Strategi Menambah Page View Dengan Deep Linking

Sebelum saya menulis lebih banyak, saya akan mencoba menjelaskan terlebih dahulu dengan bahasa saya apa yang dimaksud dengan Page View dan Deep Linking.

Page View adalah nilai rata-rata jumlah halaman blog kita yang diakses oleh satu orang dalam satu kali kunjungan.

Deep linking adalah link yang diberikan pada halaman spesifik dari sebuah blog. Jika kita memberikan link kepada http://www.isnuansa.com [atau halaman home] disebut link, karena biasanya home terdiri dari beberapa judul postingan. Contoh deep linking adalah seperti link kepada http://www.isnuansa.com/mengejutkan/ yang secara spesifik hanya menuju kepada salah satu postingan saya.

Salah satu tanda bahwa blog kita diminati oleh pembaca adalah jika pembaca merasa nyaman berada di blog kita, waktu yang dihabiskan untuk berada di blog lebih lama dan jumlah halaman yang diakses lebih banyak.

Blogger biasanya [bukan saya berkata kasar] mengunjungi blog kita hanya sekedar ‘menunaikan kewajiban’ membalas kunjungan balik yang telah Anda lakukan. Baca satu saja postingan Anda, lebih cepat lebih baik, mengisi kolom komentar, dan segera beralih meninggalkan blog Anda untuk ‘menunaikan kewajiban’ yang lain. Masih banyak blog yang belum dibalas kunjungannya.

Nah, kejadian di atas adalah rata-rata yang terjadi. Bagaimana caranya supaya mereka bukan hanya membaca satu tulisan melainkan membaca tulisan lain dari blog kita? Itu tugas berat kita sebagai blogger.

Yang paling utama adalah content is the king. Jika tulisan kita berguna untuk pembaca kita, tanpa diminta, mereka akan dengan senang hati meluangkan waktunya menjelajahi tulisan kita yang lainnya.

Selain itu, ada strategi yang bisa kita lakukan dengan deep linking.

Tentu deep linking bukan satu-satunya. Saya yakin, cara yang lain sudah Anda terapkan juga di blog. Seperti meletakkan daftar Postingan Terbaru, Recommended Post, Top Post, Related Post dan cara-cara ‘mengkiklankan’ tulisan Anda yang lain di sidebar blog.

Satu yang sering kali agak dilupakan oleh blogger adalah dengan memberikan taut kepada postingan kita yang lain atau disebut dengan deep linking.

Strategi ini cukup jitu membuat pengunjung blog kita mengklik anchor text yang kita berikan, karena link berada di dalam tulisan, bukan di sidebar blog.

Orang hanya akan membuka tulisan lain kita yang ada di sidebar jika mereka ‘puas’ dengan postingan yang telah mereka baca. Tetapi, jika anchor text berada di dalam body tulisan, biasanya mereka akan penasaran, terlebih jika kita menggunakan kata ‘yang mengundang’.

Sudahkah Anda terbiasa memberikan deep linking dalam tulisan Anda?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

31 thoughts on “Strategi Menambah Page View Dengan Deep Linking”

  1. Kalo istilah lainnya, Internal Link Building. Selain berpotensi meningkatkan persentase page view, juga sangat mendukung optimasi postingan (SEO).

    Dengan catatan, pemilihan ANCHOR TEXT-nya harus pas, sesuai dengan keyword utama yang akan kita optimasi. Dan akan lebih baik lagi, jika anchor text-nya terdapat pada judul dan paragraf pertama/terakhir dari postingan yang akan kita optimasi tersebut 😛

    Oya, salah satu postingan mbak nunik dapet backlink gratis dari postingan terbaru saya 😆
    .-= iskandaria´s selesai [nulis] ..10 Indikator Perkembangan Blog =-.

    Soal anchor text itulah yang bikin peserta kontes SEO blognya berisi ‘sampah’. Beberapa hari lagi postingan saya soal itu 😎

  2. saya beberapa kali melakukannya,
    menurut saya sebaiknya deep linking yang dibuat juga jangan terlalu banyak karena akan membingungkan dan membosankan, saya yakin setiap blogger memiliki seni sendiri2 untuk menampilkan deep link ini

    btw, nice post
    .-= wira´s selesai [nulis] ..Pro Kontra Miyabi Main Film Indonesia =-.

    Iya, Mas. saya sendiri kadang suka bosen saking banyaknya link yang saya beri di setiap postingan. Saya belum terlalu menguasai SENI meberi link yang tepat, supaya menambahkan cukup satu link, tetapi manjur, setiap orang ngeklik. 👿

  3. saya sendiri jarang-jarang memberikan deep linking
    karena saat posting terkadang males ngasih gituan..!
    😆

    Ngetiknya sambil OL ya Bos? Kalo saya ngetik ofline, jadi terbiasa nambahin href

  4. kaLo saya bLm kepikiran ngasih deep linking, cz postingan sy baru dikit,,

    Nanti kalo sudah banyak, rajin-rajin nambahin dong…

  5. Deep linking pernah saya berikan dan mungkin dampaknya ada. Namun linkin data kok tetap “no data” aja yaaaa.
    Mungkin harus diperbanyak deeplink nya, tapi entar nggak match dengan artikelnya.
    Yo wis mbak, entar tak buat lagi deh.
    Salam hangat dari Surabaya.
    .-= Pakde Cholik´s selesai [nulis] ..Nothing Tulus =-.

    Sebenernya nggak match itu SENInya, gimana kita yang punya blog memiliki artikel yang mungkin nggak mirip, tapi orang mau membaca juga. Jadi kan page view-nya jadi tinggi.

  6. Btul sob, membuat org komen blk ke kita emang mudah, tapi utk artikel yg lain, yg itu yg susah.
    Mksh sharingx 🙂

    Iya, karena kebanyakan mereka hanya membaca satu postingan.

  7. Bener juga ya mbak… kadang – kadang kita datang berkunjung ke sebuah BLOG hanya untuk sekedar membalas kunjungan aja…

    Syukurnya sih saya nggak kali ya he he *narsis*.. Saya suka berkunjung ke BLOG yang kontennya sangat menarik dan menambah wawasan, dan biasanya langsung saya pasang di blogroll agar saya nggak repot untuk mencari – cari alamatnya kalau kemudian ingin mengunjunginya lagi…

    Yang punya blog menarik tersebut kemudian mau berkunjung balik atau tidak ke rumah saya sih, itu bukan masalah bagi saya… yang terpenting saya dah dapet manfaat dari pikiran – pikiran yang ia tuangkan di blog nya 🙂
    .-= Rizal´s selesai [nulis] ..Keberanian Mengambil Resiko =-.

    Maaf ya Mas Rizal, baru hari ini punya kesempatan buat berkunjung ke blog Mas Rizal. Tapi saya langsung muter-muter kok, meski hanya 2 postingan yang saya komentari. Saya buka blognya Mbak saski Kirana juga, turut berduka ya.

    Oh, ya, kapan-kapan pengen bisa jalan-jalan sampe ke Bangka, ada salah satu tema kuliah saya asalnya dari sana, sekarang jadi PNS di Bangka. Mudah-mudahan suatu saat bisa terwujud impian jalan2 ke Bangka. 😎

  8. Thanks banget mbak Is dah mau meluangkan waktunya berkunjung… ^_^

    Kalau begitu saya akan menyiapkan diri deh untuk menyambut kedatangan Mbak di Pulau Bangka… Semoga Pulau ini akan menjadi salah satu ‘tempat terbaik’ yang pernah dikunjungi mbak Is dalam hidup mbak 🙂
    .-= Rizal´s selesai [nulis] ..Keberanian Mengambil Resiko =-.

    Hihihi, semua tempat pengen saya kunjungi, tapi ujung-ujungnya kalo piknik ke Bali. Mudah-mudahan sih tahun depan nggak ke Bali lagi. :mrgreen:

  9. Saya sudah melakukannya mbak, tapi terkadang suka lupa dimana linknya, jadi harus muter balik ke searching my blog, baru dapet. Yang aku suka adalah, nampilin link yang banyak diminati di sidebar dengan nuansa beda agar ketika mata membuka blog langsung mudah tertuju padanya. 🙄
    .-= Wandi thok´s selesai [nulis] ..Orang Kaya Gaptek =-.

    Top Post, gitu ya, Pak Guru?

  10. setelah membaca banyak postingan yang bermutu, saya putuskan untuk berlangganan via email saja, jadi dimana aja bisa baca isnuansa.com, terus berkarya!!
    .-= imron46´s selesai [nulis] ..TEORI DASAR PSIKOPAT =-.

    Yap, berlangganan Feed via email emang bisa memudahkan membaca blog teman-teman lainnya.

  11. sy pasang deep linking kalau diperlukan aja n yg memang terkait dgn artikel aja.

    di blog yg lain sy pasang script linkwithin, pengaruhnya ternyata signifikan juga, pageview meningkat tajam. mungkin org tertarik karena ada gambar thumbnailnya

    .
    .-= Zons´s selesai [nulis] ..Mau Hidup Abadi? Tunggu 20 Tahun Lagi =-.

    Kadang saya menemukan blog yang masang linkwithin, pengen juga tapi belom tau caranya. Mo belajar, masih antri dulu dengan hal-hal [masih banyak] yang belom sempat saya pelajari.

    Ada beberapa gambar yang menampilkan artikel terkait di bawah postingan itu kan? 😉

  12. Deep Linking ya namanya… Sedang saya usahakan mbaq, doain berhasil ya… 😛
    .-= casrudi´s selesai [nulis] ..Tagihan Rumah Web Yang Tidak Memberatkan =-.

    Iya, Mas. Namanya mempromosikan tulisan lama dari blog sendiri. Soalnya blogger lebih fokus ke dalam tulisan daripada di side bar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge