Tanah Lot Dan Cerita Air Suci

Selama jalan-jalan di Bali kemarin, saya nginep di Hotel Sari Pan Pacific -milik Bakrie Group- yang terletak bersebelahan dengan objek wisata Tanah Lot. View hotelnya bagus banget. Lebih asyik sebenernya bila dibandingkan dengan hotel tempat saya menginap saat saya ke Bali bulan April.

Di postingan ini saya bukan mau ngomongin hotelnya, besok aja soal hotel, tapi tentang Tanah Lot-nya.

Terakhir ke Tanah Lot 5 tahun yang lalu, dan sempet bikin tato kupu-kupu di punggung ๐Ÿ™‚

Kemarin malah dua kali ke Tanah Lot. Yang pertama hanya jalan bersama 3 orang blogger (Ibnu, Ferry dan Debby) dan yang kedua bareng temen-temen rombongan beramai-ramai.

Ketika hari pertama tiba dan mengetahui bahwa tanah lot ada di belakang hotel, kami berempat menyusuri padang golf dan berjalan kaki menuju pantai. Sempat foto-foto ketika matahari belum tampak dan objek wisata itu belum memiliki pengunjung sama sekali kecuali kami berempat.

Ada kejadian yang bikin saya merasa jadi orang paling bodoh sedunia. (Buat kawan-kawan di Bali, tolong dikoreksi jika saya salah). Ceritanya begini. Saat kami berempat sedang asyik foto-foto, datang dua Bapak-Bapak berpakaian khas Bali (yang ada di foto bersama saya) memberitahukan bahwa ada sumber mata air yang airnya dapat di minum karena tawar. Saya heran, lha ini di pantai kok ada mata air tawar. Saya pikir memang keajaiban.

Bapak-bapak itu bilang, ayo silahkan membasuh muka dan meminum airnya. Kami semua berempat mengikuti saja. Setelah itu kami diperciki air (seperti ritual adat Bali yang sering saya tonton di televisi). Wow, keren, pikir saya. Kami terberkati. ๐Ÿ™‚

Silahkan memberi seikhlasnya, kata Bapak-Bapak itu kepada kami sambil menyodorkan tempat seperti piring dari kuningan. Ok, kami memberi seikhlas kami.

Eh, pas saya mau pulang, lho kok ya ndilalah (saya nggak tau Bahasa Indonesianya), saya melihat sebuah pompa air (jet pump) terpasang di sebuah tempat tak jauh dari mata air tawar itu mengalir. Hilang sudah keajaiban yang saya bayangkan.

Ternyata, pompa itu rahasianya air tawar bisa mengalir di sebuah pantai. ๐Ÿ™‚

Yang kedua, saya datang lagi bersama rombongan kawan-kawan yang lain. Seperti biasa, foto-foto tak bisa dihindari lagi. Sayang juga ya, hanya dua foto yang bisa saya tampilkan di blog, karena di Facebookpun saya mulai membuat settingan private pada foto-foto saya. Takut ketahuan saya punya tato kupu-kupu.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

23 thoughts on “Tanah Lot Dan Cerita Air Suci”

  1. Tentang air suci ya? Kalau dalam konsep Adat Bali, air suci adalah air yang disucikan. Artinya walaupun air tersebut berasal dari sumur, jetpump, telaga, atau sumber air lainnya, asalkan telah disucikan melalui mantra para sulinggih (orang suci), maka akan disebut sebagai air suci.

    Nggak taulah yang dari jetpump seperti yang dikatakan mbak Nunik di postingan ini apakah sudah melalui proses pensucian atau belum ๐Ÿ˜€

    Setahu saya, Pura yang memiliki mata air tawar yang nyembul di pantainya adalah Pura Ponjok Batu, Buleleng. Saya sudah 7 kali ke sana.
    .-= budiastawa selesai posting Lihat Skor Terakhir Piala Dunia 2010 di Blog Saya =-.

  2. Nice info untuk kunjungan turis manca negara. ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰
    Luas dan lebarnya kepulauan yang ada di negeri kita merupakan daya tarik tersendiri untuk objek pariwisata, apa lagi di tambah dengan keajaiban yang ada pada alam tersebut. Menandakan kebesaran Tuhan akan cintanya kepada negeri kita ini.

    Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….
    .-= Eyang Resi selesai posting A L P U K A T =-.

  3. Mau dong liat tato kupu kupunya hehehee
    .-= Series TV selesai posting Lucille Ball: A Heroic Comic Genius at Heroes: What They Do and โ€ฆ =-.

  4. makasi sudah sharing pengalaman di Bali..

    tentang air suci tersebut, saya setuju dengan saudara budiastawa, konsep air suci di bali kurang lebih memang begitu.

    tentang air yang rasanya tawar itu, setahu saya disana memang ada sumber air yang rasanya tawar walaupun berada di (pinggir) laut. mungkin lain kali kalau ada kesempatan, kita perlu tanyakan apakah air tawar itu memang alami sumber air atau berasal (dialirkan) dari tempat lain.
    .-= imadewira selesai posting Top Commentator Tidak Menarik Lagi? =-.

  5. kata papa saia tanah lot memang tmpt yg suci, mbak…
    dulu wkt blm ada batas batuan2nya, katanya kalo kita gak sengaja ngomong kotor/ misuh gitu, airnya bisa memercik ke kita….
    skli lg itu kata papa, soalnya papa prnh mglami sndiri….hehehe
    .-= vany selesai posting Marhaban Ya Bal-Balan =-.

  6. asyik bisa melakukan perjalanan sesama blogger…banyak hal yang bisa ditulis…ini kunjungan pribadi atau ada sponsornya
    .-= Taufik Al Mubarak selesai posting In Memoriam Wali Nanggroe =-.

  7. Saya kalau dari Bali, tidak pernah merasakan yang namanya nginap di hotel, wong ada rumah sendiri. Jadi jalan-jalannya ya berangkat dari rumah.
    Tapi lama juga ya saya tidak pernah ke Tanah Lot, karena lumayan juga sih jaraknya dari tempat saya, sekitar 30 – 45 menit.
    .-= Cahya selesai posting Antara Chromed Bird dan Plurkium =-.

  8. Asyik dong kayaknya berkesan banget nich liburannya,kapan nich kita liburan bareng?hehe…salam kenal yach…

  9. I will at once take hold of your current feed once i can not to get your e-mail membership url or even e-newsletter program. Do you possess any kind of? Please make it possible for my family recognize in order that I could register. Appreciate it.

  10. (Homestay dan Villa di Kota Batu|wisata kota batu|batu wisata|harga villa batu|villa di batu jawa timur|villa homestay batu|cari villa|villa dekat wisata|sewa villa di batu|batu villa|homestay kota batu|villa dekat bns|penginapan dekat bns|villa darmo hom says:

    Brilliant things the following. We are incredibly grateful to view your publish. Many thanks much that i’m taking a look ahead of time to feel an individual. Do you want to kindly lower us a e-mail?

  11. Their just like you study my head! A person to recognize a whole lot concerning this, such as you had written the hem ebook inside something like that. I’m sure that you simply is capable of doing by incorporating % to be able to energy the content dwelling a tad, but rather than of which, that is excellent weblog. An excellent examine. Let me definitely be back again.

  12. Klo saya baru minggu kemaren ke tanah lot, menuju goa air suci gk ada niat macem2 pas minum air yg emang rasanya tawar, cuma mau dapetin hiasan beras di dahi, dan selipan bunga kayak temenku, but apapun itu tanah lot emang indah, jadi pengen kesana lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge