Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

Masih tentang cerita jalan-jalan saya di Cirebon akhir minggu lalu. Ada dua tulisan terdahulu, Asyiknya Mengejar Kereta Api dan Wisata Kuliner Selama Di Cirebon yang juga bisa Anda baca. Tulisan ini, hanya singkat saja sebenarnya. Karena bukan tempat wisata yang saya dan teman kunjungi selama di Cirebon. Kebetulan hotel tempat kami menginap hanya berjarak beberapa meter dari lokasi topeng berada.

5120231694 867b338e4c Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

Ketika melewati sebuah topeng yang ada di pinggir jalan, iseng saja saya foto di depannya. Sambil baca juga sih, sepertinya bekas acara beberapa hari sebelumnya. Dan benar saja, setelah saya Googling, ternyata Kota Cirebon adalah kota diselenggarakannya Festival Topeng Nusantara 2010. Sebuah rangkaian acara sebagai bagian dari pariwisata budaya Nasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Jujur, saya baru pertama kali dengar ada acara semacam itu. Jika saya dan teman tahu sebelumnya, mungkin kami akan jalan ke Cirebon lebih cepat lagi dan menyaksikan festival tersebut. icon wink Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

5120231702 6861c22fb8 Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

5120231704 dfc5e47f5b Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

5120231706 1807889aab Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

5120231708 445d012687 Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

5120231712 39561af471 Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

5120259200 12ec52edb5 Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

Topeng-topeng yang dimiliki oleh Indonesia sangat banyak. Tiap daerah hampir punya topeng dengan bentuk yang khas. Beberapa diantaranya adalah seperti pada gambar di atas. Seni Topeng Nusantara diharapkan nantinya dapat diakui sebagai “Warisan Budaya Dunia” (World Heritage) oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

5119684065 1fdb721db3 Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

Yang di atas adalah foto saya bersama topeng di Keraton Kasepuhan Cirebon. Cerita tentang Keraton Kasepuhan dan Kanoman bakal saya ceritain besok-besok.

~~~
Screenshot gambar topeng selain foto saya diambil dari website Festival Topeng Nusantara.

43 comments on “Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

  1. Wah stok artikel tentang jalan2 makin banyak mba, kita mulai aja nih :lol:
    satrya selesai posting Guest Post : Tips Praktis menggunakan username administrator default: Admin

  2. Fadly Muin on said:

    wah bisnis topeng sepertinya prospeknya cukup cerah yah mbak?
    enak nih jalan-jalan terus. jakarta malah keos akibat banjir tak terduga mbak
    Fadly Muin selesai posting Kiat Happy Menghadapi Hujan Dan Kemacetan

    • Saya juga ikut ngerasain kok, gimana macetnya Jakarta akibat hujan dan jalanan tergenang. (Bukan banjir Mas, menurut Pak Gubernur)

      Pulang sampai rumah jam 2 pagi, hihi…

  3. Wah…seandainya saja di daerah saya ada festival topeng seperti itu,,,pasti akan menarik ^^

  4. komeng saya ketangkap satpam, ya?

  5. Kalo udah ada festifal topeng, berikutnya di buat pesta topeng se Indonesia, pasti seruh deh acaranya….
    eserzone selesai posting Ide Gila Bikin Komunitas Blogger

  6. Wah, potone Mba Nunik ayu tenan, alami :-D
    Abu Ghalib selesai posting Kampong Bojong Nan Asri

  7. diliat lama2 serem juga yah Mba topeng2nya
    Debby selesai posting TAK MAYA

  8. lupa beli topeng kecil di Kasepuhan kemaren.. balik lagi yuk,, :)

  9. Saya di rumah ada 5 topeng : Power ranger, Koleksi mainan saat kecil :D
    bangsaid selesai posting Green Canyon dan Pantai Pangandaran 1

  10. keren banget mbak pamerannya. sayang ga mampir tempat saya. padahal pengen liat semua topeng2 indonesia
    andre selesai posting Banjir Wasior Gempa amp Tsunami Mentawai Banjir Jakarta Merapi Meletus. Ayo berdoa untuk Indonesia

  11. BENY KADIR on said:

    Wah, hampir ketinggalan saya.
    Terimakasih ceritanya, Mba.

  12. Kaka Akin on said:

    Wah, ternyata beneran banyak ya topeng nusantara… *baru nyadar* :D
    Hehe… syukurlah dapat sisa keriaannya, Mbak :)
    Kaka Akin selesai posting Menjadi Lebih Baik

  13. kunjungan balik mba’…
    kunjungan perdana nie…

    nice blog! menarik!

    Festival topeng, pastinya menarik banget… jadi pengen nonton he he… udah telat yah…
    inge selesai posting Ketika hujan -

  14. Wah.. luar biasa kekayaan budaya negeri kita ya mbak, pasti seneng banget bisa piknik budaya kayak gitu,,, :)

    moga segera dipatenkan.. *trauma dicolong pihak lain*

  15. Sejujurnya indonesia tu kaya akan khasanah kebudayaan yang sangat tinggi,termasuk topeng-topeng itu. namun sayangnya para Generasi bangsa saat ini kurang meminati bahkan tidak mau peduli lagi terhadap warisan budaya indonesia tersebut.

    OOT : Kira2 Pahlawan bertopeng dalam anime film sincan ada disitu juga gak ya?????? :lol:
    hudaesce selesai posting Arti Sumpah Pemuda

  16. Uuuuff, betul, sayang saya tidak ada disana. Aku suka macam-macam semua dari topeng. Tahun depan saja.
    Terimakasih banyak.
    Salam dari Barcelona
    Gildo selesai posting Cosas que hacer que hago cuando voy a Jakarta Indonesia

  17. Mas Mot on said:

    Jadi ingat waktu SD pernah ikut lomba nari topeng “bujang ganong” tuh yang di pic. Guro Gudho Jawa TImur.
    Mas Mot selesai posting Di Balik Fenomena &8220Wedhus Gembel&8221 Merapi

  18. mas-tony on said:

    ini topiknya topeng ya! ada yang mirip dengan saya ga ya? baru berkunjung pertama kalinya mbak, salam kenal dari bantul
    mas-tony selesai posting mempercantik tampilan blog

  19. bener-bener budaya indonesia itu cantik-cantik dan adiluhung :)

  20. awas kecaplok..!
    omagus selesai posting eNdonesiaku

  21. Ayo Belanja! on said:

    topengnya serem tapi eksotis kalo dipake trs dibawain tarian….
    Ayo Belanja! selesai posting Rokok Tani Madjoe Kretek- Rokok Bahan Alami Rendah Nikotin

  22. Perjalanan yang mengasikan mbak. Selain kuliner yang membuat aku ngiler :(

  23. mbak, mejeng di depan topeng gede itu apa ngga takut ditelen ? Kalau topengnya segede gitu, orangnya segede apa ya … ? :)

    pokoknya jangan sampai kebudayaan asli Indonesia sampai punah atau dipatenkan negara lain ..
    siBelor selesai posting Kita adalah Insan Sosial

  24. Wah jadi inget sama aksi tari topeng yang dimainkan Brandon ma penari topeng itu…
    Sayang tuh mbak Isnuansa telat nyampenya, hehe
    dHaNy selesai posting Peluang Usaha Menggiurkan di Jogja

  25. kenapa ya dalam kebudayaan kita banyak sekali karya topeng? adakah makna filosofisnya?
    senang bertemu kamu di 3 event sekaligus di Jakarta, kemarin.

  26. artikelnya bagus,gambarnya jg keren.

  27. fadjar ariessandi alam on said:

    selamat sore mba, aku mau tanya kalau topeng sepet madu itu bercerita tentang apa ya, karakter apa yg melekat pada topeng tersebut. atau kalau mba punya informasi tentang topeng sepet madu mohon di share

    terima kasih

  28. Mantaps…..
    KuMan AIDS selesai posting Merubah Hutan Menjadi Sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

19,737 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge