .-= ajengkol selesai posting Muhasabah : Marhaban Ya Ramadhan =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge