Strategi Alami Untuk Membuat Pengunjung Betah Membaca Artikel Anda

 

Blogpost ini hasil karya Ibrahim Lubis, M.Pd.I, pemilik blog Terwujud.com.

Anda juga bisa menulis untuk isnuansa.com dengan membaca syaratnya sebagai Guest Blogger.

~~~

 

Mendapat kunjungan dari ribuan bahkan jutaan visitor tentu menjadi impian para blogger, termasuk saya. Namun, untuk mendapatkan itu semua perlu perjuangan yang cukup keras, apalagi mengingat persaingan saat ini cukup ketat sekali, ditambah dengan algoritma mesin pencari yang begitu agresif.

Saat ini, Google sebagai mesin raksasa dunia sudah tidak lagi mementingkan backlink, hal itu karena Google ingin fokus pada kualitas dan kuantitas yang original dari setiap hasil pencarian yang ingin dicari orang.

Intinya, untuk mendapatkan perhatian Google, maka langkah ampuh yang harus kita lakukan adalah memperbaiki konten artikel yang kita ingin publish, sebab dengan memperhatikan kualitas artikel, maka kita sudah mendapat perhatian Google sebesar 50%.

Selain itu, jika anda sebagai pengunjung, tentunya anda lebih suka dan tertarik dengan artikel yang original, berkualitas dan informatif. Lalu, apa saja strategi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan banyak pengunjung? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

  1. Buatlah Keyword Yang Informatif

Membuat keyword adalah hal terpenting bagi seorang blogger, sebab dengan keyword inilah menjadi salah satu tolak ukur keakuratan, informatif, dan metode untuk memancing pengunjung.

Adapun cara untuk membuat keyword, sebaiknya anda harus meneliti seberapa penting keyword yang anda buat, dan untuk itu anda bisa membuatnya dengan kerangka pikir berikut ini.

  • Tentukan tema besar keyword (Misalnya: Tema kesehatan -> Cara mencerahkan wajah dengan mudah)
  • Tentukan target pengunjung
  • Perhatikan isi yang akan ditulis
  • Gunakan keyword dalam bagian konten, jangan terlalu banyak
  1. Perhatikan Tata Bahasa

Tata bahasa harus diperhatikan, jangan asal nulis tanpa memeriksa hasil tulisan. Jika anda menulis saja tanpa memeriksa tulisan, bisa jadi ada yang salah, kalimatnya tidak nyambung atau yang lainnya.

Selain itu, gunakan bahasa yang mudah dimengerti, sebab pengunjung akan bosan dan tidak ingin meneruskan membaca tulisan anda jika tata bahasanya berantakan.

  1. Posisikan Anda Sebagai Pengunjung Sekaligus Penilai

Nah, tentu sobat dah tahu maksudnya. Jika anda sudah selesai menulis, sebaiknya baca tulisan anda kemudian coba nilai apakah hasil tulisan anda benar-benar informatif, efektif dan mempunyai nilai yang membuat pengunjung tertarik.

Sebaiknya, ketika anda membaca, posisikan bahwa anda adalah pengunjung pertama yang sedang mencari informasi, kemudian menemukan tulisan sesuai dengan judul/keyword yang dicari. Langkah selanjutnya adalah penilaian. Lakukanlah penilaian itu dengan bertanya:

Judul tulisan blog jangan bombastis tapi isinya tak sesuai

  • Apakah isi dengan judul sesuai
  • Apakah isi benar dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Apakah isi benar-benar tulisan sendiri (tidak plagiat)
  • Apakah kalimatnya mudah dipahami
  • Apakah isinya bermanfaat
  1. Tambahkan Gambar Yang Tepat

Kalau blog bersifat artikel bukan jenis makalah, maka gambar merupakan hal yang amat penting untuk anda sajikan. Namun, membuat gambar tentunya harus singkron dengan keyword artikel yang anda buat.

Selain membuat gambar, untuk menarik minat pengunjung sebaiknya gunakan gambar yang menarik dan memancing, hal itu agar pengunjung semakin jelas dan paham akan gambaran awal dari artikel yang anda publish.

  1. Navigasi Konten

Dalam membuat artikel, navigasi di dalam konten ternyata sangat penting. Hal itu akan memberikan gambaran dan pemahaman mudah bagi pengunjung. Misalnya:

Judul: Cara membuat Blog

Deskripsi: bla…bla…bla…

Navigasi:

  1. Arti Blog
  2. Langkah Membuat Blog
  3. Kunjungi…
  4. dst…
  5. Cara Mempublish Artikel Setelah Blog Selesai
  6. dan seterusnya

Navigasi ini akan mempermudah pengunjung memahami bagian besar isi dari artikel yang anda buat. Coba bayangkan jika artikel yang panjang, tapi navigasinya menyatu, saya yakin pengunjung akan pusing membaca dan memahaminya.

Nah, 5 strategi ini bertujuan untuk membuat pengunjung suka dengan blog anda, so ! jika pengunjung sudah suka, tentunya mereka akan kembali lagi dengan harapan mendapatkan sajian artikel-artikel terbaru dari anda. Istilahnya, anda punya pelanggan tetap.

23 thoughts on “Strategi Alami Untuk Membuat Pengunjung Betah Membaca Artikel Anda

  1. bener juga yah kadang banyak blog yang isinya bagus tapi ga bikin betah karena pemilihan font yang tidak tepat

  2. ya buat artikel positif berdasarkan fakta yang bisa dipertanggung jawabkan lebih penting. daripada sekedar menyebarkan berita hoax. terima kasih tips agar pengunjung betah membaca artikel pada blog
    Tips Agar Pengunjung Betah selesai posting Tips Agar Pengunjung Betah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge