Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon

Masih tentang cerita jalan-jalan saya di Cirebon akhir minggu lalu. Ada dua tulisan terdahulu, Asyiknya Mengejar Kereta Api dan Wisata Kuliner Selama Di Cirebon yang juga bisa Anda baca. Tulisan ini, hanya singkat saja sebenarnya. Karena bukan tempat wisata yang saya dan teman kunjungi selama di Cirebon. Kebetulan hotel tempat kami menginap hanya berjarak beberapa meter dari lokasi topeng berada.

Festival Topeng Nusantara

Ketika melewati sebuah topeng yang ada di pinggir jalan, iseng saja saya foto di depannya. Sambil baca juga sih, sepertinya bekas acara beberapa hari sebelumnya. Dan benar saja, setelah saya Googling, ternyata Kota Cirebon adalah kota diselenggarakannya Festival Topeng Nusantara 2010. Sebuah rangkaian acara sebagai bagian dari pariwisata budaya Nasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Jujur, saya baru pertama kali dengar ada acara semacam itu. Jika saya dan teman tahu sebelumnya, mungkin kami akan jalan ke Cirebon lebih cepat lagi dan menyaksikan festival tersebut. 😉

Festival Topeng Nusantara

Festival Topeng Nusantara

Festival Topeng Nusantara

Festival Topeng Nusantara

Festival Topeng Nusantara

Festival Topeng Nusantara

Topeng-topeng yang dimiliki oleh Indonesia sangat banyak. Tiap daerah hampir punya topeng dengan bentuk yang khas. Beberapa diantaranya adalah seperti pada gambar di atas. Seni Topeng Nusantara diharapkan nantinya dapat diakui sebagai “Warisan Budaya Dunia” (World Heritage) oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Festival Topeng Nusantara

Yang di atas adalah foto saya bersama topeng di Keraton Kasepuhan Cirebon. Cerita tentang Keraton Kasepuhan dan Kanoman bakal saya ceritain besok-besok.

~~~
Screenshot gambar topeng selain foto saya diambil dari website Festival Topeng Nusantara.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

44 thoughts on “Sisa Keriaan Festival Topeng Nusantara Di Cirebon”

    1. Saya juga ikut ngerasain kok, gimana macetnya Jakarta akibat hujan dan jalanan tergenang. (Bukan banjir Mas, menurut Pak Gubernur)

      Pulang sampai rumah jam 2 pagi, hihi…

  1. Sejujurnya indonesia tu kaya akan khasanah kebudayaan yang sangat tinggi,termasuk topeng-topeng itu. namun sayangnya para Generasi bangsa saat ini kurang meminati bahkan tidak mau peduli lagi terhadap warisan budaya indonesia tersebut.

    OOT : Kira2 Pahlawan bertopeng dalam anime film sincan ada disitu juga gak ya?????? 😆
    hudaesce selesai posting Arti Sumpah Pemuda

  2. kenapa ya dalam kebudayaan kita banyak sekali karya topeng? adakah makna filosofisnya?
    senang bertemu kamu di 3 event sekaligus di Jakarta, kemarin.

  3. selamat sore mba, aku mau tanya kalau topeng sepet madu itu bercerita tentang apa ya, karakter apa yg melekat pada topeng tersebut. atau kalau mba punya informasi tentang topeng sepet madu mohon di share

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge