Tampil Cantik Itu Nggak Perlu Menyiksa

#AwalnyaSederhana, tapi kalau lama-lama dibiarkan bisa jadi masalah kesehatan yang serius. Apakah itu? Soal sepatu dan tas. Kita mulai dari tas dulu aja yah. Yuk, kita lihat tas anak-anak sekolah jaman sekarang. Mulai berupa backpack  yang gedenya melebihi ukuran punggungnya, hingga tas yang bentuknya troli bisa diseret, tapi ya tetep aja, beratnya ampun-ampunan.

Pernah mencoba mengukur berapa berat tas tersebut? Atau, tas kita aja sendiri deh. Punya saya, meski bentuknya tidak begitu besar, tapi modelnya menipu. Isinya bisa muat banyak. Dan karena muatnya banyak, otomatis jadi suka “nyampah”, memasukkan banyak barang ke dalamnya, padahal belum tentu dibutuhkan. Nah lo, siapa yang modelnya kayak saya?

Belum lagi beban tubuh kita ditambah dengan “anak tas”. Tahu kan, model tas yang biasanya untuk gudibek ituh? Tas kanvas atau spunbond yang bisa ditenteng buat bawa mukena atau bekel makan siang. Naaah, ngitung berat tas itu semua yang kita bawa dalam satu hari ya. Kalau beratnya melebihi 10% dari berat badan kita, sudah harus waspada nih. Itu kebanyakan!

Barang bawaan yang terlalu banyak itu akan membebani tulang kita. Batas toleransinya sampai 10% saja, di atas itu, berarti kita menabung “bom waktu kesehatan” di masa depan. Ada beberapa penyakit mengintai, seperti osteoporosis, skoliosis (pertumbuhan tulang belakang melengkung) ataupun kifosis (bungkuk).

Solusinya tentu saja sejak dini (anak-anak) haruslah didisiplinkan untuk membawa barang bawaan di dalam tas hanya yang diperlukan saja. Kurangi isinya. Taruh barang yang berat di bawah. Gunakan tas dengan dua tali (backpack) supaya beban terdistribusi merata. Mendekatkan tas ke tubuh kita juga bisa mengurangi resiko goyangan pada tulang belakang, sehingga mengurangi beban yang bisa mengakibatkan cedera. Dan tentunya jangan lupa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium, agar tulang tetap prima hingga usia dewasa.

So, kalau saya, jauh-jauh deh dari model tas yang hanya bagus dari segi fashion-nya aja, tapi ternyata merusak kesehatan untuk jangka panjang. Harus smart lah ya, dalam memilih tas juga. Nggak papa terlihat sedikit out of fashion, yang utama kan kesehatan. Ya, nggak?

Tampil Cantik Itu Nggak Perlu Menyiksa

Nah, selain tas, satu lagi nih benda yang bisa mempengaruhi kesehatan tulang kita. Yap, sepatu! Tuntutan look good buat cewek-cewek masa kini, bisa diterjemahkan sebagai “lo kurang cewek kalo nggak pake high heels 12 centi”. Semakin tinggi cewek, semakin cantik. Emang iya? Yuk, kita lihat lagi.

Eh, aku liat di Instagram Andien, kalau show dia kan sering pakai high heels ya. Cantik ya. Tapi kalau dipakai terus-terusan apakah aman? Iya sih, kalau tubuh proporsional, trus pakai baju keren dan high heels stiletto atau pump atau peeptoe itu jadi terlihat modis dan menawan. Tapi yakin, badan kita akan tetep sehat, terutama di usia senja?

Kalau pakai high heels di atas 5 centi setiap hari, resiko paling sederhana yang mungkin terjadi itu ya gampang kesleo. Selain kesleo, high heels juga bisa bikin kaki mudah lecet kalau ukurannya tidak pas. Makin tinggi hak sepatu, makin miring kan ya tubuh pemakainya, nah supaya bisa seimbang, beban berat tubuh akan banyak ditopang oleh panggul dan punggung. Selain tulang, pemakaian high heels dalam waktu lama juga berakibat pada kesehatan otot betis dan radang sendi.

Ada nama-nama penyakit seperti Bunions, Corns, Hammer toe, Morton’s neuroma, Pump bump, Metatarsalgia yang juga mengintai pemakai high heels. Ah, saya sih nggak mau ambil resiko ya. Lebih baik enggak deh, jauh-jauh. Mending pakai yang model jellies, ballet flats, slip ons, atau converse. Sesekali aja kalau lagi kondangan atau ada acara resmi pakai wedge heels atau kitten heels. Kalau kamu?

36 thoughts on “Tampil Cantik Itu Nggak Perlu Menyiksa

  1. memang benar gan, terkadang orang-orang yang menginginkan kecantikan itu malah terlihat aneh, bergaya seperti ala orang barat. Jadi kesannya terlihat gimana gitu. 🙂

  2. Ah untungnya saya gak punya dan gak biasa menggunakan sepatu hak tinggi. Tapi saya baru menyadari kalau memakai hak tinggi ternyata gak bagus juga buat kesehatan. Sedangkan untuk tas, mungkin saya harus lebih selektif lagi membawa barang bawaan.. 🙂

  3. Tampil cantik sih bagi gue yang sederhana-sederhana aja, 😀
    tapi kebanyakan sih yang gue liat kalo maksa banget terlihat cantik jadi kagak menarik deh..
    Yang penting emang udah cantik dan gak berusaha tampil cantik itu cool banget. 🙂
    farizalfa selesai posting All The Small Things

  4. Kebetulan hari ini lagi pakai heels, padahal biasanya nggak pernah sih, karena beruntungnya pekerjaan nggak menuntut untuk selalu pakai heels. Tapi kalau yang musti pake dan ada ketakutan terhadap beragam penyakit, mungkin ada baiknya konsumsi susu kalsium untuk tulang kesayangan, ya 🙂

  5. Wah diriku ini sudah pede sama badanku sih. Jadi pakean hanya penunjang saja. Soalnya aku tuh pakai apapun akan terlihat keren. Maklumlah badanku khan bagus, 176cm dengan berat badan74 kg is gak kurus dan gak gemuk. Gedhe duwur haha. Walhasil pakek kaos murah akan terlihat keren karena diriku memancarkan kegantengan diri dari dalam..

    Eya amplop, aku kenapa komen gini ya? It sounds wrong..
    ndop selesai posting Donor Darah Gak Bikin Gemuk

  6. emang bener tuh, kelebihan gk baik buat kesehatan.
    tapi ada lho jenis fashion yang colorful dan aksesorinya enak dibawa-bawa.
    Buka yaa 🙂

  7. Iya, dulu saya pernah baca buku, anak-anak sebaiknya jangan pakai tas punggung yg terlalu berat. Padahal anak zaman sekarang kan buku-buku yg dibawa banyak dan tebal-tebal, ya, hehe…

    Wah, kalau ngga tahu caranya, tampil cantik dan modis kadang bikin seorang perempuan terpaksa mengorbankan kenyamanan dan kesehatan, ya….
    ditter selesai posting Karya Perdana

  8. Saya setuju dengan mbak Isnuansa, baik tas dengan segala jenisnya maupun sepatu dengan segala modelnya hanyalah penunjang. Jika harus dibandingkan dengan resiko yang akan didapatkan, karena salah tulang ataupun keselo, apalagi efek sampingnya di usia senja, tentulah kecantikan yang didapatkan karena alat penunjang tersebut tidak sebanding… Bolehlah sesekali menggunakan tas atau sepatu untuk kondangan, karena kondangan juga tidak membutuhkan waktu yang lama, jadi tubuh kita pun tidak begitu terbebani… Benar tidak mbak?
    tips kecantikan wanita selesai posting Cara Mengatasi dan Mengobati Kulit Kering

  9. pendapat anda memang benar cantik tidak perlu menyiksa, tetapi saya sering memperhatikan anaka-anak SD tersebut membawa tas sekolah segede gerobak karena memang buku pelajaran yang mereka bawa lebih-lebih anak SMA.

    kalau untuk pemakaian high heels saya rasa tidak ada salahnya jika wanita tersebut tidak memakainya setiap hari karena hal tersebut memang benar2 akan menggangu tulang belakang mereka
    Dini selesai posting Tips Awet Muda Lucu dengan Tertawa dan Bebas Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge