Tentang Mandi Saat Jalan Jalan

Hedeh. Makin nggak jelas aja apa yang saya tulis dari hari ke hari. *lirik tagline blog, owh aman*

~~~

Saya memang tukang jalan-jalan amatiran ya, nggak kaya Trinity yang udah keliling dunia, tapi pengen juga berbagi cerita yang saya alami.

Kali ini soal mandi, satu diantara beberapa hal yang kadangkala malas saya lakukan ketika berada di rumah. icon lol Tentang Mandi Saat Jalan Jalan Tapi kalo lagi jalan, justru bawaannya pengen mandi yang bersih, soalnya kan badan gampang banget kotor dan bau.

Nggak usah dibahas soal mandinya kalau nginep di hotel bintang, udah pasti ada bathtub yang bisa dipakai berendem dengan garam mandi buat meluruhkan semua daki dan pegel-pegel yang ada di badan. Plus air panasnya bikin betah sejam berada di dalam air tengah malam sebelum tidur.

Kalau mandi di tempat umum, bisa dilakukan di stasiun, terminal, atau di masjid yang ada kamar mandinya. Pengalaman mandi di stasiun Gubeng Surabaya, lumayan bersih. Di stasiun Jatinegara juga lumayan bersih. Lhah, kok di Jatinegara mandi? Kenapa nggak di rumah aja? Lupa saya waktu itu pulang jalan dari mana, sampai di Jatinegara masih subuh, dan badan lengket banget, ya udah mandi sekalian. Sambil nunggu matahari muncul.

Yang enggak banget, kamar mandi di kapal laut deh kayaknya. Waktu itu saya ke Padang dan ke Makassar dengan Pelni. Nggak tau ya kondisi kapal laut sekarang kayak apa, soalnya sudah 8 atau 9 tahun yang lalu saya naiknya. Pengen naik kapal laut lagi, tapi harus ambil cuti paling enggak 2 minggu kalo niat mau jalan-jalan via laut. Dengan penumpang sebanyak orang satu kampung, bisa dibayangkan kondisi kamar mandi dalam kapal laut. Ih, mending nggak usah mandi selama di atas kapal. Beneran.

Yang paling berkesan soal mandi adalah saat di stasiun Banyuwangi. Saya jalan sendirian, sampai di stasiun udah jam 12an malam. Awalnya cuma kebelet pipis doang. Nggak ada toilet umum di stasiun itu. Saya celingak-celinguk nyari, akhirnya karna nggak tahan, minta ijin numpang di ruang kantor stasiun (namanya apa ya?).

Hanya ada satu orang petugas di situ, ngatur lalu lintas kereta, keluar masuk ruangan. Saya boleh numpang, Alhamdulillah. Saya berhitung, sejak kemarin pagi baru mandi sekali. Padahal udah puter-puter seharian di Surabaya. Cium ketek, bau juga. Ah, sekalian mandi aja. Lihat ke sekiling kamar mandi, nggak ada gantungan baju. Nggak ada paku. Pintu juga ga ada pegangannya, hanya pake selot.

Waduh, ransel saya gimana? Uang saya gimana? Saya kan tipe yang kalo jalan, duit buat transport dan makan dibawa cash, cukup sampai pulang, jadi nggak perlu repot nyari dan bolak-balik ke ATM. Kalau mandi, tas terpaksa ditaruh di luar. Pasti ada yg protes, kenapa dompet ga dibawa masuk kamar mandi? Ga bisa Cyn, kan uang udah ditata sedemikian rupa di dalam baju, di posisi yang nggak gampang diraih dengan mudah, males dong bongkar ransel. Dompet luar, duit seadanya aja.

Jadilah saya mandi sambil deg-degan. Tas ada di luar. Kalo hilang, tamat riwayat. Untunglah nggak ada masalah. Keluar dari ruang kantor stasiun, orang-orang masih banyak yang tidur di emperan, menunggu pagi. Saya, jalan kaki sepuluh menit menuju pelabuhan. Ngisi perut sebelum naik ke atas Feri jam 2 pagi menuju Bali.

26 comments on “Tentang Mandi Saat Jalan Jalan

  1. Yang enak si kalo lagi jalan memang mandi distasiun stasiun besar, yang biasanya banyak air dan lumayan bersih tempatnya.
    Tapi aku punya pengalaman jelek di stasiun purwekerto (dulu sekitar thn 2000) Petugasnya jutek banget suka ngedumel kalo kita pake air nya banyak. Jadi gak nyaman mandinya.
    Mood selesai posting -

  2. kalo saya jujur males mandi di tempat umum.. mendingan nunggu aja sampe rumah atau hotel baru mandi.. private! :D
    Jimmy selesai posting Akhirnya Pakai BlackBerry Juga

  3. wempi blon pernah nyoba mandi saat jalan-jalan, malu atuh… dilihatin orang…
    Wempi selesai posting Dadar Seafood

  4. info solo on said:

    jadi inget waktu mandi di masjid,, mau ke kost teman eh malah orangnya ngga ada,, padahal waktu mandi di masjid itu cuma seember doank airnya,, doh…

  5. Kalau mandi sambil jalan-jalan saya belum pernah, Mbak. Paling sambil berendam atau sambil berenang….
    hehehehe
    alamendah selesai posting Mengenal Arti Kode Label Kemasan Plastik

  6. Wah… Mbak Nunik udah beraneka macam pengalamannya :)
    Waktu nginap di hotel, saya nggak pernah berendam di bathtub, Mbak.
    Nggak ngerti caranya, hehe…
    Kakaakin selesai posting Saengil Chukhahaeyo…

  7. Aduh kalo satrya sih mending bela2in mandi di rmh aja deh.. nanti ada CCTV gawat :lol:
    satrya selesai posting 20 Tools Blogging Untuk Membantu Kegiatan Blogging Anda

  8. Udin Hamd on said:

    Wah. . .pas di surabaya nggak mau mampir…tahu gitu tak jamu dgn nyaman. .haha

  9. Bangauputih on said:

    waduh, jangankan mandi mba, buat buang air kecil di tempat umum aja saya ngeri…
    hii….
    Bangauputih selesai posting Hyperemesis Gravidarum- diantara aku dan dia…

  10. Muhammad Joe Sekigawa on said:

    Hmm… Perjalanan yang mendebarkan :D

    Salam semangat selalu
    Muhammad Joe Sekigawa selesai posting CLITIKClub Jurnalistik STKS Bandung 2010

  11. wah kalau saya dirumah aja jarang mandi tuh :lol: apalagi mandi di tempat lain, rasanya ga puas.
    andre selesai posting 5 tempat wajib kunjung di sekitar Kuta

  12. nurhayadi on said:

    Kalo saya malah kebalikan, di perjalanan males mandi

  13. Tabea…. Nice Blog. Salam Kenal Dari Manado n Thanks,-

  14. Jiahhh… pake mandi sgala dibahas…. xixixixixi…
    Kalo saya, pengalaman mandi pas jalan2 yg paling mnakjubkan adalah pas mandi di pertemuan sungai dan pantai…. itu berada di pantai apa ya… lupa saya, kalo ga salah di daerah anyer sono… oh iya, salira indah kalo ga salah…. disitu saya mandi biarpun airnya keruh… bodo amat nggak pikirin…. hehehehe…
    bgenk selesai posting Emoticon buat Blog Menggemaskan

  15. kalo saya pilih enggak mandi mbak. Maklumlah udah terbiasa jarang mandi, hihi..
    suarakelana selesai posting Aji Mumpung Dalam Bisnis

  16. Debby pernah tuh mandi di warung di pinggir hutan di daerah jambi,di tengah perjalanan bareng keluarga ke kampung halaman ^^

    seru juga sih…

    btw, jd inget sama pengalaman mandi di bathtub waktu kita di Bali Mba ^^
    Debby selesai posting MY RAINBOW

  17. Kalo lagi di jalan mandinya sekenanya aja, hanya untuk menghalau gerah..terus kalo pengen puas ya nunggu sampe di rumah atau di penginapan.
    tukangpoto selesai posting Megapiksel

  18. kalo nggak mandi badan bisa gatal

    berbagi info askep
    askep selesai posting 10 Orang Dengan IQ Tertinggi di Dunia

  19. citromduro on said:

    kalau jalan saya sering mandi di tempat pemandian umum, yang penting mandi biar tidak terlalu gerah

    salam dari pamekasn madura
    citromduro selesai posting Failed or pending Time

  20. hati-hati tukang ngintip mbak :mrgreen: waspadalah …waspadalah
    gadgetboi selesai posting “Diancam” PT Telkom

  21. dulu waktu masih suka berbackpacker ria juga sering mandi di tempat umum..paling berkesan ya pas mandi bareng di sungai sama kerbau…
    B.P selesai posting 18 Juli 2010 finally

  22. hahaha mandi mandi dimana mana mandi biar seger

  23. Mbayangkan mbak Nuning cium ketek rek…onok2 ae

    Kalau ke Surabaya mampir donk mbak….mandi dirumahku saja..mbayar 50 ribu tapi dapat kopi dan roti he he he
    salam sayank selalu
    Pakde Cholik selesai posting Gigi Emas Berhadiah

  24. Aduh, saya sih malam2 jam segitu pasti tidur. :D
    Asop selesai posting Maapkan Saya Lahir dan Batin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

14,246 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge